Gempa Bumi Besar M 7,5 Guncang Taiwan, Terkuat Dalam 25 Tahun Terakhir
Gempa di Taiwan pagi ini membuat bangunan ambruk. Taiwan diguncang gempa bumi besar, hingga berkekuatan Magnitufo 7,4. Terkuat dalam 25 Tahun Terakhir. 
11:10
3 April 2024

Gempa Bumi Besar M 7,5 Guncang Taiwan, Terkuat Dalam 25 Tahun Terakhir

- Gempa bumi besar Magnitudo (M) 7,5 mengguncang Taiwan, Rabu (3/4/2024). 

Gempa bumi yang guncang Taiwan tersebut terkuat dalam 25 tahun.

Pusat seismologi menyebut gempa bumi berkekuatan 7,4 skala Richter itu melanda pantai timur Taiwan.

Gempa tersebut menyebabkan beberapa bangunan runtuh di Hualien, kota yang paling dekat dengan pusat gempa, tempat upaya penyelamatan dilakukan.

Gempa juga dirasakan hingga wilayah pegunungan Taiwan yang diguncang tanah longsor besar.

Di ibu kota Taipei, rekaman menunjukkan gedung-gedung terlihat bergetar hebat.

“Gempanya dekat dengan daratan dan dangkal. Gempa ini terasa di seluruh Taiwan dan pulau-pulau lepas pantai,  Gempa ini merupakan gempa terkuat dalam 25 tahun terakhir,” kata Wu Chien Fu, direktur Pusat Seismologi Taipei, mengutip BBC.

Raksasa pembuat chip Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) mengatakan pihaknya telah mengevakuasi beberapa pabriknya di Hsinchu dan Taiwan selatan demi keselamatan stafnya, namun mereka menambahkan bahwa sistem keselamatannya beroperasi secara normal. 

TSMC adalah produsen semikonduktor utama untuk perusahaan teknologi termasuk Apple dan Nvidia.

Sebelumnya, gempa tersebut memicu peringatan tsunami di pulau tersebut dan negara-negara tetangganya.

Di ibu kota Taipei, tayangan di media lokal menunjukkan bangunan tempat tinggal runtuh dan orang-orang dievakuasi dari rumah dan sekolah mereka. 

Dampak gempa juga menghancurkan kendaraan hingga beberapa toko menjadi berantakan, menurut klip yang disiarkan oleh TVBS.

Pemadaman listrik dan pemadaman internet telah dilaporkan terjadi di seluruh pulau, menurut kelompok pemantau internet NetBlocks.

Sementara itu Survei Geologi AS menyebut gempa itu terjadi pada pukul 07:58 waktu setempat (23:58 GMT) pada kedalaman 15,5 km dan telah memicu setidaknya sembilan gempa susulan berkekuatan 4 atau lebih besar.

Pusat gempa terletak sekitar 18 km (11 mil) selatan kota Hualien Taiwan, menurut 

Diketahui pada bulan September 1999, gempa berkekuatan 7,6 skala Richter melanda Taiwan, menewaskan 2.400 orang dan menghancurkan 5.000 bangunan.

Akibat gempa bumi tersebut negara tetangga yakni Jepang, pihak berwenang sebelumnya telah memperingatkan bahwa gelombang tsunami setinggi 3 meter diperkirakan akan mencapai wilayah luas di pantai barat daya negara tersebut.

Badan Meteorologi Jepang kemudian menurunkan peringatan tersebut, namun meminta warga untuk tetap “waspada terhadap gempa susulan dengan intensitas serupa” selama sekitar satu minggu.

Dan juga Badan seismologi Filipina juga mengeluarkan peringatan tsunami tak lama setelah gempa terjadi, mendesak warga untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi, namun peringatan itu kemudian dibatalkan.

(Tribunnews.com/Garudea Prabawati)

Editor: Bobby Wiratama

Tag:  #gempa #bumi #besar #guncang #taiwan #terkuat #dalam #tahun #terakhir

KOMENTAR