Hari Ini, Rombongan Calon Jemaah Haji Mulai Diberangkatkan Menuju Arafah
Rombongan calon jemaah haji Indonesia diberangkatkan menuju Arafah menjelang puncak ibadah haji, wukuf, Sabtu (15/6/2024). [MCH 2024]
19:08
14 Juni 2024

Hari Ini, Rombongan Calon Jemaah Haji Mulai Diberangkatkan Menuju Arafah

Calon Jemaah Haji Indonesia yang sebelumnya berada di Mekkah, Arab Saudi mulai diberangkatkan ke Arafah untuk melaksanakan wukuf pada Sabtu (15/6/2024). Pemberangkatan dimulai pada Jumat (14/6/2024) mulai jam 08.00 waktu Arab Saudi.

Pelepasan calon jemaah haji menuju Arafah dilakukan oleh Sekjen Kemenag Muhammad Ali Ramdhani. Secara simbolis, Ali melepas keberangkatan kloter BTH 9.

Ali berpesan agar jemaah haji kembali mengambil niat dan menjaga kesehatan, menjelang puncak haji di Armuzna.

"Tentu saja diiringi dengan menjaga Kesehatan secara baik karena puncak dari Penyelenggaran Ibadah Haji yang sesungguhnya adalah Armuzna." katanya.

Baca Juga: Sudah 11,8 Juta Boks Katering Disalurkan ke Jemaah Haji Reguler Sebelum Armuzna

Seluruh fasilitas di Armuzna, katanya, diharapkan bisa membuat calon jemaah beribadah lebih khusyuk dan nyaman.

“Dan kita berharap seluruh fasilitas yang telah dilakukan perbaikan dapat meningkatkan kekhususkan dari jamaah kita dan pada sisi lain juga dapat meningkatkan kenyamanan jamaah. Dalam melaksanakan ibadah hajinya.” kata Ali.

Ali juga meminta doa kepada seluruh jemaah haji agar melaksanakan ibadah haji sebaik-baiknya. Selain itu, ia berharap tidak terjadi peristiwa luar biasa.

“Kita berdoa semuanya, dan meminta doa pada seluruh Warga Bangsa Indonesia, seluruh umat muslim agar semua jemaah haji yang menyelenggarakan ibadah haji tahun ini memperoleh haji yang mabrur. “ katanya.

Sebelumnya, Kepala Daker Mekkah Khalilurrahman mengatakan, pemberangkatan jemaah akan dibagi menjadi tiga trip menggunakan bus yang telah disiapkan oleh pihak maktab.

Baca Juga: Kapan Puasa Arafah 2024, Penjelasan Lengkap Bacaan Niatnya

“Jemaah akan diberangkatkan dengan tiga trip. Pemberangkatan pertama pada pukul 06.00. Pemberangkatan kedua itu jam 11 atau bisa lebih maju lagi. Kemudian trip ketiga sekitar 16.30. Diharapkan pkl 21.00 jemaah sudah terkumpul di Arafah”, kata Khalil.

Jemaah haji akan diberangkatkan dengan skema pemindaian smart card yang diterbitkan oleh Pemerintah Arab Saudi. Smart card inilah yang menjadi tiket masuk ke Armuzna.

Selama pelaksanaan puncak ibadah di Arafah mendatang,Khalil juga menyampaikan, jemaah hanya harus membawa perlengkapan secukupnya, mulai dari perlengkapan pribadi hingga obat-obatan yang dibutuhkan.

“Hal yang perlu dipersiapkan pertama adalah membawa alat mandi. Kemudian, membawa masker, payung. Perlengkapan pakaian secukupnya untuk tiga atau empat hari."

"Kemudian juga membawa obat-obatan secukupnya, terutama mereka yang sejak di tanah air sudah membawa obat. Makanan juga secukupnya untuk persediaan selama tiga atau empat hari” jelasnya.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #hari #rombongan #calon #jemaah #haji #mulai #diberangkatkan #menuju #arafah

KOMENTAR