Raih 51,2 Persen Suara, Nicolas Maduro Kembali Terpilih Jadi Presiden Venezuela
Presiden Venezuela Nicolas Maduro (kiri) mengunjungi stan Indonesia pada kegiatan Festival Pariwisata Internasional Venezuela (FITVEN) 2021. ANTARA/HO-KBRI Caracas/aa.
14:40
29 Juli 2024

Raih 51,2 Persen Suara, Nicolas Maduro Kembali Terpilih Jadi Presiden Venezuela

Nicolas Maduro kembali terpilih menjadi Presiden Venezuela pada Pilpres 2024, setelah mengalahkan kandidat dari oposisi Edmundo Gonzalez Urrutia.

Nicolas Maduro berhasil meraih 51,2 persen suara. Klaim itu disampaikan Elvis Amoroso, presiden badan pemilu CNE, yang mayoritas loyal kepada pemerintah.

Bahkan dia mengatakan kepada wartawan, 44,2 persen suara telah diberikan kepada kandidat oposisi Edmundo Gonzalez Urrutia yang memimpin dalam pemilu.

Maduro, 61 tahun, memenangkan masa jabatan enam tahun ketiganya sebagai pemimpin negara kaya raya itu. PDB-nya anjlok 80 persen dalam satu dekade, sehingga mendorong lebih dari tujuh juta dari 30 juta warga negaranya untuk beremigrasi.

Baca Juga: Oposisi Klaim Menang Telak, Maduro Dituding Curang di Pilpres Venezuela

Sejak menjabat sejak 2013, ia dituduh mengurung para pengkritik dan melecehkan oposisi di tengah meningkatnya otoritarianisme.

Jajak pendapat independen menunjukkan bahwa pemungutan suara pada hari Minggu dapat mengakhiri 25 tahun Chavismo, gerakan populis yang didirikan oleh pendahulu dan mentor sosialis Maduro, mendiang Hugo Chavez.

Gonzalez Urrutia menggantikan pemimpin oposisi populer Maria Corina Machado dalam pencalonan setelah pihak berwenang yang setia kepada Maduro mengecualikannya dari pencalonan.

Machado, yang berkampanye secara luas untuk wakilnya, mendesak para pemilih pada Minggu malam untuk tetap berjaga-jaga di tempat pemungutan suara mereka pada jam-jam yang menentukan penghitungan suara di tengah kekhawatiran luas akan adanya penipuan.

Maduro mengandalkan aparat pemilu yang loyal, kepemimpinan militer, dan lembaga-lembaga negara dalam sistem patronase politik yang mapan.

Baca Juga: Pilpres di Venezuela Jadi Sorotan Banyak Negara, Turki Kirim Tim Pemantau

Pemilu hari Minggu adalah hasil dari kesepakatan yang dimediasi yang dicapai tahun lalu antara pemerintah dan oposisi.

Perjanjian tersebut menyebabkan Amerika Serikat untuk sementara waktu meringankan sanksi yang dijatuhkan setelah Maduro terpilih kembali pada tahun 2018, yang ditolak oleh puluhan negara Barat dan Amerika Latin karena dianggap palsu.

Editor: Andi Ahmad S

Tag:  #raih #persen #suara #nicolas #maduro #kembali #terpilih #jadi #presiden #venezuela

KOMENTAR