Presiden Turki Erdogan Murka Pabrik Jet Tempurnya Diserang Teroris, Putin Ungkapkan Belasungkawa
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menghadiri upacara peluncuran pipa gas TurkStream, di Istanbul, Turki pada 8 Januari 2020. - Pabrik Turkish Aerospace Industries atau Industri Dirgantara Turki (TUSAS) di Ankara diberondong tembakan pada Rabu (23/10/2024). Pada saat serangan itu terjadi, Erdogan tidak berada di Turki. Ia saat ini sedang mengadakan pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow. 
14:50
24 Oktober 2024

Presiden Turki Erdogan Murka Pabrik Jet Tempurnya Diserang Teroris, Putin Ungkapkan Belasungkawa

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan murka, pabrik jet tempurnya di Ankara diserang oleh teroris.

Pabrik Turkish Aerospace Industries atau Industri Dirgantara Turki (TUSAS) di Ankara diberondong tembakan pada Rabu (23/10/2024).

Pada saat serangan itu terjadi, Erdogan tidak berada di Turki.

Ia saat ini sedang mengadakan pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow.

Mendengar situasi yang terjadi di negaranya, Erdogan mengutuk apa yang disebutnya sebagai “serangan teroris yang keji”, lapor Anadolu.

Menteri Dalam Negeri Ali Yerlikaya, mengumumkan setidaknya lima orang tewas dan 22 lainnya terluka, dikutip dari Yeni Safak.

Yerlikaya mengumumkan 2 teroris berhasil dilumpuhkan.

Diduga serangan tersebut terkait dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK).


"Kemungkinan besar terkait dengan apa yang dilakukan PKK, ini penilaian kami. Kami akan membagikan identifikasi dan bukti lainnya setelah menjadi jelas," jelasnya, seperti dikutip dari Milliyet.

Turki Berduka

Tak sedikit politisi Turki dan pemimpin dunia mengutuk serangan itu.

Pemimpin oposisi Turki Ozgur Ozel dari Partai Rakyat Republik (CHP) merilis pernyataan yang mengutuk serangan itu dan “mengutuk terorisme, tidak peduli siapa atau dari mana asalnya”.

Partai DEM yang pro-Kurdi juga mengutuk serangan tersebut, dengan mengatakan, “sangat penting bahwa serangan tersebut terjadi tepat ketika masyarakat Turki sedang membicarakan solusi dan kemungkinan dialog” dengan PKK.

Putin Sampaikan Belasungkawa

Putin pun ikut menyampaikan ucapan belasungkawa kepada Erdogan terkait dengan serangan teror pada awal pertemuan mereka di Kota Kazan, Rusia.

Keduanya bertemu di sela-sela pertemuan puncak BRICS negara-negara pasar berkembang utama yang beranggotakan Brasil, Rusia, India, Tiongkok, dan Afrika Selatan.

"NATO mendukung sekutu kami, Turki," kata kepala aliansi, Mark Rutte, dalam sebuah posting di X. "Kami mengutuk keras terorisme dalam segala bentuknya dan memantau perkembangannya dengan saksama," tambahnya.

Ibu kota negara-negara Barat, termasuk Brussels dan Berlin, telah mengutuk serangan tersebut.

Serangan itu terjadi saat pameran dagang utama untuk industri pertahanan dan kedirgantaraan berlangsung di Istanbul, yang dikunjungi minggu ini oleh diplomat tinggi Ukraina.

TUSAS merupakan salah satu perusahaan pertahanan dan penerbangan terpenting di Turki.

Perusahaan ini memproduksi KAAN, pesawat tempur nasional pertama di negara tersebut, di antara proyek-proyek lainnya.

Sektor pertahanan Turki, yang dikenal luas dengan drone Bayraktar, menyumbang hampir 80 persen dari pendapatan ekspor negara itu dengan pendapatan yang diharapkan mencapai $10,2 miliar pada tahun 2023.

lihat fotoTeroris Serang Markas Besar Industri Dirgantara Turki, 5 Orang Jadi Martir, 22 Lainnya Terluka Teroris Serang Markas Besar Industri Dirgantara Turki, 5 Orang Jadi Martir, 22 Lainnya Terluka

Apa itu Partai Pekerja Kurdistan (PKK)?

Partai Pekerja Kurdistan (PKK) adalah organisasi yang didirikan pada tahun 1978. Awalnya, PKK adalah gerakan untuk hak-hak dan kebebasan etnis Kurdi di Turki.

PKK dikenal karena perjuangannya melawan pemerintah Turki, yang dianggap mengekang hak-hak Kurdi.

Sejak tahun 1984, PKK terlibat dalam konflik bersenjata dengan militer Turki, yang telah menewaskan banyak orang dari kedua belah pihak.

PKK dianggap sebagai organisasi teroris oleh Turki, Amerika Serikat, dan Uni Eropa, meskipun mereka juga memiliki dukungan dari beberapa kelompok yang memperjuangkan hak-hak Kurdi.

Seiring berjalannya waktu, ada juga upaya untuk melakukan dialog dan negosiasi damai, tetapi konflik masih berlangsung dengan fluktuasi intensitas.

Isu yang terkait dengan PKK sering kali kompleks, melibatkan politik, identitas etnis, dan hak asasi manusia di kawasan tersebut.

Kronologi Serangan  Industri Dirgantara Turki

Rekaman kamera keamanan dari serangan yang disiarkan oleh stasiun penyiaran, memperlihatkan seorang pria berpakaian sipil membawa ransel.

Pelaku terlihat memegang senapan serbu dan memasuki gedung TUSAS.

Rekaman itu juga memperlihatkan seorang wanita membawa senjata.

Tayangan televisi menunjukkan kerusakan di gerbang dan pertukaran tembakan di area parkir.

Saksi Mata

Saksi mata melaporkan bahwa mereka mendengar ledakan dan tembakan ketika para karyawan mulai meninggalkan gedung tersebut.

Proses evakuasi karyawan di kompleks TUSAS kemudian dimulai, dengan bus-bus diizinkan meninggalkan lokasi setelah operasi berakhir.

Gambar yang beredar memperlihatkan ambulans dan helikopter tiba di tempat kejadian untuk mengevakuasi korban.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Editor: Sri Juliati

Tag:  #presiden #turki #erdogan #murka #pabrik #tempurnya #diserang #teroris #putin #ungkapkan #belasungkawa

KOMENTAR