Jadi Negara Pertama yang Didatangi usai Pilpres, PM Li Qiang Nilai Prabowo Bersahabat Dengan Tiongkok
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto tiba di Beijing, Tiongkok. (Istimewa)
07:27
3 April 2024

Jadi Negara Pertama yang Didatangi usai Pilpres, PM Li Qiang Nilai Prabowo Bersahabat Dengan Tiongkok

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Tiongkok Li Qiang di Beijing. Kunjungan kehormatan itu dilakukan usai Prabowo menemui Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Xie-xie. Thank you very much,” kata Prabowo saat menerima sambutan hangat dari Li, Rabu (3/4).

Dalam pertemuan tersebut, Prabowo menyampaikan penghargaan atas kehormatan yang diberikan kepada delegasi Indonesia. Kedatangannya ke negara tirai bambu tersebut dilakukan untuk memperkuat kerja sama antara dua negara.

”Saya datang dalam niat ingin menyampaikan keinginan dan harapan saya untuk meningkatkan hubungan persahabatan dan kerja sama di antara kedua negara,” kata Prabowo.

”Kami melihat hubungan yang saling melengkapi antara Tiongkok dan Indonesia adalah realitas yang sangat kami syukuri, atas persahabatan dan kepercayaan kepada kami,” sambung dia.

Dalam kesempatan tersebut, Li mengapresiasi kunjungan Prabowo. Li menilai keputusan Prabowo sebagai presiden terpilih periode 2024-2029 menunjukkan kedekatan dua negara.

”Keputusan Prabowo untuk mengunjungi Tiongkok sebagai negara pertama setelah terpilih sekali lagi menunjukkan persahabatan yang mendalam antara Tiongkok dan Indonesia,” kata Li.

Li juga mengatakan, Tiongkok siap bekerja dengan Indonesia dalam rangka mendorong kemajuan dua negara dengan berbagai langkah konkret yang menyangkut ranah global hingga regional. Tiongkok juga bersedia mencapai lebih banyak manfaat yang dapat dirasakan Indonesia dan Tiongkok.

Demi mencapai tujuan tersebut, Li menyampaikan, Indonesia dan Tiongkok harus bersinergi mendorong kemajuan sejumlah aspek. Salah satunya adalah percepatan pembangunan serta memperdalam kerja sama bidang terkait mata pencaharian masyarakat seperti pertanian hingga perikanan.

Dalam ranah global, Li juga menyebut Tiongkok siap memperkuat hubungan multilateral dengan Indonesia, termasuk dalam lingkup Asia Timur hingga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #jadi #negara #pertama #yang #didatangi #usai #pilpres #qiang #nilai #prabowo #bersahabat #dengan #tiongkok

KOMENTAR