Israel Diduga Dalangi Pembunuhan Pemimpin Hamas di Iran, Timur Tengah di Ambang Perang?
Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh (Instagram)
08:52
1 Agustus 2024

Israel Diduga Dalangi Pembunuhan Pemimpin Hamas di Iran, Timur Tengah di Ambang Perang?

Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh dibunuh bersama salah satu pengawalnya, kata para pejabat di Iran.

Hal ini terjadi hanya beberapa jam setelah dia menghadiri pelantikan presiden baru Iran, Masoud Pezeshkian, dan bertemu dengan Pemimpin Tertinggi Iran, Ali Khamenei.

Haniyeh tewas dalam serangan udara di sebuah kediaman di ibu kota, Teheran, kata Hamas dalam sebuah pernyataan pada Rabu pagi.

Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab, namun Hamas menyalahkan Israel setelah sebelumnya bersumpah untuk membunuh Haniyeh menyusul serangan teror 7 Oktober, yang menyebabkan 1.200 orang tewas. Sebanyak 250 orang lainnya disandera setelah teroris yang membawa senapan mesin menyeberang ke Israel.

Baca Juga: Rusia Kutuk Pembunuhan Ismail Haniyeh, Peringatkan Adanya Peningkatan Ketegangan

Hamas mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Haniyeh tewas dalam serangan udara di kediamannya di Teheran setelah dia berpartisipasi dalam pelantikan presiden baru Iran.

Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh (Instagram)Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh (Instagram)

Israel jarang mengomentari pembunuhan yang dilakukan oleh badan intelijennya, Mossad.

Nader Hashemi, seorang profesor Studi Timur Tengah di Universitas Georgetown, memperingatkan pembunuhan Haniyeh telah membawa Timur Tengah lebih dekat ke perang habis-habisan dibandingkan sebelumnya.

"Ini adalah perkembangan besar. Saya pikir ini juga berdampak pada peristiwa di Lebanon karena beberapa jam sebelumnya Israel mencoba membunuh seorang pemimpin senior Hizbullah di Beirut selatan dan asumsi yang berlaku adalah bahwa Iran dan Hizbullah tidak tertarik pada hal tersebut," ujarnya pada BBC.

Namun dia mengatakan pembunuhan itu telah membalikkan perhitungan tersebut, tambahnya. “Sekarang Iran mempunyai insentif untuk mencoba dan meningkatkan konflik ini.”

Baca Juga: Reaksi Ismail Haniyeh Saat Tiga Putra dan Cucu Dibunuh Israel: Kepentingan Rakyat Palestina Yang Utama

Sebagai pembalasan atas serangan 7 Oktober, militer Benjamin Netanyahu telah membunuh lebih dari 39.360 warga Palestina dan melukai lebih dari 90.900 orang, menurut Kementerian Kesehatan Gaza, yang penghitungannya tidak membedakan antara warga sipil dan kombatan.

Pejabat senior Hamas Moussa Abu Marzouk telah memperingatkan pembunuhan Haniyeh tidak akan dibiarkan begitu saja. Pada bulan April, tiga putranya tewas dalam serangan udara di Jalur Gaza.

Haniyeh menuduh Israel bertindak dalam “semangat balas dendam dan pembunuhan” dan mengatakan bahwa putra-putranya “menjadi syahid dalam perjalanan untuk membebaskan Yerusalem dan Masjid Al-Aqsa.”

Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh (Twitter)Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh (Twitter)

Dia mengatakan pembunuhan tersebut tidak akan menekan Hamas untuk melunakkan posisinya di tengah perundingan gencatan senjata yang sedang berlangsung dengan Israel, yang ditengahi oleh mediator internasional.

Haniyeh meninggalkan Gaza pada tahun 2019 dan tinggal di pengasingan di Qatar. Pemimpin tertinggi Hamas di Gaza adalah Yehya Sinwar, yang mendalangi serangan 7 Oktober terhadap Israel yang memicu perang.

Perang Israel melawan Hamas telah menghancurkan Jalur Gaza dan mendorong wilayah kecil Palestina ini ke dalam krisis kemanusiaan, menyebabkan lebih dari satu juta orang berada di ambang kelaparan.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #israel #diduga #dalangi #pembunuhan #pemimpin #hamas #iran #timur #tengah #ambang #perang

KOMENTAR