9 Tahun Absen, Gelombang Pertama Jemaah Haji Iran Tiba di Madinah
Ilustrasi ibadah haji (Pexels.com)
17:56
25 April 2024

9 Tahun Absen, Gelombang Pertama Jemaah Haji Iran Tiba di Madinah

Gelombang pertama jemaah haji asal Iran pada Rabu (24/4) waktu setempat telah tiba di Bandara Internasional Pangeran Muhammad bin Abdulaziz di Madinah, Arab Saudi.

Kedatangan gelombang pertama jemaah haji asal Iran disambut langsung oleh duta besar Iran Ali Reza Enayati dan sejumlah pejabat kedubes Iran di Arab Saudi.

Melansir laporan Pakistan Today, gelombang pertama ini adalah warga Iran yang pertama menunaikan ibadah haji 2024 sejak kedua negara menyepakati perjanjian di Cina pada tahun lalu.

Pihak Teheran dan Riyadh pada tahun lalu sepakat untuk memulihkan hubungan diplomatik kedua negara.

Untuk informasi, kedua negara pada 2016 memutuskan hubungan diplomatik setelah terjadinya eksekusi ulama Syiah Nimr al-Nimr di Riyadh, Arab Saudi.

Setelah adanya pemulihan hubungan diplomatik itu warga Iran yang absen menunaikan ibadah haji ke Mekkah selama 9 tahun pada tahun ini bisa kembali menjalankan rukun Islam kelima.

Selain itu, pemulihan hubungan diplomatik antara kedua negara juga membuat warga Iran diperbolehkan untuk melaksanakan ibadah umrah.

Kantor berita pemerintah Iran, IRNA menyebut bahwa ada total 5720 jemaah umrah asal Iran telah berangkat ke Arab Saudi. Sementara untuk ibadah haji 2024, diperkirakan ada 90.000 warga Iran berangkat ke Arab Saudi.

Menurut dubes Iran Enayati seperti dilansir dari Mehrnews, berdasarkan kesepakatan antara Organisasi Haji dan Ziarah Iran dan Kementerian Urusan Islam Arab Saudi, ada 90 ribu warga Iran berangkat ke tanah suci.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #tahun #absen #gelombang #pertama #jemaah #haji #iran #tiba #madinah

KOMENTAR