Penumpang Terjebak di Toilet Pesawat Selama Penerbangan, Mengaku Terluka saat Mendarat, Tak Mendapat Bantuan Medis
Tangkapan layar penumpang pesawat yang terjebak di toilet. Dia merekam dirinya saat terjebak di dalam toilet pesawat. (New York Post)
20:21
19 Januari 2024

Penumpang Terjebak di Toilet Pesawat Selama Penerbangan, Mengaku Terluka saat Mendarat, Tak Mendapat Bantuan Medis

- Penumpang SpiceJet yang terjebak di dalam toilet sepanjang penerbangan mengaku terluka saat pesawat mendarat dan tidak mendapat pertolongan medis. Teknisi perangkat lunak berusia 37 tahun yang tidak disebutkan namanya itu menghabiskan hampir 100 menit di toilet maskapai penerbangan hemat India dalam penerbangan dari Mumbai ke Bengaluru pada Selasa (16/1).

Dalam sebuah video yang viral menunjukkan seseorang yang kebingungan mencoba membuka pintu sambil duduk di dalam toilet yang sempit. Pegangan terlihat bergerak saat seorang kru pesawat mencoba membuka pintu.

“Saya trauma, linglung dan terluka saat saya terlempar di dalam toilet ketika pesawat mendarat di Bengaluru. Dan, tidak ada bantuan medis sama sekali,” kata pria tersebut kepada Times of India.

Warga Koramangala tersebut mengatakan SpiceJet telah memberikan voucher setara dengan USD 60 terkait insiden tersebut. Namun, sang pria menolaknya dan berencana untuk menuntut maskapai tersebut. Dia juga mengatakan telah mengajukan pengaduan ke Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil India. Penumpang tersebut kembali ke Bengaluru setelah bertemu keluarganya di Mumbai.

“Segera setelah penerbangan lepas landas pada Selasa (16/1) pukul 02.10, saya pergi ke toilet di sisi kiri depan pesawat. Beberapa menit kemudian saya menyadari ada yang tidak beres dengan kuncinya dan saya mencoba membukanya namun tidak bisa," sebutnya.

Pria tersebut mengaku berhasil menarik perhatian kru yang mencoba membuka pintu yang rusak tersebut. “Kemudian kondisi semakin menakutkan dari menit ke menit,” kata penumpang pria tersebut.

SpiceJet mengatakan awak kabin telah menyadari bahwa pintunya macet dan memberikan pesan kepada pria tersebut yang memintanya untuk tidak panik. Pesan tersebut ditulis di kertas dan dimasukkan ke dalam toilet lewat selipan di pintu.

“Pak, kami berusaha semaksimal mungkin untuk membuka pintu, namun kami tidak dapat membukanya. Jangan panik. Kami akan mendarat beberapa menit lagi, jadi harap tutup penutup toilet dan duduklah di atasnya dan amankan diri Anda. Begitu pintu utama terbuka, seorang insinyur akan datang membantu," bunyi tulisan di kertas.

Penumpang tersebut tentu saja tidak memakai sabuk pengaman di dalam toilet. Hal itu yang membuat dia mengaku terlempar dan terluka ketika pesawat mendarat.

“Saat mendarat, saya terlempar dan mengalami luka. Butuh waktu 20 menit bagi seseorang untuk mulai mendobrak pintu. Saat saya keluar, saya mengalami memar dan pandangan saya kabur beberapa saat," ungkap sang penumpang.

“Tetapi saya tidak menerima bantuan medis bahkan setelah keluar dari toilet. Saya mendapat sebotol air dan banyak permintaan maaf dari SpiceJet,” imbuh penumpang tersebut.

Sementara itu, seorang pegawai bandara mengatakan bahwa seorang teknisi naik ke pesawat setelah semua penumpang turun. “Dia (penumpang) masih terjebak di dalam toilet yang sempit. Pendaratannya sangat mengerikan karena dia duduk di toilet,” kata pegawai tersebut.

SpiceJet mengatakan kepada Times of India bahwa kru memberikan bantuan. Begitu pesawat mendarat, seorang teknisi membuka pintu toilet dan penumpang tersebut segera menerima bantuan medis. “SpiceJet meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan pada penumpang yang terjebak di toilet," ungkap pihak maskapai penerbangan.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #penumpang #terjebak #toilet #pesawat #selama #penerbangan #mengaku #terluka #saat #mendarat #mendapat #bantuan #medis

KOMENTAR