Oposisi Italia Desak Pemerintah Tarik Dubes dari Israel, Bom Israel ke Sekolah Tewaskan 100 Warga
Warga Palestina mengumpulkan jenazah korban pemboman Israel di Jalur Gaza. Setidaknya 100 warga Palestina tewas pada Sabtu (10/8/2024) subuh ketika militer Israel (IDF) mengebom sekolah Al-Taba'een di lingkungan Al-Daraj di timur Kota Gaza. 
16:10
12 Agustus 2024

Oposisi Italia Desak Pemerintah Tarik Dubes dari Israel, Bom Israel ke Sekolah Tewaskan 100 Warga

Oposisi Italia Tuntut Pemerintah Italia Menarik duta besar dari Israel.

Serangan udara Israel baru-baru ini terhadap sekolah Al-Tabi'in di Gaza, yang menewaskan sedikitnya 100 warga Palestina.

Serangan yang menggunakan rudal MK-84 itu telah memicu kemarahan di kalangan partai politik Italia, dengan beberapa meminta pemerintah untuk menarik duta besar Roma dari Tel Aviv, Anadolu melaporkan mengutip media lokal.

Giuseppe Conte, pemimpin oposisi Gerakan Bintang Lima, dan Angelo Bonelli, pemimpin Partai Hijau dan Aliansi Kiri, telah mendesak pemerintah untuk menarik duta besar Italia dari Tel Aviv sebagai protes terhadap tindakan pemerintah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu setelah pemboman sekolah Al-Tabi'in.

Elly Schlein, pemimpin Partai Demokrat, menyampaikan sentimen serupa. Ia dikutip oleh media dengan mengatakan: "Pengeboman sekolah dan rumah sakit merupakan kejahatan perang, dan tidak dapat diterima untuk terus menyaksikan apa yang terjadi di Gaza." Schlein menekankan perlunya inisiatif Eropa dan internasional untuk menghentikan Netanyahu.

Menanggapi kritik tersebut, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Antonio Tajani, pemimpin Partai Forza Italia, mengungkapkan kemarahannya pada X , dengan menyatakan:

“Pengeboman sebuah sekolah di Gaza yang menyebabkan begitu banyak korban tak berdosa sama sekali tidak dapat diterima. Kami meminta Israel untuk menghormati hukum humaniter.” Tajani menyerukan gencatan senjata segera “untuk melindungi warga sipil”.

Menurut surat kabar Italia Corriere della Sera, Tajani mengadakan pertemuan video dengan para duta besar dari negara-negara di kawasan itu untuk memantau perkembangan.

Pada hari Sabtu, Kantor Media Pemerintah Gaza melaporkan bahwa lebih dari 100 orang tewas dan puluhan lainnya terluka dalam serangan udara Israel yang menargetkan sebuah sekolah yang digunakan sebagai tempat penampungan bagi warga Palestina yang mengungsi di Gaza.

Warga Palestina sedang melaksanakan salat Subuh saat serangan itu terjadi.

Militer Israel mengklaim serangan itu menargetkan dan menewaskan 19 pejuang dari Hamas dan Jihad Islam.

Namun, kedua kelompok itu membantah keras bahwa ada pejuang perlawanan yang hadir di sekolah tersebut.

Mesir Kutuk Israel yang Membom Sekolah Al-Tabi'in Gaza pakai Rudal MK84 dengan Berat Hampir Satu Ton

Mesir mengutuk keras pemboman Israel terhadap Sekolah Al-Tabi'in di Gaza, 100 Warga Gaza Tewas

Sabtu tanggal 10 Agustus 2024, Mesir mengecam keras pengeboman Israel terhadap Sekolah Al-Tabi'in, yang menampung warga Palestina yang mengungsi di lingkungan Al-Daraj di sebelah timur Kota Gaza.

Serangan Israel tersebut menewaskan lebih dari 100 warga sipil Palestina dan menyebabkan puluhan orang terluka.

Dalam siaran pers yang dikeluarkan pada hari Sabtu, Mesir mengecam serangan Israel yang terus berlanjut terhadap warga sipil di Jalur Gaza, yang menyoroti pengabaian serius terhadap hukum internasional dan hukum humaniter.

Mesir menyerukan tanggapan internasional yang terpadu dan efektif untuk melindungi rakyat Palestina dan mengakhiri serangan terhadap warga sipil yang tidak berdaya.

Mesir menyatakan bahwa kejahatan berskala besar yang terus berlangsung dan pembunuhan yang disengaja terhadap warga sipil tak bersenjata, bahkan saat upaya mediasi semakin intensif untuk mencapai gencatan senjata, jelas menunjukkan kurangnya kemauan politik dari pihak Israel untuk mengakhiri konflik.

Situasi ini melanggengkan penderitaan manusia yang parah yang dialami warga Palestina di tengah krisis kemanusiaan internasional yang belum dapat diselesaikan oleh masyarakat global.

Mesir menekankan bahwa pihaknya akan melanjutkan upaya diplomatik dan kontak intensif dengan semua pihak berpengaruh di dunia internasional, untuk menjamin akses bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza dengan segala cara dan metode, dan berupaya mencapai gencatan senjata, tidak peduli seberapa besar kesulitan yang mungkin dialami atau rintangan yang mungkin dihadapi.

Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza menyatakan bahwa pembantaian di Sekolah Tabi'in merupakan kejahatan perang dalam segala arti istilah tersebut.

Pertahanan Sipil Palestina melaporkan bahwa Sekolah Al-Tabi'een, yang diserang pada dini hari tadi, menampung sekitar 2.400 orang.

Sekolah tersebut terkena tiga rudal, termasuk sedikitnya satu rudal Mk-84, yang beratnya 2.000 pon.

Israel juga menyerang beberapa tempat di Jalur Gaza, menewaskan lebih banyak orang dalam 24 jam terakhir; Israel menyerang Jabalia al-Balad di utara Jalur Gaza, sebelah barat kamp Nuseirat di Jalur Gaza tengah, dan tenda-tenda untuk para pengungsi di Jalan al-Mazra'a di Kegubernuran Deir al-Balah, Jalur Gaza tengah.

SUMBER: MIDDLE EAST MONITOR, EGYPT TODAY

Tag:  #oposisi #italia #desak #pemerintah #tarik #dubes #dari #israel #israel #sekolah #tewaskan #warga

KOMENTAR