Menurut Psikologi, Inilah 8 Tanda Halus Pria yang Berpotensi Menjadi Pasangan Hidup yang Problematik
Ilustrasi tanda halus pria yang menjadi pasangan hidup problematik. (Freepik)
04:38
13 September 2024

Menurut Psikologi, Inilah 8 Tanda Halus Pria yang Berpotensi Menjadi Pasangan Hidup yang Problematik

- Memilih pasangan hidup memang tidak semudah yang dibayangkan, pada kenyataannya mereka harus mampu sejalan serta memahami kondisi kita. Terutama saat para perempuan memilih pria untuk menjadi pasangan hidupnya, karena dialah yang berperan menjadi kepala keluarga untuk membimbing istri serta anak-anaknya kelak.

Sebetulnya dari awal masa pendekatan, tanda-tanda pasangan hidup itu bisa kita rasakan tapi seringkali tertutup dari kata-kata dan perilaku romantisnya.

Melansir dari laman Hack Spirit, inilah 8 tanda halus pria yang berpotensi menjadi pasangan hidup yang problematik, di antaranya :

1. Tidak Mengetahui Batasan Sejak Awal Pendekatan

Saat awal pria itu mendekatimu, dia tak segan-segan untuk terus menerormu untuk meminta nomor handphone atau hal lainnya. Sehingga kamu mudah dirayu karena tindakannya yang selalu mengejar.

Tapi pria seperti itu kerap mengganggu dan sangat ambisius terhadap keinginannya sendiri, jika dia pasangan hidup yang baik maka akan mengerti batasan-batasan.

2. Dia Seorang Love Bomber

Love bomber adalah seseorang yang antusias atas perasaan cintanya saat awal-awal pendekatan, misalnya ketika kamu dan pria tersebut baru bertemu dua minggu, dia langsung menyatakan cinta dengan kata-kata romantisnya.

Love bombing adalah tindakan manipulasi yang sangat halus, dari awal dia sudah mengajakmu terbang tinggi dan bisa menjatuhkanmu kapan saja. Sehingga kejadian itu akan mengganggu kesehatan mental para perempuan.

Ciri-ciri perilaku love bombing adalah membicarakan masa depan terlalu dini, menghujani perempuan dengan kasih sayang dan pujian, mengirim pesan setiap menit, serta selalu mengajakmu untuk sering bertemu.

3. Mudah Cemburu

Tanda penting lainnya yang harus diwaspadai adalah rasa cemburu berlebihan, hal ini seringkali sejalan dengan sikap posesif dan perilaku mengendalikan.

Rasa cemburu yang berlebihan menandakan kurangnya kepercayaan. Terlebih lagi, hal ini sering kali berakar pada rendahnya harga diri sehingga menyebabkan banyak masalah lain dalam hubungan di kemudian hari.

4. Perilakunya Tidak Konsisten

Hubungan yang sudah memiliki komitmen akan tumbuh secara stabil, bukannya tidak konsisten. Menurut ahli, konsistensi antara ucapan dan tindakan sangat penting untuk membangun kepercayaan serta memastikan pasanganmu merasa aman dalam hubungan tersebut.

Hubungan cinta yang sehat dan langgeng adalah tentang keandalan, stabilitas, serta konsistensi dalam menjalaninya.

5. Dia Tak Pernah Bertanya Apapun Tentang Dirimu

Tanda pria halus yang menjadi pasangan problematik adalah dia tak pernah bertanya apapun tentang hobi, latar belakang, atau bahkan sekedar makanan favoritmu.

Saat kencan pertama, ia hanya fokus membicarakan tentang dirinya sendiri, dan saat perempuan mengutarakan tentang hobinya, ia tidak menjadi pendengar yang baik.

6. Dia Suka Menjelaskan secara Kasar

Saat perempuan meminta penjelasan suatu hal pada pria, dia akan menjelaskannya dengan cara kasar dan membuat kamu seolah-olah orang bodoh. Perilaku ini menunjukkan bahwa kurangnya kesadaran sosial, kerendahan hati, dan rasa hormat terhadap pihak lain.

7. Dia Mengeluh Sepanjang Waktu

Meskipun mengeluh adalah hal yang wajar dan manusiawi, tapi jika dilakukan terus menerus kemudian membuat orang lain merasa bersalah, maka itulah perilaku yang buruk.

Tanpa disadari, pria tersebut memiliki mentalitas korban dan itu sudah menunjukkan bahwa kualitas dirinya tidak layak menjadi pasangan hidup. Sikap seperti ini akan membuat para perempuan lelah menghadapinya.

8. Tidak Tahu Cara Meyakinkan Perempuan

Dalam hubungan romantis, setidaknya kita selalu terbuka dalam hal kesedihan, sehingga tidak dipungkiri bahwa perempuan butuh divalidasi perasaannya agar merasa dihargai.

Pria yang tidak tahu cara meyakinkan hal itu akan membuat perempuannya merasa tidak dihargai, seperti kita tahu bahwa perempuan hanya butuh didengar dan diyakini bahwa ia berhak untuk marah, sedih, atau kecewa kemudian ditenangkan.

------------------

Dari 8 tanda halus itulah yang seharusnya membuat para perempuan lebih selektif dalam memilih pasangan hidupnya, sehingga dengan mengarungi bahtera pernikahan bersamanya, bebanmu akan terasa lebih ringan.

Mengutip dari laman Bride Story, sosok pasangan hidup yang banyak dicari perempuan adalah dari chaemistry, kesetiaan, tanggung jawab, kasih sayang, kepercayaan, dan kasih sayangnya.

Menilai bahwa menikah itu bukan perkara yang mudah tapi sebagai perempuan berhak memilih pria untuk menjadi pasangan hidup yang layak, lalu kamu mampu melewati pahit manisnya hidup bersamanya.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #menurut #psikologi #inilah #tanda #halus #pria #yang #berpotensi #menjadi #pasangan #hidup #yang #problematik

KOMENTAR