Popularitas Marwan Barghouti Melonjak di Kalangan Warga Palestina, Israel Menentang Pembebasannya
Seorang pria mengangkat plakat yang menampilkan pemimpin Fatah Marwan Barghouti yang dipenjara, di luar markas besar Komite Palang Merah Internasional di kota Ramallah di Tepi Barat yang diduduki, pada 2 Agustus 2022. 
17:50
26 Maret 2024

Popularitas Marwan Barghouti Melonjak di Kalangan Warga Palestina, Israel Menentang Pembebasannya

Israel dan sekutunya menentang pembebasan pemimpin populer Palestina bernama Marwan Barghouti.

Marwan Barghouti, pemimpin gerakan Fatah yang mungkin jadi calon presiden Palestina masa depan.

Dalam jajak pendapat baru-baru ini, Marwan Barghouti terbukti memiliki popularitas yang melonjak di kalangan warga Palestina.

Nama pemimpin gerakan Fatah yang dipenjara oleh Israel, Marwan Al-Barghouti, kini menjadi pusat perhatian. Dia mungkin akan menjadi salah satu tahanan yang dilepaskan dalam kesepakatan pertukaran sandera antara Israel dan Hamas.

Nama Barghouti bahkan telah muncul sebagai calon potensial presiden Otoritas Palestina.

Kelompok Hamas yang menyandera warga Israel usai serangan 7 Oktober lalu menegaskan bahwa Barghouti harus dibebaskan dalam kesepakatan baru tentang pertukaran tahanan dan sandera.

Osama Hamdan, seorang pemimpin Palestina di Hamas, mengatakan kepada BBC News Arab, "Sebagai sebuah gerakan, kami telah mengambil posisi jelas yang kami pegang, yaitu pembebasan semua napi dan tahanan di penjara-penjara pendudukan [Israel] tanpa kecuali."

Washington dilaporkan menentang kemungkinan pembebasan pemimpin Fatah Marwan al-Barghouti karena tekanan Israel terhadap AS terkait masalah tersebut.

Barghouti saat ini ditahan di penjara Megiddo Israel dan dipenjarakan sejak tahun 2002, tahun kedua Intifada Kedua. Dia adalah pendukung operasi bersenjata Fatah melawan Israel dan dihukum karena pembunuhan.

“AS, Israel, dan Otoritas Palestina [PA] memiliki posisi yang sama terhadap Barghouti, dan tidak ingin membebaskannya sebagai bagian dari kesepakatan pertukaran tahanan antara Hamas dan pendudukan,” sumber informasi mengatakan kepada Arab21 pada 24 Maret.

Hamas sebelumnya menuntut pembebasan Barghouti sebagai bagian dari kesepakatan pertukaran dengan Israel.

Menurut pengamat yang dikutip oleh outlet tersebut, Presiden PA Mahmoud Abbas khawatir akan terjadi “polarisasi parah” dalam gerakan Fatah jika Barghouti dibebaskan – mengingat popularitasnya di kalangan warga Palestina.

Barghouti dilaporkan menghadapi ancaman langsung di penjara Israel, sehingga membuat beberapa orang takut akan keselamatan nyawanya.

Kepala Otoritas Tahanan dan Mantan Tahanan Palestina, Qaddoura Fares, baru-baru ini menjadi sasaran beberapa serangan fisik.

Dia menambahkan bahwa 13 tahanan Palestina telah dibunuh di dalam penjara Israel sejak 7 Oktober dan ada kekhawatiran nyata terhadap kehidupan Marwan Barghouti, yang mungkin mengalami nasib yang sama jika serangan ini terus berlanjut.

Jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan bahwa popularitas Barghouti melonjak di kalangan warga Palestina.

Sebuah jajak pendapat yang dirilis pada tanggal 20 Maret – yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Kebijakan dan Survei Palestina (PCPSR) – menyatakan bahwa jika terjadi pemilu hipotetis, Barghouti akan memenangkan mayoritas dukungan dari warga Palestina.

“Dalam pemilihan presiden melawan presiden saat ini Mahmoud Abbas dan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh, Barghouti memenangkan mayoritas peserta pemilu. Dalam persaingan dua arah antara Barghouti dan Haniyeh, Barghouti menang dengan lebih dari 60 persen pemilih yang berpartisipasi. Temuan ini menunjukkan kenaikan 11 poin dalam suara Barghouti di kalangan pemilih dan penurunan 8 poin dalam suara Haniyeh,” demikian bunyi jajak pendapat tersebut.

Meskipun AS menentang pembebasan Barghouti, media Barat menggambarkan Barghouti – seorang pendukung solusi dua negara – sebagai sosok yang penting bagi perdamaian masa depan antara Israel dan Palestina.

Laporan Arab21 muncul ketika Washington mendorong gagasan “reformasi” Otoritas Palestina untuk mengambil kendali administratif atas Gaza pascaperang, yang pada akhirnya akan menghasilkan solusi dua negara.

Hamas menyebut inisiatif tersebut sebagai “konspirasi gagal yang tidak akan membuahkan hasil.”

Menurut jajak pendapat PCPSR, warga Palestina hanya menunjukkan sedikit dukungan terhadap rencana tersebut.

Hanya tiga belas persen responden yang memilih PA dengan Abbas sebagai pemimpinnya, dan 11 persen memilih PA tanpa Abbas.

Sebagai perbandingan, sekitar 60 persen responden setuju bahwa Hamas akan menjadi pilihan utama dalam memerintah Gaza.

(Sumber: The Cradle)

Tag:  #popularitas #marwan #barghouti #melonjak #kalangan #warga #palestina #israel #menentang #pembebasannya

KOMENTAR