Darurat di Kantor Presiden Korsel, Balon Sampah Korea Utara Picu Kepanikan
Bendera korea Selatan [Unsplash/Daniel Bermard]
18:52
24 Juli 2024

Darurat di Kantor Presiden Korsel, Balon Sampah Korea Utara Picu Kepanikan

Ini adalah pertama kalinya kantor pemimpin Korea Selatan di pusat kota Seoul, yang dilindungi oleh sejumlah tentara dan zona larangan terbang, terkena dampak langsung dari ribuan balon pengangkut sampah yang diluncurkan oleh Pyongyang sejak bulan Mei.

“Tim tanggap kimia, biologi, dan radiologi (perang) telah mengumpulkan balon sampah dengan aman,” kata dinas keamanan kepresidenan kepada AFP.

“Setelah diselidiki, hasilnya memastikan bahwa tidak ada bahaya atau kontaminasi pada benda tersebut,” katanya.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan sebelumnya mengkonfirmasi bahwa Korea Utara sekali lagi mengirimkan balon pembawa sampah, sementara pemerintah kota Seoul juga mengeluarkan peringatan pada Rabu pagi.

Baca Juga: Move On dari Mantan Suami, Hwang Jung Eum Pacaran dengan Atlet Basket

Ilustrasi sampah plastik menumpuk (shutterstock)Ilustrasi sampah plastik menumpuk (shutterstock)

“Jika Anda menemukan balon yang jatuh, jangan menyentuhnya, dan laporkan ke unit militer atau kantor polisi terdekat,” katanya.

Menurut kantor berita Yonhap, kantor kepresidenan telah memantau balon tersebut secara real time, dan mengetahui secara pasti di mana balon tersebut akan mendarat.

“Sulit untuk menanganinya di udara karena kita tidak tahu isi balon tersebut,” kata seorang pejabat kepresidenan, Yonhap melaporkan.

“Tidak akan ada perubahan dalam kebijakan kami untuk mengumpulkannya setelah benda-benda tersebut jatuh.”

Militer menahan diri untuk tidak menembak jatuh balon-balon tersebut karena khawatir isinya akan menyebar lebih jauh dan menyebabkan lebih banyak kerusakan, kata Yonhap.

Baca Juga: Jinju National Museum Korea Selatan, Menelusuri Jejak Sejarah Dinasti Joseon

Balon-balon tersebut merupakan masalah keamanan bagi Seoul, namun dalam hal ini Korea Utara hanya beruntung, kata seorang analis kepada AFP.

“Ini adalah masalah keamanan karena terdapat fasilitas pertahanan yang berbeda di kompleks kepresidenan,” kata Park Won-gon, profesor di Universitas Wanita Ewha.

“Karena balon terbang mengikuti angin, mereka jatuh secara acak. Sulit untuk mengatakan Korea Utara berniat melakukan hal ini,” tambahnya.

Ini adalah kali ke-10 Korea Utara mengirimkan balon-balon tersebut melintasi perbatasan tahun ini sebagai tindakan yang diklaim sebagai pembalasan atas balon propaganda anti-rezim yang diluncurkan oleh aktivis Korea Selatan.

Peta dan Bendera Korea Utara (Unsplash.com/MarkRubens)Peta dan Bendera Korea Utara (Unsplash.com/MarkRubens)

Menanggapi gelombang balon tersebut, Korea Selatan pada hari Minggu melanjutkan siaran propaganda “skala penuh” dari pengeras suara di sepanjang perbatasan, yang ditujukan ke Korea Utara.

Seoul juga telah sepenuhnya menangguhkan perjanjian militer untuk mengurangi ketegangan dan memulai kembali latihan penembakan di pulau-pulau perbatasan dan dekat zona demiliterisasi yang membagi semenanjung Korea.

Kedua Korea secara teknis masih berperang karena Perang Korea tahun 1950-1953 berakhir dengan gencatan senjata, bukan perjanjian damai.

Siaran propaganda tersebut – sebuah taktik yang berasal dari konflik tersebut – membuat marah Pyongyang, yang sebelumnya mengancam akan melakukan serangan artileri terhadap unit pengeras suara Seoul.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #darurat #kantor #presiden #korsel #balon #sampah #korea #utara #picu #kepanikan

KOMENTAR