Shehbaz Sharif Resmi Ditunjuk jadi Perdana Menteri Pakistan yang Baru
Shehbaz Sharif (tengah) berbicara dengan media sebelum menghadiri sidang di luar gedung Mahkamah Agung di Islamabad pada 7 April 2022. Kini, Shehbaz Sharif resmi dilantik sebagai perdana menteri Pakistan berikutnya. 
19:00
3 Maret 2024

Shehbaz Sharif Resmi Ditunjuk jadi Perdana Menteri Pakistan yang Baru

Penantian lama rakyat Pakistan terkait siapa Perdana Menteri mereka yang baru akhirnya terjawab.

Setelah berlangsungnya pemilu yang dipenuhi dengan tuduhan kecurangan dan ketidakberesan, pada hari Minggu (3/3/2024), Shehbaz Sharif resmi dilantik sebagai perdana menteri Pakistan berikutnya.

Sharif, yang berasal dari partai Pakistan Muslim League Nawaz (PML-N), adalah kandidat yang diusung oleh koalisi delapan partai baru,

Koalisi tersebut, terbentuk setelah tidak ada satu partai pun yang berhasil memenangkan mayoritas mutlak dalam pemilihan pada tanggal 8 Februari 2024 lalu.

Pada pertemuan Majelis Nasional yang baru terpilih pada hari Minggu, Sharif menang melawan Omer Ayub, yang merupakan kandidat dari partai Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI)

PTI sendiri adalah partai dari mantan perdana menteri Imran Khan yang sekarang akan menjadi oposisi di parlemen.

Sharif adalah adik laki-laki dari mantan perdana menteri sebanyak tiga kali, Nawaz Sharif, dan pernah menjabat sebagai perdana menteri sekali sebelumnya

Nawaz sebelumnya menjabat dari April 2022 hingga Agustus 2023, setelah Khan digulingkan dari kekuasaan.

Dalam pidato kemenangannya, Sharif berterima kasih kepada kakaknya Nawaz, menyatakan bahwa dialah "orang yang membangun Pakistan".

Pemilihan Sharif sebagai perdana menteri datang setelah berminggu-minggu perdebatan dan tawar-menawar politik, menyusul pemilihan Februari yang kontroversial.

PTI menantang serangan keras untuk memenangkan kursi terbanyak dalam pemilihan, tetapi tidak cukup untuk membentuk mayoritas mutlak.

Dalam beberapa hari berikutnya, PML-N - yang secara luas diharapkan akan memenangkan setelah mendapat dukungan tersirat dari militer Pakistan yang kuat mulai bernegosiasi dengan partai Pakistan People's party (PPP) dan partai-partai lainnya.

Aliansi ini dibentuk sebagai kekuatan pemerintahan mayoritas yang dapat menjauhkan PTI dari kekuasaan.

Melalui perundingan tersebut, koalisi PML-N sepakat bahwa Sharif akan menjabat sebagai perdana menteri sementara wakil ketua PPP Asif Ali Zadari akan menjadi presiden.

Partai-partai kecil lainnya yang bergabung dalam koalisi akan diberikan pos-pos kabinet.

Khan dan kandidat yang berafiliasi dengan PTI telah menuduh bahwa kecurangan meluas terjadi selama pemilihan dan bahwa puluhan kursi yang mereka menangkan telah dicuri dan diberikan kepada PML-N dan partai lainnya.

Mereka telah menantang banyak kasus tersebut dengan komisi pemilihan dan di pengadilan.

Seorang pejabat pemilihan senior juga secara publik mengatakan bahwa dia telah "ditekan" untuk mengubah suara yang diberikan kepada kandidat yang berafiliasi dengan PTI, meskipun kemudian dia menarik pernyataannya setelah ditangkap.

Gohar Khan, yang memimpin PTI saat Khan berada di penjara, mengatakan bahwa partai tersebut tidak akan boikot proses tersebut dan malah akan menggunakan kehadirannya sebagai oposisi untuk memprotes apa yang dijelaskan sebagai "pencurian mandat".

Selama pemungutan suara pada hari Minggu, anggota parlemen yang didukung oleh PTI mengangkat poster Imran Khan, yang saat ini menjalani hukuman lebih dari 10 tahun di penjara dalam kasus yang partainya klaim sebagai motif politik, dan berteriak "azadi", yang berarti kebebasan.

Mereka menyebut, pemerintahan koalisi baru sebagai "koalisi pecundang" dan, ketika Sharif memberikan pidato kemenangannya, terdengar teriakan "pencuri" dari pihak PTI.

Pemilihan Shehbaz Sharif sebagai perdana menteri dan penunjukan Zardari sebagai presiden menandai dominasi berlanjut dari dua dinasti politik - Sharif dan Bhutto - yang telah memegang kekuasaan di antara mereka selama beberapa dekade.

Nawaz Sharif pertama kali menjadi perdana menteri pada tahun 1990 dan menjabat dua periode setelahnya, yang terakhir dimulai pada tahun 2013.

(Tribunnews.com/Bobby Wiratama)

Editor: Suci BangunDS

Tag:  #shehbaz #sharif #resmi #ditunjuk #jadi #perdana #menteri #pakistan #yang #baru

KOMENTAR