Reaksi Para Pemimpin dan Aktivis yang Mengecam AS karena Mengirimkan Lebih Banyak Senjata ke Israel
Foto selebaran Angkatan Laut AS ini diterima pada 30 April 2004, dan diambil pada 29 April 2004 menunjukkan, Aviation Ordnanceman Airman Lauren Carr, dari Atlanta, Georgia saat ia menyalakan bom MK-84 seberat 2.000 pon di majalah senjata di atas USS George Washington (CVN 73) di Teluk Arab. Norfolk, Virginia. kapal induk yang berbasis dan Carrier Air Wing Seven (CVW-7) yang ditumpanginya sedang dikerahkan untuk mendukung Operasi Pembebasan Irak (OIF). Pesawat yang ditugaskan ke CVW-7
19:30
2 April 2024

Reaksi Para Pemimpin dan Aktivis yang Mengecam AS karena Mengirimkan Lebih Banyak Senjata ke Israel

Para pemimpin dunia dan aktivis mengecam Amerika Serikat karena mengirimkan lebih banyak senjata ke Israel.

Laporan media mengatakan AS telah setuju untuk mentransfer paket senjata baru senilai $2,5 miliar ke Israel di tengah perang Gaza yang sedang berlangsung.

Amerika Serikat telah memberi lampu hijau untuk mentransfer paket senjata baru senilai $2,5 miliar, yang terdiri dari bom dan jet tempur, ke Israel, menurut laporan media AS.

Meskipun menyatakan keprihatinan mengenai jatuhnya korban sipil di Gaza, paket senjata Gedung Putih mencakup lebih dari 1.800 bom MK84 seberat 2.000 pon (900kg) dan 500 bom MK82 seberat 500 pon (225kg), menurut pejabat Pentagon dan Departemen Luar Negeri, Washington Post melaporkan .

Bom seberat 2.000 pon, yang dapat menimbulkan kerusakan pada orang-orang hingga jarak 1.000 kaki (300 meter), telah dikaitkan dengan peristiwa korban massal sebelumnya selama kampanye militer Israel di Gaza, kata publikasi AS tersebut.

Banyak pemimpin dan aktivis hak asasi manusia di seluruh dunia mengkritik AS karena mengirim lebih banyak senjata ke Israel, terutama ketika pemerintahan Benjamin Netanyahu berjanji untuk melancarkan serangan di Rafah, tempat perlindungan terakhir bagi lebih dari satu juta pengungsi Palestina di Gaza.

Berikut adalah beberapa reaksi:

Kementerian Luar Negeri Palestina

Dalam sebuah pernyataan yang diposting di X, kementerian tersebut mengutuk tindakan Washington dan mengatakan bahwa “menuntut Netanyahu untuk berhenti membunuh warga sipil dan memasok senjata kepadanya adalah sebuah kontradiksi prinsip dan moral yang belum pernah terjadi sebelumnya”.

Kementerian juga menyatakan penyesalannya atas “kegagalan berkelanjutan” yang dilakukan Dewan Keamanan PBB dan Mahkamah Internasional (ICJ) dalam memastikan Israel menghormati keputusan mereka.

Mantan politisi Palestina

Hanan Daoud Ashrawi, politisi Palestina yang juga menjabat sebagai juru bicara resmi delegasi Palestina untuk proses perdamaian Timur Tengah, mengatakan tindakan Presiden AS Joe Biden sangat mencengangkan.

“Kemunafikan kata-kata hampa Biden dan air mata buaya terhadap ‘bencana kemanusiaan’ di Gaza sambil menghujani Israel dengan pasokan militer paling mematikan dan merusak yang mampu menghancurkan bangunan dan manusia dalam sekejap sungguh mencengangkan!” katanya dalam sebuah postingan di X.

Hanan Ashrawi

Kemunafikan kata-kata hampa Biden & air mata buaya terhadap “bencana kemanusiaan” di Gaza sambil menghujani Israel dengan pasokan militer paling mematikan dan merusak yang mampu menghancurkan bangunan & manusia dalam sekejap sungguh mencengangkan!

Amerika Kirim Lebih Banyak Bom

AS Telah Setuju Mengirim Lebih Banyak Bom dan Pesawat Tempur ke Israel.

Paket senjata baru tersebut mencakup lebih dari 1.800 bom MK84 seberat 2.000 pon dan 500 bom MK82 seberat 500 pon, kata sumber tersebut, yang membenarkan laporan di Washington Post.

Amerika Serikat dalam beberapa hari terakhir mengizinkan pengiriman bom dan jet tempur senilai miliaran dolar ke Israel, kata dua sumber yang mengetahui upaya tersebut pada hari Jumat, bahkan ketika Washington secara terbuka menyatakan keprihatinannya mengenai kemungkinan serangan militer Israel di Rafah.

Paket senjata baru tersebut mencakup lebih dari 1.800 bom MK84 seberat 2.000 pon dan 500 bom MK82 seberat 500 pon, kata sumber tersebut, yang membenarkan laporan di Washington Post.

Washington memberikan bantuan militer tahunan senilai $3,8 miliar kepada Israel, sekutu lamanya.

Paket tersebut muncul ketika Israel menghadapi kritik keras internasional atas kampanye pengeboman dan serangan darat yang terus berlanjut di Gaza dan ketika beberapa anggota partai Presiden Joe Biden menyerukan agar dia menghentikan bantuan militer AS.

Amerika Serikat telah mengerahkan pertahanan udara dan amunisi ke Israel, namun beberapa kelompok Demokrat dan Arab Amerika mengkritik dukungan teguh pemerintahan Biden terhadap Israel, yang menurut mereka memberikan rasa impunitas.

Biden pada hari Jumat mengakui kepedihan yang dirasakan oleh banyak orang Arab-Amerika atas perang di Gaza dan atas dukungan AS terhadap Israel dan serangan militernya.

Meski begitu, ia berjanji akan terus memberikan dukungan kepada Israel meskipun terjadi perselisihan publik dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Gedung Putih menolak berkomentar mengenai transfer senjata tersebut.

Kedutaan Besar Israel di Washington tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Keputusan mengenai senjata ini menyusul kunjungan Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant ke Washington minggu ini ketika ia membahas kebutuhan senjata Israel dengan rekan-rekannya di AS.

Berbicara kepada wartawan pada hari Selasa, Gallant, yang tampaknya berusaha meredakan ketegangan AS-Israel, mengatakan ia menekankan pentingnya hubungan AS terhadap keamanan negaranya dan menjaga “keunggulan militer kualitatif” Israel di kawasan, termasuk kemampuan udaranya.

Perang tersebut meletus pada 7 Oktober setelah militan Hamas menyerang Israel dan membunuh 1.200 orang serta menyandera 253 orang, menurut penghitungan Israel.

Israel membalas dengan melancarkan serangan udara dan darat terhadap Hamas di Jalur Gaza yang telah menewaskan lebih dari 32.000 orang, kata otoritas kesehatan di Gaza.

AS Disebut Munafik

Rencana pengiriman senjata AS ke Israel berupa bom penghancur seberat 2.000 pon dicap sebagai kemunafikan oleh Bernie Sanders ketika kritik meningkat.

Beberapa politisi mengecam rencana pasokan senjata AS ke Israel.

Bernie Sanders mengatakan AS tidak bisa “memohon” Israel untuk berhenti membom warga sipil dan kemudian terus memasok senjata.

Pemerintahan Biden telah mengesahkan paket baru jet tempur dan bom senilai miliaran dolar untuk Israel.

Paket senjata baru AS untuk Israel yang bernilai miliaran dolar dalam bentuk jet tempur dan bom menghadapi kritik besar dari beberapa politisi.

Pemerintahan Biden telah mengizinkan pengiriman lebih dari 1.800 bom seberat 2.000 pon ke Israel, The Washington Post melaporkan, mengutip pejabat Pentagon dan Departemen Luar Negeri yang tidak disebutkan namanya yang mengetahui masalah tersebut.

Senator Vermont Bernie Sanders menyebut tindakan tersebut "tidak senonoh" dalam sebuah postingan di X, sebelumnya Twitter, menulis:

"AS tidak bisa memohon kepada Netanyahu untuk berhenti membom warga sipil suatu hari nanti dan hari berikutnya mengiriminya ribuan bom lagi seberat 2.000 pon yang dapat meratakan seluruh blok kota."

"Ini tidak senonoh. Kita harus mengakhiri keterlibatan kita: Tidak ada lagi bom terhadap Israel," tambahnya.

Serangan Hamas pada 7 Oktober menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyebabkan sekitar 240 lainnya diculik dan disandera di Gaza.

Israel menanggapi serangan tersebut dengan serangan udara tanpa henti dan invasi darat ke wilayah tersebut. Lebih dari 32.000 warga Palestina sejauh ini telah terbunuh, Al Jazeera melaporkan.

Senator Oregon Jeff Merkley juga mempertimbangkan berita tersebut dalam sebuah postingan di X, dengan mengatakan bahwa langkah tersebut "salah dalam segala hal."

“Pemerintahan Biden tidak dapat secara kredibel mendorong peningkatan akses kemanusiaan ke Gaza sekaligus mengirimkan senjata yang sama seperti yang digunakan pemerintahan Netanyahu untuk membunuh warga Palestina yang tidak bersalah tanpa pandang bulu,” tulisnya.

Dalam sebuah pernyataan kepada The Post, seorang pejabat Gedung Putih mengatakan mereka "terus mendukung hak Israel untuk mempertahankan diri dan bahwa" pemberian bantuan bukanlah kebijakan kami.

Presiden Joe Biden pada hari Jumat mencatat kepedihan yang dirasakan oleh orang-orang Arab-Amerika atas konflik tersebut, dan mengatakan bahwa dia “hancur” oleh penderitaan tersebut, menurut Reuters.

Meski begitu, beberapa anggota Partai Republik dan Demokrat dengan tegas menentang penerapan persyaratan apa pun mengenai dukungan militer AS untuk Israel.

Dalam kolom untuk Washington Examiner, Perwakilan August Pfluger dan Don Davis, bersama dengan Presiden dan CEO Institut Yahudi untuk Keamanan Nasional Amerika Michael Makovsky, menulis bahwa "Amerika harus berdiri di samping mitranya ketika mereka menghadapi serangan biadab."

“Melakukan hal tersebut juga benar secara moral dan demi kepentingan AS,” tambah mereka.

Paket baru ini mencakup lebih dari 1.800 bom MK84 seberat 2.000 pon dan 500 bom MK82 seberat 500 pon, menurut The Post.

Situs web Collective Awareness to UXO (CAT-UXO), yang mengumpulkan informasi tentang alat peledak, mengatakan bom MK84 "dapat menembus logam hingga 15 inci (381 mm) atau beton setinggi 11 kaki (3,4 m).

Bom-bom semacam itu berpotensi menghancurkan wilayah yang luas dan menghancurkan bangunan-bangunan, sehingga menempatkan warga sipil di Jalur Gaza yang padat penduduknya dalam risiko bahaya yang serius.

Analisis yang dilakukan oleh The New York Times menemukan bahwa Israel sering menggunakan bom tersebut untuk menyerang sasaran di zona aman yang ditentukan di Gaza dalam enam minggu pertama konflik.

Bom lain dalam paket tersebut, MK82, adalah “bom jatuh bebas, serbaguna”, menurut situs web Angkatan Udara AS.

Ini adalah salah satu bom yang paling umum dijatuhkan di dunia, kata CAT-UXO.


Daftar Nama Bom Dikirim AS untuk Israel, 1 Bom Bisa Buat Kawah 15 Meter, Berikut Nama Bom dan Efek Ledakannya

AS diam-diam menyetujui untuk memasok lebih banyak senjata untuk Israel meski mereka mendapatkan penentangan dari Publik Amerika Serikat.

Amerika Serikat akan memasok senjata bom dan pesawat tempur untuk Israel, meski beberapa waktu lalu AS menentang rencana serangan ke Rafah.

Berikut senjata-senjata yang akan ditransfer Amerika Serikat untuk Israel yang sedang melakukan Genosida di Gaza:

- Lebih dari 1.800 bom MK-84 seberat 2.000 pon (925 kg)

- 500 bom MK-82 seberat 500 pon (227 kg)

- 25 pesawat tempur dan mesin F-35A senilai $2,5 miliar


Bom MK-84

Mark 84 atau BLU-117[7] adalah bom serba guna Amerika seberat 2.000 pon (900 kg). Ini adalah senjata terbesar dari seri Mark 80.

Memasuki layanan selama Perang Vietnam, bom ini menjadi bom berat terarah yang umum digunakan AS untuk dijatuhkan.

Pada saat itu, bom tersebut merupakan bom terbesar ketiga dalam inventaris AS di belakang bom "Daisy Cutter" BLU-82 seberat 15.000 pon (6.800 kg) dan bom "pembongkaran" M118 seberat 3.000 pon (1.400 kg).

Saat ini ukurannya berada di urutan keenam karena penambahan GBU-28 seberat 5.000 lb (2.300 kg) pada tahun 1991, bom Massive Ordnance Air Blast (MOAB) seberat 22.600 lb (10.300 kg) GBU-43/B pada tahun 2003, dan 30.000 lb (14.000 kg) Penetrator Persenjataan Besar-besaran.

Mark 84 memiliki bobot nominal 2.000 lb (907 kg), namun bobot sebenarnya bervariasi bergantung pada sirip, opsi bahan bakar, dan konfigurasi perlambatannya, dari 1.972 hingga 2.083 lb (894 hingga 945 kg).

Ini adalah casing baja ramping yang diisi dengan bahan peledak tinggi Tritonal seberat 945 lb (429 kg).

Bom MK 84 jarang digunakan oleh militer negara lain di perkotaan karena kekuatannya yang luar biasa. Efek kerusakan ledakannya, Mark 84 mampu membentuk kawah selebar 50 kaki (15 m) dan kedalaman 36 kaki (11 m).

Bom ini dapat menembus logam setinggi 15 inci (38 cm) atau beton setinggi 11 kaki (3,4 m), tergantung pada ketinggian jatuhnya, dan menyebabkan fragmentasi mematikan hingga radius 400 yard (370 meter).

Banyak Mark 84 telah dilengkapi dengan perangkat penstabil dan perlambatan untuk memberikan kemampuan panduan yang presisi.

Mereka berfungsi sebagai hulu ledak dari berbagai amunisi berpemandu presisi, termasuk bom berpemandu laser GBU-10/GBU-24/GBU-27 Paveway, bom elektro-optik GBU-15, GBU-31 JDAM dan ranjau laut Quickstrike. HGK adalah perangkat panduan Turki yang digunakan untuk mengubah bom Mark 84 seberat 2000 pon menjadi bom pintar berpemandu GPS/INS.

Menurut laporan pengujian yang dilakukan oleh Badan Peninjau Keamanan Bahan Peledak Sistem Senjata (WSESRB) Angkatan Laut Amerika Serikat yang didirikan setelah kebakaran USS Forrestal tahun 1967, waktu memasak untuk Mk 84 adalah sekitar 8 menit 40 detik.

Penggunaan dalam perang

Mk 84 meledak di Vietnam Utara, 1972, MK 84 digunakan oleh pasukan AS dalam Perang Vietnam, Perang Irak dan perang Afghanistan dan oleh Israel dalam Perang Gaza tahun 2014.

Menurut penyelidikan forensik oleh Human Rights Watch, bom MK 84 juga merupakan bagian dari intervensi pimpinan Saudi dalam perang saudara Yaman.

Pada tahun 2023 dan 2024, bom Mark 84 juga banyak digunakan selama perang Israel-Hamas.


Bom bom MK-82

Mark 82 adalah bom serbaguna berbobot rendah dan tidak terarah seberat 500 pon (227 kg), bagian dari seri Mark 80 Amerika Serikat.

Bahan pengisi bahan peledak biasanya tritonal, meskipun komposisi lain kadang-kadang juga digunakan.

Dengan berat nominal 500 lb (230 kg), ini adalah salah satu bom terkecil yang digunakan saat ini, dan salah satu senjata yang paling umum dijatuhkan dari udara di dunia.

Meskipun berat nominal Mk82 adalah 500 lb (230 kg), berat sebenarnya bervariasi tergantung konfigurasinya, dari 510 hingga 570 lb (230 hingga 260 kg).

Ini adalah casing baja ramping yang mengandung 192 lb (87 kg) bahan peledak tinggi Tritonal. Mk82 ditawarkan dengan berbagai kit sirip, bahan bakar, dan retarder untuk berbagai tujuan.

Mk82 adalah hulu ledak untuk bom berpemandu laser GBU-12 dan GBU-38 JDAM.

Saat ini hanya pabrik General Dynamics di Garland, Texas dan Nitro-Chem di Bydgoszcz, Polandia yang bersertifikat Departemen Pertahanan untuk memproduksi bom untuk Angkatan Bersenjata AS.

Mk82 saat ini sedang menjalani desain ulang kecil untuk memungkinkannya memenuhi persyaratan amunisi tidak sensitif yang ditetapkan oleh Kongres.

Menurut laporan pengujian yang dilakukan oleh Dewan Peninjau Keamanan Bahan Peledak Sistem Senjata Angkatan Laut Amerika Serikat yang didirikan setelah kebakaran USS Forrestal tahun 1967, waktu memasak untuk Mk82 adalah sekitar 2 menit 30 detik.

Pada bulan Agustus 2018, bom Mark 82 digunakan untuk serangan udara Dahyan. Para ahli amunisi mengkonfirmasi bahwa angka-angka di dalamnya mengidentifikasi Lockheed Martin sebagai pembuatnya dan bahwa Mk 82 tersebut adalah Paveway, sebuah bom berpemandu laser.

Selain bom Mark 84 yang lebih berat, bom Mark 82 juga dipasok untuk perang Israel-Hamas.

Dalam pengeboman tingkat rendah, ada kemungkinan bagi pesawat pengirim untuk mengalami kerusakan akibat ledakan dan efek fragmentasi dari amunisinya sendiri karena pesawat dan persenjataan tiba di sasaran hampir secara bersamaan.

Untuk mengatasi masalah ini, bom General-Purpose standar Mk82 dapat dilengkapi dengan unit sirip ekor tarik tinggi khusus.

Dalam konfigurasi ini, disebut sebagai Mk82 Snake Eye. Unit ekor memiliki empat sirip terlipat yang terbuka menjadi bentuk salib ketika bom dilepaskan, memperlambat bom dengan meningkatkan gaya hambat, sehingga memungkinkan pesawat pengantar melewati target dengan aman sebelum bom mengenainya.

Varian: - BLU-111/B, BLU-111/B, BLU-111A/B, BLU-126/B, BLU-129/B, Mark 62 Quickstrike Mine – Ranjau laut, Mark 82 Mod 7, MK82-T (Tendürek)


Pesawat Tempur F-35A

Lockheed Martin F-35 Lightning II adalah keluarga pesawat tempur multiperan siluman berkursi tunggal, bermesin tunggal, segala cuaca buatan Amerika Serikat yang dimaksudkan untuk melakukan misi superioritas udara dan serangan.

F-35 juga mampu memberikan kemampuan peperangan elektronik dan intelijen, pengawasan, dan pengintaian.

Lockheed Martin adalah kontraktor utama F-35, dengan mitra utama Northrop Grumman dan BAE Systems.

Pesawat ini memiliki tiga varian utama: lepas landas dan pendaratan konvensional untuk F-35A (CTOL), lepas landas pendek dan pendaratan vertikal untuk F-35B (STOVL), dan F-35C berbasis kapal induk (CV/CATOBAR).

Ilustrasi Pesawat siluman F-35A buatan Lockheed Martin (Lockheed Martin)
Sikap Mendua AS, Kritik Pembantaian Gaza oleh Israel tapi Terus Kirim Senjata dan Bom

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden diam-diam menyetujui untuk memasok lebih banyak senjata untuk Israel meskipun ada perselisihan publik.

Presiden Joe Biden mengkritik Israel atas pembantaian dan kelaparan warga Palestina di Gaza.

Gedung Putih diam-diam telah mengizinkan transfer bom dan pesawat tempur senilai miliaran dolar ke Israel, Washington Post melaporkan pada 30 Maret.

Pengiriman tersebut dilakukan menjelang invasi Israel ke Rafah di Gaza selatan yang akan mengancam kehidupan lebih dari satu juta warga sipil Palestina yang mengungsi yang berlindung di kota perbatasan yang terkepung.

Pengiriman senjata tersebut mencakup lebih dari 1.800 bom MK-84 seberat 2.000 pon dan 500 bom MK-82 seberat 500 pon, menurut pejabat Pentagon dan Departemen Luar Negeri.

Israel telah banyak menggunakan bom MK-84 seberat 2.000 pon untuk membunuh sejumlah besar warga sipil Palestina di Gaza, termasuk 100 warga sipil dalam satu serangan di kamp pengungsi Jabaliya pada tanggal 31 Oktober.

Bom MK 84 jarang digunakan oleh militer negara lain di perkotaan karena kekuatannya yang luar biasa.

Satu bom dapat menghancurkan seluruh blok kota dan meninggalkan lubang selebar 40 kaki (12 meter) di tanah.

Perang Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 32.000 warga Palestina dalam lima bulan terakhir, mayoritas perempuan dan anak-anak.

Departemen Luar Negeri juga mengizinkan transfer 25 pesawat tempur dan mesin F-35A senilai $2,5 miliar, kata para pejabat AS kepada Post.

“Kami terus mendukung hak Israel untuk mempertahankan diri,” seorang pejabat Gedung Putih sesumbar ketika berbicara tentang transfer tersebut. “Bantuan pengkondisian bukanlah kebijakan kami.”

Beberapa anggota Partai Demokrat mengkritik Presiden Joe Biden dan Menteri Luar Negeri Antony Blinken atas transfer senjata tersebut.

Biden dan Blinken secara terbuka mengkritik Perdana Menteri Benjamin Netanyahu atas pembunuhan massal warga sipil Palestina oleh Israel.

Namun meski ada kritik publik terhadap Netanyahu, Biden dan Blinken terus dengan antusias memfasilitasi aliran senjata.

“Pemerintahan Biden perlu menggunakan pengaruh mereka secara efektif dan, dalam pandangan saya, mereka harus menerima komitmen dasar ini sebelum memberikan lampu hijau untuk lebih banyak bom di Gaza,” kata Senator Chris Van Hollen, seorang Demokrat dari Maryland, dalam sebuah wawancara.

“Kita perlu mendukung apa yang kita katakan dengan apa yang kita lakukan.”

Persetujuan Biden yang berulang kali terhadap transfer senjata adalah pencabutan tanggung jawab moral, dan serangan terhadap supremasi hukum seperti yang kita ketahui, baik di tingkat domestik maupun internasional, kata Josh Paul, mantan pejabat Departemen Luar Negeri yang terlibat dalam transfer senjata yang mengundurkan diri sebagai protes atas kebijakan Biden di Gaza.

Israel akan mengandalkan sebagian senjata baru tersebut untuk menyerang Rafah, pintu masuk utama bantuan kemanusiaan bagi warga Gaza yang kelaparan akibat pengepungan Israel.

Pengiriman truk bantuan dalam jumlah besar diperlukan untuk mencegah kelaparan, namun Israel telah memberlakukan pembatasan ketat terhadap pengiriman bantuan ke Gaza, namun para pejabat AS menolak untuk menentangnya.

Invasi ke Rafah juga akan terbukti menjadi pertumpahan darah, kelompok bantuan telah memperingatkan, karena 1,3 juta warga Palestina yang berlindung di kota di Gaza selatan tidak memiliki tempat yang aman untuk dituju.

Presiden Biden dan para penasihatnya tidak melihat kontradiksi antara mengirimkan lebih banyak bom ke pemerintahan Netanyahu meskipun mereka mengabaikan tuntutan mereka sehubungan dengan Rafah dan memberikan lebih banyak bantuan kemanusiaan kepada orang-orang yang kelaparan, tambah Van Hollen.

“Jika ini adalah sebuah kemitraan, maka hal ini harus bersifat dua arah.”

Bernilai Miliaran Dolar

Amerika dalam beberapa hari terakhir mengizinkan pengiriman bom dan jet tempur senilai miliaran dolar ke Israel, kata dua sumber yang mengetahui upaya tersebut pada hari Jumat, bahkan ketika Washington secara terbuka menyatakan kekhawatirannya mengenai kemungkinan serangan militer Israel di Rafah.

Paket senjata baru tersebut mencakup lebih dari 1.800 bom MK84 seberat 2.000 pon dan 500 bom MK82 seberat 500 pon, kata sumber tersebut, yang membenarkan laporan di Washington Post.

Washington memberikan bantuan militer tahunan senilai $3,8 miliar kepada Israel, sekutu lamanya.

Paket tersebut muncul ketika Israel menghadapi kritik keras internasional atas kampanye pengeboman dan serangan darat yang terus berlanjut di Gaza dan ketika beberapa anggota partai Presiden Joe Biden menyerukan agar dia menghentikan bantuan militer AS.

Amerika Serikat telah mengerahkan pertahanan udara dan amunisi ke Israel, namun beberapa kelompok Demokrat dan Arab Amerika mengkritik dukungan teguh pemerintahan Biden terhadap Israel, yang menurut mereka memberikan rasa impunitas.

Biden pada hari Jumat mengakui “kepedihan yang dirasakan” oleh banyak orang Arab-Amerika atas perang di Gaza dan atas dukungan AS terhadap Israel dan serangan militernya.

Meski begitu, ia berjanji akan terus memberikan dukungan kepada Israel meskipun terjadi perselisihan publik dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Gedung Putih menolak berkomentar mengenai transfer senjata tersebut.

Kedutaan Besar Israel di Washington tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Keputusan mengenai senjata ini menyusul kunjungan Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant ke Washington minggu ini ketika ia membahas kebutuhan senjata Israel dengan rekan-rekannya di AS.

Berbicara kepada wartawan pada hari Selasa, Gallant, yang tampaknya berusaha meredakan ketegangan AS-Israel, mengatakan ia menekankan pentingnya hubungan AS terhadap keamanan negaranya dan menjaga “keunggulan militer kualitatif” Israel di kawasan, termasuk kemampuan udaranya.

Perang tersebut meletus pada 7 Oktober setelah militan Hamas menyerang Israel dan membunuh 1.200 orang serta menyandera 253 orang, menurut penghitungan Israel.

Israel membalas dengan melancarkan serangan udara dan darat terhadap Hamas di Jalur Gaza yang telah menewaskan lebih dari 32.000 orang, kata otoritas kesehatan di Gaza.

(Sumber: Al Jazeera, Bussines Insider, The Cradle, Reuters)

Tag:  #reaksi #para #pemimpin #aktivis #yang #mengecam #karena #mengirimkan #lebih #banyak #senjata #israel

KOMENTAR