Berjuang Melawan Maut, Peselancar Australia Berhasil Rebut Kakinya dari Gigitan Hiu Putih Raksasa
02:04
27 Juli 2024

Berjuang Melawan Maut, Peselancar Australia Berhasil Rebut Kakinya dari Gigitan Hiu Putih Raksasa

Peselancar Australia berusia 23 tahun selamat dari serangan hiu ganas pada hari Selasa dengan melawan hiu putih besar yang menggigit kakinya. Tak lama kemudian, kaki peselancar itu terdampar di pantai dan dokter kini mencoba untuk menentukan apakah mereka dapat memasang kembali anggota tubuh yang terputus tersebut.

Kai McKenzie dari Bonny Hills, New South Wales (NSW) sedang berselancar di lepas pantai timur Australia ketika hiu putih besar sepanjang tiga meter menyerangnya, sehingga kaki kanannya patah, menurut laporan media lokal dan halaman GoFundMe. Sambil “berpegang teguh pada kehidupan”, ia mampu melawan hiu dan menangkap ombak kembali ke pantai dengan papan selancarnya yang rusak.

Seorang petugas polisi yang sedang tidak bertugas menyaksikan McKenzie melawan hiu dan berada di sana untuk membantunya di pantai. Dia menggunakan tali anjingnya sebagai tourniquet untuk membendung pendarahan dari kaki peselancar tersebut sampai paramedis tiba.

“Dia sangat beruntung saat kami memiliki petugas polisi (yang sedang tidak bertugas) yang sedang berjalan-jalan dengan anjingnya,” kata penjabat petugas operasi Layanan Ambulans NSW Kirran Mowbray dalam sebuah wawancara dengan ABC News Australia.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Drama Korea Bertema Selancar, Punya Sinematografi yang Indah!

“Dia, pada dasarnya menyelamatkan nyawa pria itu sampai paramedis tiba di sana.”

McKenzie pertama kali diangkut ke rumah sakit setempat sebelum diterbangkan sejauh 200 kilometer ke Rumah Sakit John Hunter, sebuah pusat trauma besar, untuk operasi. Halaman GoFundMe yang mendukung pemulihannya mencatat bahwa dia saat ini dalam kondisi stabil.

Sekitar satu jam setelah serangan itu, kaki McKenzie yang terputus terdampar di pantai, lapor 9News. Anggota badannya diambil, dimasukkan ke dalam es dan juga diterbangkan ke Rumah Sakit John Hunter. Dokter sekarang harus menilai apakah kakinya dapat disambungkan kembali.

Umumnya, anggota tubuh yang terputus harus dilarikan ke rumah sakit dalam waktu enam jam untuk mencegah kematian otot dan memiliki peluang untuk menyambung kembali, kata presiden Perkumpulan Ahli Bedah Plastik Australia, David Morgan, kepada Guardian.

Ahli biologi hiu menilai foto-foto dari kejadian tersebut dan menyimpulkan bahwa McKenzie digigit oleh hiu putih besar sepanjang tiga meter, menurut Departemen Industri Primer dan Pembangunan Regional NSW.

Baca Juga: Diperingati Setiap Bulan Juni, Berikut 3 Fakta Unik Olahraga Selancar

Sejak penyerangan itu, banyak ucapan duka dari komunitas selancar setempat.

Tim selancar McKenzie, RAGE, menulis bahwa mereka “mengirimkan cinta” kepada “orang paling tangguh yang kami kenal,” dalam sebuah postingan Instagram.

Perusahaan pembuat konten dan perangkat keras selancar ini mengungkapkan bahwa McKenzie mengalami cedera tahun lalu, namun “dia tidak pernah sekalipun mengeluh dan selalu terus melakukan apa yang dia sukai sesegera mungkin.”

Pembentuk papan selancar Luke Short, yang membuat papan selancar McKenzie sebagai bagian dari kesepakatan sponsorship, menjelaskan kepada ABC News bahwa McKenzie “patah lehernya saat dia melihat sebuah band, di mosh pit.”

“Dalam situasi ini kami selalu berusaha mengambil sisi positifnya,” tambahnya. “Sungguh menakjubkan dia bisa selamat.”

Kampanye GoFundMe yang menggalang dana untuk biaya pengobatan sejauh ini telah mengumpulkan lebih dari $126.500 pada Kamis sore, melampaui targetnya.

Kampanye ini dimulai oleh seorang tetangga, yang menulis bahwa keluarga McKenzie adalah “keluarga lokal berhati emas yang tidak akan pernah mengharapkan atau meminta apa pun kepada siapa pun, jadi mari kita memberi kembali dan menunjukkan kepada mereka bahwa mereka mendapat dukungan masyarakat dalam hal ini.”

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #berjuang #melawan #maut #peselancar #australia #berhasil #rebut #kakinya #dari #gigitan #putih #raksasa

KOMENTAR