Demo Besar-besaran di Jepang, Perusahaan Logistik Raksasa Putus Kontrak 25 Ribu Kurir Pengiriman
Para karyawan kontrak melakukan unjuk rasa di depan kantor pusat Yamato Transport di Tokyo tanggal 9 Januari lalu. 
16:40
13 Januari 2024

Demo Besar-besaran di Jepang, Perusahaan Logistik Raksasa Putus Kontrak 25 Ribu Kurir Pengiriman

- Yamato Transport Jepang, perusahaan logistik besar di Jepang, akan mengakhiri kontrak sekitar 25.000 pemilik tunggal yang bertugas atas pengiriman barang pada akhir bulan Januari ini.

Akibatnya, pekerja pengiriman dan serikat pekerja melakukan protes dan berunjuk rasa massal, menuntut pembatalan upaya pemutusan kontrak tersebut baru-baru ini.

Yamato Transport akan mengakhiri kontrak konsinyasi dengan sekitar 25.000 kurir pemilik tunggal yang mengirimkan surat langsung pada akhir bulan ini, karena mempercayakan operasi pengiriman seperti surat langsung ke Japan Post.

Menanggapi hal ini, pada tanggal 9 Januari, hampir 100 orang, termasuk mereka yang terlibat dan serikat pekerja yang mendukung protes tersebut, berkumpul di depan markas Yamato Transport di Tokyo dan mengangkat suara mereka sebagai protes yang menyerukan penarikannya.

Menurut serikat pekerja, perusahaan menolak untuk melakukan tawar-menawar secara kolektif karena "pemilik tunggal bukan pekerja di bawah hukum,".

Para pihak yang kontraknya diputus ini dilaporkan telah mengajukan petisi untuk bantuan kepada Komisi Tenaga Kerja Metropolitan Tokyo.

Hirozumi Takamoto (74), yang telah membantu Yamato Transport di Tokyo selama lebih dari 25 tahun sebagai pemilik tunggal, mengatakan, "Saya bangga dengan pengiriman dan telah bekerja keras, tetapi sangat disayangkan bahwa kini saya telah dikhianati oleh mereka."

Kento Yamauchi dari serikat pekerja Kenko Workers, mengatakan, "Orang-orang yang mengantarkan adalah orang-orang yang telah dimasukkan ke dalam bisnis sebagai tenaga kerja yang sangat diperlukan, dan pada kenyataannya mereka adalah pekerja yang baik serta bersemangat. Ada banyak orang yang mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan setelah bulan depan, dan saya ingin perusahaan mendengarkan suara mereka."

Mengenai protes tersebut, Yamato Transport berkomentar, "Kami akan terus menanggapi dengan tulus semua suara yang masuk."

Sementara itu bagi para UKM Handicraft dan pecinta Jepang yang mau berpameran di Tokyo dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: [email protected] Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsappnya.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom

Tag:  #demo #besar #besaran #jepang #perusahaan #logistik #raksasa #putus #kontrak #ribu #kurir #pengiriman

KOMENTAR