Maulid Nabi 2024 Tahun Berapa Hijriah? Hitung Mundur Hari Istimewa
Maulid Nabi 2024 Tahun Berapa Kalender Hijriah? Hitung Mundur Hari Istimewa (pexels)
15:03
9 September 2024

Maulid Nabi 2024 Tahun Berapa Hijriah? Hitung Mundur Hari Istimewa

Sudah tidak sabar menantikan datangnya Maulid Nabi Muhammad SAW pada bulan September ini? Tentu umat muslim telah cukup lama menantikan tanggal ini tiba, hingga muncul pertanyaan Maulid Nabi 2024 berapa hijriah dan tanggal berapa akan tiba.

Pasalnya, hari peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW ini sendiri diperingati secara rutin setiap tahun Hijriah, di tanggal dan bulan yang sama. Hanya saja ketika disandingkan dengan kalender Masehi, terdapat pergeseran setiap tahunnya.

Maulid Nabi 2024 Tahun Berapa Hijriah?

Maulid Nabi 2024 sendiri akan jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal 1446 Hijriah, atau akan diperingati pada tanggal 16 September 2024 pada kalender Masehi. Peringatan ini dilakukan sebagai bentuk cinta umat Islam kepada Nabi Muhammad SAW.

Ditilik dari akar kata, Maulid Nabi berasal dari dua kata utama, yakni Maulid dan Nabi yang berakar dari bahas Arab. Maulid bermakna lahir atau kelahiran, sedangkan Nabi merujuk pada Nabi Muhammad SAW. Jadi secara sederhana peringatan Maulid Nabi SAW adalah peringatan pada hari lahir Nabi Muhammad SAW menurut penanggalan Hijriah.

Baca Juga: 3 Contoh Teks MC Pembawa Acara Maulid Nabi di Lingkungan Masyarakat

Dalam sebuah buku berjudul Sejarah Maulid Nabi karya Ahmad Sauri, sejarah dari peringatan ini sendiri telah dilakukan oleh masyarakat bangsa Arab sejak tahun kedua Hijriah. Catatan ini mengacu pada Nuruddin Ali dalam kitabnya, Wafa’ul Wata bi Akhbar Darul Mustafa.

Disebutkan Khaizuran pada 170 H/786 M yang merupakan ibu dari Amirul Mukminin Musa al-Hadi dan al-Rasyid datang ke Madinah. Ia kemudian memerintahkan penduduk mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Nabawi.

Ia kemudian menyambangi Makkah dan melakukan perintah yang sama untuk merayakan hari lahir Nabi Muhammad SAW ini.

Adakah Libur atau Cuti Bersama?

Jika mengacu pada SKB 3 Menteri tentang Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024, maka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H akan jatuh pada hari Senin, 16 September 2024. Seperti pada tahun sebelumnya, peringatan ini juga menjadi libur nasional.

Maka dari itu pada akhir pekan mendatang, akan dapat dinikmati long weekend yang berlangsung mulai tanggal 14 September 2024 di hari Sabtu, hingga tanggal 16 September 2024 di hari Senin. Sebagai informasi, ini adalah long weekend terakhir di tahun 2024 hingga tahun ini berganti.

Baca Juga: 2 Contoh Sambutan Maulid Nabi Singkat, Padat, Jelas untuk Acara di Sekolah

Tidak ada libur tambahan atau cuti bersama untuk peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini.

Itu tadi sekilas informasi mengenai Maulid Nabi 2024 tahun berapa Hijriah, dan akan diperingati pada tanggal berapa. Semoga menjadi artikel yang berguna untuk Anda, dan selamat melanjutkan kegiatan Anda berikutnya!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #maulid #nabi #2024 #tahun #berapa #hijriah #hitung #mundur #hari #istimewa

KOMENTAR