Perdana Menteri Spanyol akan Kembali Menjabat Setelah Merefleksikan Diri Imbas Istrinya Terjerat Kasus Korupsi
Perdana Menteri Pedro Sanchez menyampaikan keberlangsungan jabatannya yang disiarkan di televisi. (AFP)
11:21
30 April 2024

Perdana Menteri Spanyol akan Kembali Menjabat Setelah Merefleksikan Diri Imbas Istrinya Terjerat Kasus Korupsi

- Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez mengatakan pada hari Senin (29/4) bahwa ia akan melanjutkan jabatannya dengan kekuatan yang lebih besar setelah berhari-hari merefleksikan diri.

Pedro Sanchez mengejutkan warga Spanyol pada hari Rabu (24/4), dengan mengumumkan bahwa ia akan mengambil cuti selama lima hari.

Cuti tersebut diambil Pedro Sanchez untuk memikirkan masa depannya, setelah pengadilan membuka proses awal terhadap istrinya atas tuduhan korupsi.

"Saya telah memutuskan untuk melanjutkan (jabatan sebagai Perdana Menteri), dengan kekuatan yang lebih besar di pucuk pimpinan pemerintahan Spanyol," katanya dalam sebuah pidato yang disiarkan di televisi.

Pengaduan hukum terhadap istrinya, Begona Gomez diajukan oleh platform hukum sayap kanan yang mengatakan bahwa istri dari Sanchez, menggunakan posisinya untuk mempengaruhi kesepakatan bisnis.

Kelompok tersebut bernama Manos Limpias atau 'Tangan Bersih,' yang mengakui bahwa pengaduan tersebut didasarkan pada artikel-artikel di surat kabar. Jaksa penuntut Spanyol mengatakan bahwa pengaduan tersebut harus dibatalkan.

Sanchez mengatakan bahwa langkah tersebut merupakan serangan yang terlalu pribadi terhadap keluarganya, dan ia membutuhkan waktu untuk menentukan prioritasnya.

Dikutip dari New York Post, Sanchez yang saat ini berusia 52 tahun, telah menjabat menjadi Perdana Menteri Spanyol sejak tahun 2018.

Pria kelahiran Madrid, 29 Februari 1972 ini mampu membentuk pemerintahan koalisi minoritas kiri yang baru pada bulan November, untuk memulai masa jabatan empat tahun berikutnya berkat dukungan yang sangat rentan, dari beberapa partai regional kecil.

Ayah dari dua anak perempuan tersebut merupakan salah satu pemimpin Sosialis terlama di Eropa, dan meskipun populer di dunia internasional, dia sangat dicintai atau dibenci di Spanyol.

Sanchez menyalahkan investigasi terhadap situs-situs berita online, yang secara politis bersekutu dengan Partai Populer dimana berhaluan konservatif. 

Partai Vox yang berhaluan sayap kanan, yang menyebarkan apa yang ia sebut sebagai tuduhan-tuduhan palsu.

Para pendukungnya mengatakan, bahwa hal ini seharusnya menjadi peringatan untuk bereaksi terhadap serangan-serangan tak berdasar, yang meracuni politik Spanyol.

Namun, Partai Populer mengatakan bahwa perilaku Sanchez sembrono, kekanak-kanakan, dan tidak pantas dilakukan oleh seorang pemimpin Eropa.

Dikatakan bahwa keputusan tersebut merupakan taktik taktis, untuk mendapatkan dukungan demi kepentingan pemilu.

Nagore Calvo Mendizabal, seorang dosen senior di bidang politik dan masyarakat Spanyol dan Eropa di King's College London, mengatakan bahwa keputusan Sanchez dapat menjadi salah satu manuver politiknya.

Hal tersebut dapat menguntungkannya dengan meningkatkan dukungan secara nasional, dalam pertarungan melawan serangan dari sayap kanan.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #perdana #menteri #spanyol #akan #kembali #menjabat #setelah #merefleksikan #diri #imbas #istrinya #terjerat #kasus #korupsi

KOMENTAR