Dokter Rusia Operasi Medis Selamatkan Tentara Ukraina yang Ditemukan Sekarat
Ilustrasi -Instrumen bedah di ruang operasi medis. Dokter Rusia melakukan operasi penyelamatan terhadap nyawa seorang tentara Ukraina Andriy Kurishko yang ditemukan sekarat di medan perang dengan kondisi sangat kritis saat ditangkap militer Rusia di desa Kleshcheevka. 
18:20
12 Agustus 2024

Dokter Rusia Operasi Medis Selamatkan Tentara Ukraina yang Ditemukan Sekarat

- Dokter Rusia melakukan operasi penyelamatan terhadap nyawa seorang tentara Ukraina yang ditemukan sekarat di medan perang dengan kondisi sangat kritis.

Sang tentara ditangkap militer Rusia di desa Kleshcheevka yang juga dikenal sebagai Klishchiivka. Dokter Rusia kemudian berinisiatif melakukan operasi medis yang kompleks selama beberapa jam untuk menelamatkan nyawanya.

"Tentara tersebut dalam kondisi yang sangat serius," kata dokter yang terlibat dalam kegiatan operasi medis tersebut kepada Sputnik.

Tentara sekarat tersebut diketahui bernama Andriy Kurishko, kelahiran tahun 1976. Dia direkrut menjadi pasukan Ukraina di kota Kramatorsk pada tahun 2022.

Kurishko ditempatkan di peleton anti-tank dan ditangkap di Kleshcheevka di wilayah Donetsk. Dia terluka dalam penyerangan pasukan Rusia terhadap posisinya.

“Dia tiba dalam kondisi yang sangat serius karena luka di perut, pendarahan intra-abdomen karena cedera pada lobus kiri hati, dan kerusakan usus,” kata dokter ahli anestesi-reanimatologi Sergey Petrovich kepada Sputnik.

"Kami melakukan operasi usus yang panjang dan menghentikan pendarahan dari lobus kiri hati. Faktanya, pasien kehilangan satu volume darah yang kami isi kembali," bebernya.

Tawanan Ukraina tersebut sebelumnya menjalani perawatan bedah di rumah sakit garis depan, kata spesialis bedah torakoabdominal Alexander Babich, seraya menambahkan bahwa tentara tersebut berada dalam kondisi syok hemoragik.

“Kami melakukan operasi usus terakhir, yang memungkinkan kami menstabilkan kondisinya dan mengeluarkannya dari syok,” tambah Babich.

Kurishko berterima kasih kepada para dokter atas bantuan dan perawatannya yang penuh perhatian.

Pada bulan Mei, Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan bahwa unit kelompok pasukan Yug ("Selatan") telah menguasai Kleshcheevka di Republik Rakyat Donetsk (DPR).

Tag:  #dokter #rusia #operasi #medis #selamatkan #tentara #ukraina #yang #ditemukan #sekarat

KOMENTAR