Najwa Shihab 'Gemas' Gibran Tak Suka Baca Buku, Gesturnya Disorot: Sampai Cubit Diri Sendiri
Najwa Shihab dan Gibran Rakabuming Raka (Tangkapan layar X)
13:07
13 September 2024

Najwa Shihab 'Gemas' Gibran Tak Suka Baca Buku, Gesturnya Disorot: Sampai Cubit Diri Sendiri

Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka pernah mengakui bahwa dirinya tidak suka membaca buku, terutama bacaan yang berat.

Pernyataan itu dilontarkan oleh anak sulung Presiden Jokowi ini saat berbincang bersama Najwa Shihab dalam acara peresmian Pojok Baca di Kedai Markobar Makassar pada Oktober 2017 silam.

Video bincang-bincang Najwa Shihab bersama suami Selvi Ananda itu kembali viral di media sosial, salah satunya diunggah akun X Mdy_Asmara.

Dalam momen itu, Najwa Shihab penasaran dengan seberapa sering Gibran melakukan aktivitas membaca di rumah.

Baca Juga: Bicara di Sebelah Kaesang Pangarep, Gibran Rakabuming Singgung Tak Boleh Beli Jet Pribadi saat Sukses

Kakak Kaesang Pangarep ini blak-blakan mengakui jika dirinya tidak senang membaca buku. Bahkan, keluarganya juga tidak mengenalkan budaya membaca buku.

"Kalau saya sendiri sih jujur aja orangnya nggak suka baca," tegas Gibran.

Mantan Wali Kota Solo ini kemudian menyatakan apabila dirinya lebih suka membaca komik dan bacaan ringan, dibandingkan dengan bacaan yang berat dan berbobot.

"Kalau saya sih suka baca komik. (Komik) apa aja saya baca. Kalau artikel-artikel ya paling artikel-artikel ringan lah, nggak pernah yang berat-berat," katanya.

Mendengar jawaban Gibran, jurnalis senior yang akrab disapa Mbak Nana ini terlihat gemas dan mencubit-cubit tangannya sendiri.

Baca Juga: Gibran Rakabuming Bongkar Kebiasaan di Rumah Tanpa Kedok Pencitraan, IPK-nya Auto Diungkit Netizen: Pantes!

"Topik-topiknya apa biasanya?" tanya Najwa Shihab.

"Semacam kalimat-kalimat motivasi," jawab ayah Jan Ethes ini.

Gestur Najwa Shihab dengar Gibran tak suka membaca buku (Tangkapan layar X)Gestur Najwa Shihab dengar Gibran tak suka membaca buku (Tangkapan layar X)

Namun, Najwa Shihab masih tidak puas dengan jawaban Gibran. Jurnalis senior ini masih penasaran apakah kebiasaan membaca juga ditularkan oleh Jokowi dan Iriana oleh ketiga anaknya di rumah.

Gibran lantas secara blak-blakan mengaku apabila kedua orang tuanya tidak menularkan budaya membaca. Bahkan, tidak ada budaya membaca buku di rumahnya.

"Kalau di rumah sih terserah anak-anak ya. Sebenarnya budaya membaca buku di rumah saya nggak ada. Ya itu tadi pada baca komik, main PS," jelas kakak Kaesang Pangarep.

Gestur Najwa Shihab saat menyimak pengakuan Gibran yang tidak suka membaca itu menjadi sorotan publik di platform X.

"Najwa sampe cubit cubit diri sendiri saking gemesnya," tulis salah seorang warganet.

"It's funny to see how Najwa trying so hard to dig him hope that there will be some gem that come out of him but ended up disappointed. He's empty inside out (Lucu liat Najwa berusaha keras menggali dengan harapan ada permata keluar dari Gibran, tapi berakhir dengan kekecewaan. Dia kosong luar dalam)," komentar warganet.

"Najwa ketawanya sepet. Mungkin Mungkin batinnya, “berat nih berat. Ga ada kebiasaan baca buku di rumah”," ujar warganet.

"Mbak Najwa sabar banget ya.. salut," imbuh yang lain.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #najwa #shihab #gemas #gibran #suka #baca #buku #gesturnya #disorot #sampai #cubit #diri #sendiri

KOMENTAR