Tidak Ada Tanda Gencatan Senjata, Masyarakat Israel dan Palestina Khawatir Menjelang Bulan Ramadhan
Para pria berdoa di kompleks al-Aqsa, yang juga dikenal oleh orang Yahudi sebagai Temple Mount pada Selasa lalu. Sumber Foto: Ammar Awad/Reuters
16:36
10 Maret 2024

Tidak Ada Tanda Gencatan Senjata, Masyarakat Israel dan Palestina Khawatir Menjelang Bulan Ramadhan

Awal bulan ini, penghentian permusuhan antara Palestina dan Israel sebelum bulan suci Islam tampaknya mungkin terjadi.

Dilansir dari The Guardian, namun harapan tersebut memudar sejak perundingan tidak langsung di Kairo berakhir tanpa kemajuan pada pekan lalu.

Pada hari Jumat, Presiden Joe Biden mengatakan kesepakatan antara Hamas dan Israel sekarang tampak sulit, dan ketika ditanya apakah dia khawatir dengan kekerasan di Yerusalem, dia berkata, “Saya yakin.”

Setiap tahunnya, Ramadhan menyoroti kontrol Israel atas kompleks di Kota Tua Yerusalem yang dikenal sebagai al-Haram al-Sharif bagi umat Islam dan Temple Mount untuk umat Yahudi,

Masjid ini merupakan tempat tersuci ketiga dalam Islam, setelah Mekah dan Madinah, lokasinya hampir bersebelahan dengan Masjid Al-Aqsa.

Penggerebekan polisi terhadap masjid pada tahun 2022 dan 2023 disebut oleh Hamas sebagai alasan serangan tanggal 7 Oktober, mereka menyebut sebagai operasi banjir al-Aqsa.

Organisasi Islam militan tersebut berupaya memobilisasi warga Palestina dan Muslim di seluruh dunia terkait masalah akses selama Ramadhan.

Dalam pernyataan video yang dipublikasikan di saluran Telegram pada hari Jumat, Abu Obeida, juru bicara sayap militer Hamas, menyebut Ramadhan sebagai bulan kemenangan, bulan jihad.

“Kami menyerukan rakyat kami untuk berbaris ke Yerusalem untuk berdoa di masjid dan menghentikan pendudukan untuk mencapai tujuannya dalam mengendalikan dan memecah belah. Masjid Al-Aqsa adalah milik kami,” tambahnya.

Awal bulan ini, Ismail Haniyeh, pemimpin politik Hamas di pengasingan di Qatar, mendesak kelompok-kelompok Islam di Timur Tengah untuk meningkatkan serangan terhadap Israel selama Ramadhan.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #tidak #tanda #gencatan #senjata #masyarakat #israel #palestina #khawatir #menjelang #bulan #ramadhan

KOMENTAR