Suhu Mendidih di Eropa Selatan, 2 Petugas Damkar Tewas saat Jinakkan Api
Ilustrasi kebakaran hutan. (Pixabay/ skeeze)
11:52
18 Juli 2024

Suhu Mendidih di Eropa Selatan, 2 Petugas Damkar Tewas saat Jinakkan Api

Gelombang panas di seluruh Eropa selatan memaksa pihak berwenang di Yunani untuk menutup Acropolis pada hari Rabu selama beberapa jam dan dua petugas pemadam kebakaran tewas saat memadamkan api di wilayah Basilicata di Italia selatan, kata pihak berwenang Italia.

Italia menambahkan Palermo, Sisilia, ke dalam daftar 13 kota di negaranya dengan peringatan panas ekstrem. Warga lanjut usia di kota Verona diimbau untuk tetap tinggal di dalam rumah, sementara alat penyiram dipasang untuk mendinginkan orang yang lewat.

Kementerian Kebudayaan Yunani memerintahkan penutupan Acropolis – atraksi budaya terbesar di negara itu – mulai tengah hari selama lima jam.

Ilustrasi pemadam kebakaran sedang berusaha memadamkan api (Shutterstock).Ilustrasi pemadam kebakaran sedang berusaha memadamkan api (Shutterstock).

Wisatawan yang ingin mengunjungi kuil Parthenon di puncak Acropolis mengantri di pagi hari untuk menghindari panas terparah, sementara Palang Merah menyerahkan air kemasan dingin dan brosur informasi kepada mereka yang mengantri.

Baca Juga: Heroik! Kisah Damkar Selamat Kucing Abu-abu yang Dikejar Kucing Oren, Nyangkut di Kawat Berduri

“Kami menyelesaikannya dan keluar dengan cepat, dan sekarang kami akan melihat kondisi udara dan beberapa persembahan anggur lagi serta menikmati hari itu,” kata Toby Dunlap, yang sedang berkunjung dari Pennsylvania dan baru saja melakukan tur di Acropolis. “Tapi di atas sana panas, sungguh. Jika Anda tidak bersiap, Anda akan berkeringat.”

Ahli meteorologi mengatakan udara panas dari Afrika diperkirakan akan terus berlanjut hingga Minggu, dengan suhu gelombang panas diperkirakan mencapai puncaknya pada 43 derajat C (109 F).

Di Albania, cuaca panas menyebabkan pemerintah menjadwal ulang jam kerja bagi pegawai negeri sipil, sehingga memudahkan sebagian orang untuk bekerja dari rumah. Negara tetangganya, Makedonia Utara, berjuang mengatasi puluhan kebakaran hutan yang terjadi dalam 24 jam sebelumnya. Satu kobaran api besar meluas hampir 30 kilometer (21 mil). Pesawat pemadam kebakaran dari Serbia, Montenegro, Kroasia, Rumania dan Turki menanggapi permintaan bantuan dari negara tersebut.

Ilustrasi cuaca panas (freepik.com/freepik)Ilustrasi cuaca panas (freepik.com/freepik)

Di Turki bagian barat, petugas pemadam kebakaran – dibantu oleh lebih dari selusin pesawat yang menjatuhkan air – berhasil mengendalikan api di dekat kota Bergama beberapa jam setelah kebakaran terjadi. Belum diketahui penyebab kebakaran yang dipicu angin kencang.

Kotamadya kota terbesar di Turki, Istanbul, mengeluarkan peringatan panas pada hari Selasa, mengatakan suhu akan meningkat antara 3-6 derajat C (37-43 F) di atas norma musiman hingga tanggal 28 Juli.

Baca Juga: Kasus Kebakaran di Jakarta Tinggi tapi Jumlah Petugas Damkar Sedikit, DPRD Usulkan Ini

Beberapa kota di Spanyol, termasuk Granada dan Toledo, bersiap menghadapi perkiraan suhu setinggi 44 derajat C (111 F) pada akhir minggu ini di tempat-tempat terpanas di selatan negara tersebut.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #suhu #mendidih #eropa #selatan #petugas #damkar #tewas #saat #jinakkan

KOMENTAR