Ular Piton Diternakkan di Thailand, Dagingnya Jadi Sumber Protein Alternatif
Ilustrasi ular piton. [Shutterstock]
03:32
18 Juli 2024

Ular Piton Diternakkan di Thailand, Dagingnya Jadi Sumber Protein Alternatif

Di sebuah gudang di daerah pertanian subur Thailand tengah, ribuan ular piton dikembangbiakkan dalam wadah-wadah khusus. Ular-ular ini dipelihara untuk kulit mereka yang bermotif berlian dan kuat, yang dijual ke rumah-rumah mode Eropa untuk dijadikan ikat pinggang, tas, dan dompet mewah. Namun, beberapa ilmuwan dan pelaku industri percaya bahwa nilai sejati ular ini mungkin terletak pada dagingnya.

Permintaan daging secara global terus meningkat meskipun jejak karbon yang ditinggalkan oleh peternakan tradisional. Sementara diet berbasis tanaman sering dipromosikan sebagai alternatif terbaik, beberapa pihak merasa bahwa reptil seperti ular piton belum mendapatkan perhatian yang layak.

Ular piton mampu bertahan pada suhu tinggi dan kekeringan, bereproduksi cepat, dan tumbuh lebih cepat daripada sumber protein hewani tradisional sambil mengonsumsi lebih sedikit makanan. Para peneliti memperkirakan bahwa China dan Vietnam saja memiliki setidaknya 4.000 peternakan piton, yang memproduksi jutaan ular, sebagian besar untuk industri mode.

Ilustrasi ular piton. [Shutterstock]Ilustrasi ular piton. [Shutterstock]

Penelitian yang dipublikasikan awal tahun ini di jurnal *Nature* menyimpulkan bahwa peternakan piton bisa menjadi solusi efisien untuk mengatasi ketidakamanan pangan global. Peneliti mempelajari hampir 5.000 piton Burma di dua peternakan komersial di Vietnam dan Thailand selama setahun. Mereka menemukan bahwa piton dapat bertahan berbulan-bulan tanpa makanan dan air tanpa kehilangan kondisi tubuhnya.

Baca Juga: Termasuk Twist of Fate, Ini 3 Drama Romantis Thailand yang Dibintangi Thisa Varitthisa

Ular piton diberi makan limbah ayam dan tikus liar, menghasilkan rasio pakan-daging yang lebih efisien dibandingkan unggas, sapi, bahkan jangkrik. Selain itu, ular piton betina dapat bertelur antara 50 hingga 100 butir setiap tahunnya, yang merupakan kabar baik bagi Emilio Malucchi, pemilik peternakan piton di Uttaradit, Thailand.

Malucchi, yang pindah ke Thailand dari Italia lebih dari empat dekade lalu, mengalami kesulitan meyakinkan orang untuk mengonsumsi daging ular. Sebagian besar daging yang diproduksi dibuang atau digunakan untuk memberi makan ikan. Malucchi mengatakan bahwa daging piton, yang memiliki tekstur mirip ayam dan rendah lemak jenuh, belum menarik minat luas meskipun sudah lama dikonsumsi di Asia Tenggara.

Dampak iklim dari produksi daging telah didokumentasikan secara luas, dengan hewan ternak dianggap sebagai penyumbang terbesar emisi gas rumah kaca dan perubahan penggunaan lahan. Sementara PBB dan aktivis iklim menganjurkan diet berbasis tanaman, permintaan daging diperkirakan akan meningkat 14% pada tahun 2032, terutama di negara-negara berpenghasilan rendah dan Asia.

Ilustrasi ular piton. (Pixabay/sipa)Ilustrasi ular piton. (Pixabay/sipa)

Di tengah peningkatan cuaca ekstrem yang menyulitkan pertanian tradisional, protein alternatif seperti daging ular mungkin bisa menjadi solusi. Namun, uptake alternatif-alternatif ini belum signifikan dan peternak ular piton komersial menghadapi standar pemrosesan yang ketat.

Meskipun ada tantangan, Patrick Aust, Direktur African Institute of Applied Herpetology, percaya bahwa peternakan piton memiliki potensi besar dan memuji keanekaragaman cara memasaknya.

Baca Juga: Jejak Indonesia Masato Sugiharto: Striker Jebolan Klub Jay Idzes Kini Main di Liga Thailand

Namun, organisasi kesejahteraan hewan seperti PETA mengecam praktik peternakan ular, menuduh kekejaman dalam proses pembunuhannya. Malucchi mengklaim bahwa industri ini tidak berbeda dengan peternakan ternak lainnya dan menekankan pentingnya pembunuhan yang "manusiawi."

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #ular #piton #diternakkan #thailand #dagingnya #jadi #sumber #protein #alternatif

KOMENTAR