Hizbullah Pamerkan Jaringan Terowongan yang Besar dan Canggih, 'Gunung-gunung Adalah Gudang Kami'
Pemandangan di dalam terowongan Hizbullah yang melintasi Lebanon ke Israel, di perbatasan antara Israel dan Lebanon di Israel utara, pada 14 Februari 2023. 
20:10
16 Agustus 2024

Hizbullah Pamerkan Jaringan Terowongan yang Besar dan Canggih, 'Gunung-gunung Adalah Gudang Kami'

Perlawanan Lebanon diketahui memiliki jaringan terowongan yang besar dan canggih di wilayah selatan negara tersebut.

Hizbullah menerbitkan video baru berjudul "Gunung-gunung kami adalah gudang kami".

Video yang memperlihatkan terowongan bawah tanah dan gudang rudal milik Perlawanan Lebanon yang diberi nama "fasilitas Imad 4" yang diambil dari nama mantan komandan Imad Mughniyeh.

Sejauh ini, Hizbullah hanya menggunakan sedikit persenjataannya dalam perang tersebut.

Hizbullah merilis video pada tanggal 16 Agustus yang memamerkan fasilitas bawah tanah yang sangat rahasia, yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan peluncuran rudal.

Video tersebut diberi judul “Gunung-gunung kami adalah tempat penyimpanan kami,” yang menunjukkan bahwa fasilitas bawah tanah tersebut merupakan bagian dari jaringan terowongan besar dan canggih milik Hizbullah yang dibangun di bawah daerah pegunungan di Lebanon selatan.

Fasilitas itu diberi nama Imad-4, diambil dari nama mendiang komandan Hizbullah Imad Mughniyeh, yang dibunuh oleh Israel pada tahun 2008.

Video dimulai dengan memperlihatkan sepeda motor dan truk yang dilengkapi landasan peluncur rudal bergerak melalui terowongan panjang fasilitas tersebut.

Kemudian, salah satu truk terlihat bersiap untuk menembakkan rudal keluar dari fasilitas tersebut saat pintu masuk terowongan terbuka.

Al Mayadeen mengatakan pada hari Jumat bahwa nama fasilitas tersebut, Imad-4, mengindikasikan adanya situs lain seperti itu.

Hal ini mengirimkan pesan bahwa Hizbullah “tidak takut berperang, dan siap berperang jika [Israel] memutuskan untuk melakukan eskalasi dan agresi yang terlalu jauh,” tulis media tersebut.

Ini juga berfungsi sebagai “berita kematian” atas “pertempuran antar perang” Israel, kampanye serangan udara terhadap Suriah yang bertujuan untuk membendung aliran senjata ke Hizbullah.

“Kemampuan Perlawanan Islam, terutama rudal, sepenuhnya disiapkan untuk mempertahankan Lebanon … kerahasiaan lokasi tersebut memungkinkan kemampuan rudal Hizbullah kebal terhadap serangan pendahuluan Israel,” serta dari spionase dan perang intelijen Israel, menurut Al Mayadeen .

Video tersebut menjadi pengingat bahwa “bahkan jika pembalasan atas penargetan wilayah pinggiran selatan dan pembunuhan martir Fuad Shukr, serta pembunuhan warga sipil tertunda karena beberapa alasan, hal itu pasti akan terjadi,” lanjut Al Mayadeen .

Dalam video tersebut, terdengar kutipan pidato pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah.
"Pertempuran kita berikutnya dengan Israel akan mencakup seluruh wilayah Palestina yang diduduki," kata Nasrallah dalam klip tersebut.

Surat kabar berbahasa Ibrani Maariv menyebut video tersebut sebagai “tekanan psikologis” Hizbullah terhadap Israel.

Jurnalis Israel untuk situs berita Ynet , Lior Ben Ari, menyebut video tersebut “mengganggu” dan mengatakan bahwa video tersebut harus “diperiksa secara mendalam.”

“Video tersebut mengungkap fasilitas bawah tanah yang disebut “Emad 4” yang meluncurkan rudal ke bawah tanah, tetapi tidak hanya itu. Video tersebut mengungkap terowongan besar, yang dilengkapi dengan lampu dan komputer, yang memungkinkan sepeda motor dan truk lewat dengan mudah. ​​Apakah ada yang mengatakan Philadelphi [Koridor]?” imbuhnya dengan nada sarkastis, merujuk pada jaringan terowongan Hamas di bawah perbatasan Gaza-Mesir, yang tampaknya menunjukkan bahwa fasilitas Hezbollah jauh lebih canggih.

Hizbullah diketahui memiliki jaringan terowongan rahasia yang besar dan canggih di bawah Lebanon selatan.

Pada bulan Februari, surat kabar Prancis Liberation melaporkan bahwa jaringan tersebut sangat canggih, menjangkau ratusan kilometer dan bahkan mencapai Suriah.

Terowongan yang lebih dalam, beberapa hingga 60 meter di bawah tanah, hampir kebal terhadap serangan udara Israel dan dibangun dengan dukungan dari Korea Utara dan Iran, kata Dr Andreas Krieg, asisten profesor di King's College London, kepada The Cradle bulan lalu.

"Ada beberapa jenis terowongan: terowongan permukaan yang digunakan untuk memindahkan personel dan material, yang dapat dihancurkan dari udara; dan terowongan yang lebih dalam, yang diperkuat beton, yang berfungsi sebagai pusat komando dan gudang senjata. Terowongan yang lebih dalam, beberapa di antaranya berada hingga 60 meter di bawah tanah, hampir tidak dapat ditembus oleh serangan udara Israel dan dibangun dengan dukungan dari Korea Utara dan Iran," jelas Krieg.

Terowongan ini menjadi hambatan utama bagi Israel dalam perang tahun 2006.

Video baru ini muncul saat Tel Aviv sangat menantikan balasan yang dijanjikan Hizbullah atas pembunuhan panglima tertinggi Fuad Shukr dan beberapa warga sipil, termasuk anak-anak, di Beirut akhir bulan lalu – yang diikuti oleh pembunuhan kepala Hamas dan kepala negosiator Ismail Haniyeh di Teheran.

Republik Islam juga berjanji akan membalas pembunuhan Haniyeh.

SUMBER: THE CRADLE

Tag:  #hizbullah #pamerkan #jaringan #terowongan #yang #besar #canggih #gunung #gunung #adalah #gudang #kami

KOMENTAR