Kanada Melanggar Perjanjian Senjata PBB dengan Pengiriman Tidak Resmi ke Israel Melalui AS
Bendera Kanada 
20:40
16 Agustus 2024

Kanada Melanggar Perjanjian Senjata PBB dengan Pengiriman Tidak Resmi ke Israel Melalui AS

Kanada mengumumkan pada bulan Maret bahwa mereka akan memberlakukan larangan ekspor senjata Kanada ke Israel

Amunisi senilai lebih dari 60 juta dolar dari penjualan senjata senilai 20 miliar dolar yang disetujui oleh Washington untuk Israel minggu ini akan diproduksi di Kanada, Al Jazeera melaporkan pada tanggal 15 Agustus.

Keterlibatan "off-the-record" dalam penjualan tersebut telah menimbulkan pertanyaan di kalangan pengacara dan kelompok hak asasi manusia Kanada, yang mengatakan Kanada gagal memastikan bahwa senjatanya tidak digunakan oleh Israel untuk melakukan kejahatan perang dan melanggar hukum humaniter di Gaza.

"Berita ini sungguh mengejutkan. Mengingat catatan buruk Israel dalam melanggar hukum humaniter internasional melalui operasinya di Gaza, termasuk dalam beberapa kasus yang dapat dianggap sebagai kejahatan perang, sama sekali tidak pantas bagi Kanada untuk memasok amunisi ini," Kelsey Gallagher, peneliti di kelompok riset Project Ploughshares Kanada.

“Selain itu, sesuai dengan kewajiban Kanada berdasarkan Perjanjian Perdagangan Senjata PBB, hal itu ilegal,” tambahnya.

Kanada bergabung dengan Perjanjian Perdagangan Senjata PBB pada tahun 2019, tetapi berupaya memastikan penandatanganan perjanjian tersebut tidak memengaruhi hubungan dagang jangka panjang negara tersebut dan perjanjian khusus dengan Washington, yang melaluinya senjata buatan Kanada akan dikirimkan ke Israel.

Berdasarkan perjanjian tersebut, ada peraturan dan ketentuan terkait aliran senjata ke negara-negara yang terlibat dalam pelanggaran hukum humaniter internasional, seperti yang terjadi pada Israel.

"Karena senjata-senjata ini dikirim melalui AS ke Israel, senjata-senjata ini hampir pasti tidak akan diawasi oleh pejabat Kanada. Selain itu, senjata-senjata ini tidak akan dimasukkan dalam pelaporan resmi Kanada mengenai ekspor senjatanya ke Israel. Semua ini tidak akan dicatat, kecuali dalam pelaporan dari DSCA ini," tambah Gallagher.

Departemen Luar Negeri mengumumkan pada tanggal 13 Agustus bahwa AS telah menyetujui paket senjata senilai $20 miliar untuk Israel, termasuk lebih dari 50 pesawat tempur F-15, rudal udara-ke-udara canggih, peluru tank 120 mm, mortir berdaya ledak tinggi, dan kendaraan taktis.

Penjualan senjata “akan mendukung keamanan jangka panjang Israel dengan memasok kembali stok amunisi penting dan berinvestasi dalam peningkatan kemampuan jangka panjang,” kata Gedung Putih.

Persetujuan penjualan ini terjadi saat Washington terus menghadapi reaksi keras atas dukungannya yang terus-menerus terhadap perang Israel dan penyediaan persenjataan yang telah digunakan untuk membunuh warga sipil Palestina di Jalur Gaza.

Beberapa bulan sebelumnya, pada bulan Maret, Kanada mengumumkan rencana untuk memberlakukan larangan penjualan senjata ke Israel. Tel Aviv mengatakan bahwa mosi tersebut merupakan serangan terhadap "hak Israel untuk membela diri" terhadap Hamas.

SUMBER: THE CRADLE

Editor: Muhammad Barir

Tag:  #kanada #melanggar #perjanjian #senjata #dengan #pengiriman #tidak #resmi #israel #melalui

KOMENTAR