Ketegangan Israel-Hizbullah Meningkat, Sistem Kesehatan Lebanon Siap Hadapi Konflik yang Lebih Luas
Ilustrasi - Asap mengepul menyusul serangan udara Israel di desa perbatasan selatan Lebanon, Chihine, pada 28 Juli 2024. Otoritas kesehatan Lebanon menganggap kemungkinan rumah sakit menjadi sasaran konflik yang lebih luas sangat serius. 
14:00
13 Agustus 2024

Ketegangan Israel-Hizbullah Meningkat, Sistem Kesehatan Lebanon Siap Hadapi Konflik yang Lebih Luas

- Sistem perawatan kesehatan Lebanon yang dilanda krisis, kini bersiap menghadapi kemungkinan terjadinya konflik yang lebih luas dengan Israel.

Hal ini diungkapkan Menteri Kesehatan sementara, Firas Abiad, kepada The Associated Press dalam sebuah wawancara pada Senin (12/8/2024).

Militer Israel dan kelompok militan Hizbullah Lebanon yang kuat telah saling serang sejak perang di Gaza dimulai.

Namun, ketegangan meningkat sejak serangan Israel di pinggiran kota Beirut yang menewaskan seorang komandan tinggi Hizbullah pada bulan lalu.

Hizbullah pun telah berjanji untuk membalas serangan Israel.

Kini, pemerintahan sementara Lebanon, di tengah manuver diplomatik untuk de-eskalasi, berupaya bersiap menghadapi yang terburuk dengan anggaran yang terbatas, parlemen yang terpecah, dan tidak adanya presiden.

"Sistem kesehatan Lebanon harus menyesuaikan diri dengan berbagai krisis," kata Firas Abiad, Senin, dikutip dari AP News.

Fasilitas perawatan kesehatan memangkas biaya dengan menjaga persediaan seminimal mungkin, sehingga hanya menyisakan sedikit cadangan untuk keadaan darurat.

Sekarang persediaan telah terkumpul hingga persediaan penting untuk empat bulan.

"Kami berharap semua upaya yang kami lakukan untuk mempersiapkan keadaan darurat ini sia-sia dan perang yang lebih luas dapat dihindari," kata Abiad.

"Hal terbaik yang kami inginkan adalah semua ini ternyata tidak perlu," sambungnya.

Di Gaza, sistem kesehatan telah hancur.

Abiad mengatakan otoritas kesehatan Lebanon menganggap kemungkinan rumah sakit menjadi sasaran konflik yang lebih luas “sangat serius.”

Ia mengatakan, hampir dua lusin paramedis dan pekerja perawatan kesehatan di Lebanon selatan telah tewas dalam serangan Israel.

Mereka termasuk paramedis dari kelompok medis yang berafiliasi dengan Hizbullah dan kelompok sekutu yang telah mengisi kekosongan di daerah dengan layanan negara yang terbatas.

Hizbullah Luncurkan 30 Proyektil ke Israel Utara

Sementara itu, Israel mengatakan telah mendeteksi 30 proyektil melintasi perbatasan dari Lebanon, Senin (12/8/2024).

Israel mengklaim sejumlah roket jatuh di area terbuka, seperti diberitakan Al Jazeera.

Tidak ada korban luka dalam serangan tersebut.

Militer Israel menambahkan, mereka menyerang daerah tempat roket ditembakkan.

"Setelah sirene berbunyi beberapa saat lalu di Israel utara, sekitar 30 proyektil diidentifikasi melintas dari Lebanon menuju wilayah Kabri, beberapa di antaranya jatuh di area terbuka," kata IDF, Senin.

"Tidak ada korban luka yang dilaporkan," lanjutnya.

Hizbullah pun telah mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu.

Sebagai informasi, serangan Israel telah menghantam lebih dalam ke Lebanon dalam beberapa minggu terakhir, dan ledakan sonik dari jet militer mengguncang Beirut.

Sebagian besar wilayah perbatasan hancur.

Perlawanan Islam di Lebanon - Hizbullah pada hari Minggu (11/8/2024) mengumumkan serangkaian operasi baru yang dilakukan oleh para pejuangnya terhadap lokasi militer dan tentara Israel di sepanjang perbatasan dengan Palestina yang diduduki. Perlawanan Islam di Lebanon - Hizbullah pada hari Minggu (11/8/2024) mengumumkan serangkaian operasi baru yang dilakukan oleh para pejuangnya terhadap lokasi militer dan tentara Israel di sepanjang perbatasan dengan Palestina yang diduduki. (Tangkap layar X)

Sektor kesehatan negara Mediterania itu pernah terkenal sebagai salah satu yang terbaik di kawasan tersebut.

Namun Lebanon telah menghadapi krisis yang makin parah sejak 2019, termasuk krisis keuangan yang terjadi setelah puluhan tahun korupsi dan salah urus.

Tantangan lainnya termasuk pandemi Covid-19, ledakan Pelabuhan Beirut tahun 2020 yang merusak atau menghancurkan infrastruktur perawatan kesehatan utama, dan berkurangnya bantuan internasional untuk membantu Lebanon menampung lebih dari 1 juta pengungsi Suriah.

Update Perang Israel-Hamas

Setidaknya 10 orang tewas dan beberapa lainnya terluka dalam serangan Israel semalam terhadap sebuah rumah di daerah Abasan al-Kabira di timur Khan Younis, kantor berita Wafa melaporkan.

Militer Israel mengatakan pihaknya sedang menyelidiki pernyataan sayap bersenjata Hamas yang mengumumkan kematian seorang tawanan Israel di Gaza dan terlukanya dua lainnya dalam insiden terpisah.

Presiden Iran Masoud Pezeshkian mengatakan Amerika Serikat dan beberapa negara Barat telah mendorong Israel untuk melanjutkan kejahatannya di Gaza melalui "ketidakpedulian dan dukungan", kantor berita Iran Mehr melaporkan.

Hamas mendesak AS, Qatar, dan Mesir untuk menyerahkan rencana guna melaksanakan usulan gencatan senjata yang diajukan Presiden AS Joe Biden, alih-alih mengadakan “lebih banyak putaran negosiasi” dan membahas usulan baru untuk Gaza.

Pasukan Israel telah menewaskan 42 warga Palestina di Jalur Gaza dalam 24 jam terakhir, termasuk 10 orang di selatan Khan Younis, tempat operasi militer baru telah memaksa puluhan ribu warga Palestina meninggalkan rumah mereka.

Sayap bersenjata Hamas, Brigade Qassam, mengatakan, seorang tawanan Israel tewas di Gaza dan dua tawanan wanita lainnya menderita luka serius dalam insiden terpisah.

Dewan Keamanan PBB akan mengadakan sesi darurat untuk membahas perang Israel menyusul serangan Israel terhadap sekolah di Kota Gaza yang menewaskan lebih dari 100 warga Palestina.

Ini akan menjadi sesi khusus DK PBB yang ke-24 sejak perang di Gaza dimulai pada 7 Oktober 2023.

Presiden AS Joe Biden dan para pemimpin Prancis, Jerman, Italia, dan Inggris telah mendesak Iran untuk "menghentikan" ancaman tindakan pembalasan terhadap Israel, menyusul pembunuhan pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh di Teheran dan komandan Hizbullah Fuad Shukr di Beirut.

Presiden Iran Masoud Pezeshkian, dalam panggilan telepon dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz, menegaskan kembali “hak Iran untuk menanggapi agresor” dan mengatakan negaranya “tidak akan pernah menyerah pada tekanan, sanksi, dan intimidasi”.

Yordania telah menepis klaim Israel, Korps Garda Revolusi Iran dan pejuang Hamas di Lebanon menggunakan wilayahnya untuk menyelundupkan senjata ke Tepi Barat yang diduduki, dengan mengatakan bahwa "tidak ada disinformasi" yang disampaikan oleh pejabat Israel yang dapat mengubah fakta bahwa perangnya di Gaza adalah "ancaman terbesar bagi keamanan regional".

Setidaknya 39.897 orang tewas dan 92.152 orang terluka dalam perang Israel di Gaza.

Diperkirakan 1.139 orang tewas di Israel selama serangan yang dipimpin Hamas pada tanggal 7 Oktober dan lebih dari 200 orang ditawan.

(Tribunnews.com/Nuryanti)

Berita lain terkait Konflik Palestina Vs Israel

Editor: Nanda Lusiana Saputri

Tag:  #ketegangan #israel #hizbullah #meningkat #sistem #kesehatan #lebanon #siap #hadapi #konflik #yang #lebih #luas

KOMENTAR