AS dan Negara Arab Rancang Pendirian Negara Palestina
Pengunjuk rasa mengibarkan bendera Palestina saat berunjuk rasa menuntut gencatan senjata segera di Jalur Gaza. [Dok.Antara]
13:00
19 Februari 2024

AS dan Negara Arab Rancang Pendirian Negara Palestina

Amerika Serikat (AS) dan beberapa negara Arab aktif terlibat menyusun rencana pendirian negara Palestina. Kabar itu dilaporkan media AS pada Jumat (16/2/2024).

Menurut sejumlah pejabat AS dan Arab kepada The Washington Post, ada urgensi untuk menyelesaikan rencana tersebut demi terciptanya perdamaian jangka panjang antara Israel dan Palestina.

Berbagai upaya sedang dilakukan untuk menentukan kerangka waktu bagi pendirian negara Palestina, dan pengumumannya kemungkinan akan dilakukan dalam beberapa pekan mendatang.

Laporan media AS itu mengklaim bahwa gencatan senjata dan negosiasi pembebasan sandera antara Israel dan Hamas juga termasuk dalam rencana tersebut.

Disebutkan pula bahwa gencatan senjata awal selama enam pekan diharapkan dapat memfasilitasi pengumuman rencana ini, menggalang dukungan, dan memulai langkah-langkah pendahuluan.

Menurut Post, para pejabat AS telah mengisyaratkan kemungkinan untuk mengakui negara Palestina itu dan menekankan bahwa pengakuan tersebut bisa menjadi sinyal adanya pendekatan baru terhadap upaya perdamaian di kawasan itu. (Antara)

Editor: Riki Chandra

Tag:  #negara #arab #rancang #pendirian #negara #palestina

KOMENTAR