Ayatollah Ali Khamenei Bakal Pimpin Pemakaman Ismail Haniyeh usai Serukan Balas Dendam ke Israel
Pemimpin Agung Iran Ayatollah Ali Khamenei. [AFP]
14:00
1 Agustus 2024

Ayatollah Ali Khamenei Bakal Pimpin Pemakaman Ismail Haniyeh usai Serukan Balas Dendam ke Israel

Iran dijadwalkan mengadakan prosesi pemakaman pada hari Kamis untuk pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh menjelang pemakamannya di Doha setelah dia terbunuh dalam serangan di Teheran yang dituduh dilakukan oleh Israel.

Pemimpin tertinggi Republik Islam Ayatollah Ali Khamenei akan memimpin doa atau salat di pemakaman Haniyeh, setelah sebelumnya mengancam 'hukuman berat' atas pembunuhannya.

Kematian Haniyeh diumumkan pada hari Rabu oleh Garda Revolusi Iran, yang mengatakan dia dan pengawalnya tewas dalam serangan terhadap akomodasi mereka di ibukota Iran pada pukul 02.00 pagi (22.30 GMT).

Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh (Instagram)Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh (Instagram)

Hal ini terjadi hanya beberapa jam setelah Israel menargetkan dan membunuh komandan utama Hizbullah Fuad Shukr dalam serangan balasan di ibu kota Lebanon, Beirut, sehingga menimbulkan kekhawatiran akan perang regional yang lebih luas.

Baca Juga: 4 Artis Ucapkan Duka untuk Meninggalnya Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh, Doa Teuku Wisnu Menyentuh Hati

Israel menolak mengomentari serangan di Teheran yang menewaskan Ismail Haniyeh.

Khamenei, yang memegang keputusan akhir dalam urusan politik Iran, mengatakan setelah kematian Haniyeh bahwa "adalah tugas kita untuk membalas dendam atas darahnya saat dia menjadi martir di wilayah Republik Islam Iran".

Pemimpin Hamas berada di Teheran untuk menghadiri upacara pelantikan Presiden baru terpilih Masoud Pezeshkian pada hari Selasa.

Presiden Iran mengatakan pada hari Rabu bahwa “Zionis (Israel) akan segera melihat konsekuensi dari tindakan pengecut dan teroris mereka”.

Anggota biro politik Hamas Musa Abu Marzuk juga bersumpah akan melakukan pembalasan, dengan mengatakan: "Pembunuhan pemimpin Ismail Haniyeh adalah tindakan pengecut dan tidak akan dibiarkan begitu saja."

Baca Juga: Mengenal Sosok Ismail Haniyeh, Pemimpin Hamas yang Tewas Ditangan Pasukan Israel

Namun komunitas internasional menyerukan deeskalasi dan fokus pada upaya mengamankan gencatan senjata di Gaza.

Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh (Twitter)Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh (Twitter)

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan serangan di Teheran dan Beirut mewakili “eskalasi yang berbahaya”.

Semua upaya, katanya, harus “mengarah pada gencatan senjata” di Gaza dan pembebasan sandera yang disandera selama serangan Hamas pada 7 Oktober di Israel selatan.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken juga mengatakan pada hari Rabu bahwa gencatan senjata di Gaza masih merupakan “keharusan”.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #ayatollah #khamenei #bakal #pimpin #pemakaman #ismail #haniyeh #usai #serukan #balas #dendam #israel

KOMENTAR