Media Asing Sorot Pilpres 2024, AS dan China Cermati Calon Pemimpin Baru Indonesia
Media Asing Sorot Pilpres 2024. - Media asing ramai-ramai soroti Pemilihan Presiden (Pilpres) Republik Indonesia (RI) yang digelar pada Rabu (14/2/2024) serentak di seluruh negeri. 
16:00
14 Pebruari 2024

Media Asing Sorot Pilpres 2024, AS dan China Cermati Calon Pemimpin Baru Indonesia

Media asing ramai-ramai soroti Pemilihan Presiden (Pilpres) Republik Indonesia (RI) yang digelar pada Rabu (14/2/2024) serentak di seluruh negeri.

Ada tiga Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang ikut serta dalam pesta demokrasi tahun ini.

Di antaranya yakni, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dengan nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mohammad Mahfud Mahmodin atau dikenal dengan Mahfud MD dengan nomor urut 3.

Mata internasional, terutama Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok dengan cermat mengawasi sosok calon pemimpin baru yang akan memerintah Indonesia lima tahun mendatang.

Media Asing Sorot Pilpres 2024, AS dan China Cermati Calon Pemimpin Baru Indonesia

  • The Guardian

    Media Inggris, The Guardian memberi judul laporan mereka: Indonesia election: president criticised over alleged interference on behalf of Prabowo.

    Terjemahan: Pemilu Indonesia: presiden dikritik atas dugaan campur tangan atas nama Prabowo

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadapi kritik yang meluas di akhir masa pemerintahannya.

    Jokowi diduga kuat turut campur tangan dalam pemilihan umum (Pemilu) yang digelar 14 Februari 2024.

    Lebih dari 200 juta orang berhak memilih dalam pilpres 2024 ini.

    Muncul kegelisahan di kalangan kelompok masyarakat sipil dan berbagai kelompok lainnya bahwa Jokowi berusaha mempertahankan pengaruhnya bahkan setelah ia meninggalkan jabatannya.

  • Laporan CNN, berjudul: Voting begins in Indonesia with more than 200 million heading to the polls. Here’s what you need to know

    Terjemahan: Pemungutan suara dimulai di Indonesia dengan lebih dari 200 juta orang menuju tempat pemungutan suara. Inilah yang perlu Anda ketahui

    Menyelenggarakan pemungutan suara di negara kepulauan terbesar di dunia ini merupakan sebuah upaya besar.

    Negara ini lebih luas dari Amerika Serikat dan melintasi tiga zona waktu.

    Wilayah ini terdiri dari lebih dari 18.000 pulau dan pulau kecil, 6.000 di antaranya berpenghuni, dan lebih dari 150 bahasa digunakan di seluruh wilayahnya.

  • VOA

    VOA memberi judul laporan mereka: Indonesia's Election 2024: What You Need to Know

    Terjemahan: Pemilu Indonesia 2024: Yang Perlu Diketahui

    "Persaingan tiga capres mungkin akan berakhir pada putaran kedua bulan Juni sebelum negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia ini memilih pengganti Presiden Joko Widodo," lapor VOA.

  • Reuters

    Reuters memberi judul laporannya dengan: Indonesia election 2024: Dates, candidates and key issues

    Terjemahan: Pemilu Indonesia 2024: Tanggal, kandidat, dan isu-isu utama

    Menurut laporan Reuters, survei secara konsisten menunjukkan bahwa Prabowo adalah kandidat yang harus dikalahkan, dengan keunggulannya mencapai sekitar 28 poin dalam jajak pendapat yang dirilis akhir pekan lalu oleh Indikator Politik dan Lembaga Pengawasan Indonesia.

    Diproyeksikan dia memenangkan mayoritas dengan dukungan masing-masing 51,8 persen dan 51,9 persen.

    Ganjar dan Anies sering bersaing ketat, namun survei terbaru menunjukkan Anies sedikit menjauh, meski masih terpaut jauh dari Prabowo.

  • South China Morning Post

    Media China, melaporkan situasi pilpres Indonesia dengan judul: Explainer | Indonesia election 2024: everything you need to know about the world’s largest single-day vote

    Terjemahan: Penjelasan | Pemilu Indonesia 2024: semua yang perlu Anda ketahui tentang pemilu satu hari terbesar di dunia

    SCMP menyoroti Prabowo Subianto, yang telah tiga kali mencalonkan diri sebagai presiden.

    Sistem pemilu di Indonesia juga dibahas dalam laporan SCMP.

    Tempat Pemungutan Suara (TPS) terbagi di tiga zona waktu berbeda, dibuka pada pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB.

    "Hari pemilu di Indonesia menjadi hari libur umum, sehingga kemungkinan besar jumlah pemilih akan tinggi," tulis SCMP.

    Berdasarkan data dari Komisi Pemilihan Umum Indonesia, pada pemilu tahun 2019, sedikitnya 81 persen pemilih ikut serta.

    Warga negara berusia 17 tahun ke atas diperbolehkan memilih.

    Tahun ini, 52 persen pemilih terdaftar berusia di bawah 40 tahun, dan hampir sepertiga dari seluruh pemilih berusia di bawah 30 tahun, sehingga mendekati kelompok pemuda telah menjadi prioritas bagi ketiga kandidat.

    Untuk memberikan indikasi awal mengenai hasil pemilu, TPS di Indonesia menggunakan metode pengambilan sampel quick count.

    Berdasarkan pemilu sebelumnya, hasil pemilu untuk presiden baru Indonesia diperkirakan akan diumumkan pada malam tanggal 14 Februari.

    Jika tidak ada kandidat yang melampaui ambang batas untuk memenangkan pemilu besok, putaran kedua akan diadakan pada tanggal 26 Juni antara dua kandidat yang memperoleh suara tertinggi pada putaran pertama.
  • Channel News Asia

    Channel News Asia melaporkan Pilpres 2024 dengan judul: Indonesia Elections 2024: How the 'Jokowi effect' has influenced the electoral landscap

    Terjemahan: Pemilu Indonesia 2024: Bagaimana 'efek Jokowi' mempengaruhi lanskap pemilu

    Hampir mirip dengan laporan The Guardian, berita CNA lebih menyoroti sosok Jokowi.

    "Secara konstitusional, Jokowi dilarang mencalonkan diri untuk masa jabatan ketiga, namun ia muncul sebagai penentu dalam pemilihan presiden," terang CNA.

    Sebuah jajak pendapat pada akhir bulan Januari menunjukkan bahwa dia mendapat dukungan sekitar 80 persen – sebuah tanda persetujuan yang mengesankan untuk presiden yang akan segera mengakhiri masa jabatannya.

    Popularitas dan pengikut setianya memberinya modal politik untuk menyeimbangkan kandidat dalam pemilu, kata para pengamat.

    Kritikus menuduh Jokowi membangun dinasti politik setelah Mahkamah Konstitusi membuka jalan bagi putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka untuk ikut serta dalam pemilu.

    Pengadilan pada bulan Oktober lalu memutuskan bahwa usia minimum 40 tahun bagi calon presiden dan wakil presiden Indonesia tidak berlaku bagi pemimpin daerah terpilih.

    Hal ini memungkinkan Gibran, 36 tahun, yang merupakan wali kota di kota kelahirannya – dan juga merupakan kampung halaman Bapak Jokowi – di Surakarta, untuk mencantumkan namanya dalam surat suara.

    Keputusan tersebut menuai kritik atas nepotisme, karena ketua hakim saat itu adalah saudara ipar Jokowi dan paman Gibran.

    “Dengan adanya putusan ini secara langsung akan memunculkan nilai-nilai Orde Baru yang selama ini kita tolak,” kata mahasiswa Universitas Negeri Jakarta, Muhamad Kholi, merujuk pada rezim otoriter mantan Presiden Indonesia Soeharto.

    “Ini awal dari nepotisme dan kita semua menentang kebijakan ini karena menodai demokrasi di Indonesia,” tambahnya.
  • The Diplomat

    Laporan dari The Diplomat berjudul: What Indonesia’s Presidential Election Means for the World

    Terjemahan: Apa Arti Pemilihan Presiden Indonesia bagi Dunia

    "Siapa pun yang menang harus menjawab pertanyaan kunci mengenai masa depan Indonesia: Apakah Indonesia akan terus melangkah dengan percaya diri ke kancah global, atau akan tertahan oleh nasionalisme, proteksionisme, dan isolasionisme yang secara historis telah menentukan budaya politik Indonesia?," tulis The Diplomat dalam laporannya.
  • US News

    Media Amerika, melaporkan pilpres 2024 dengan judul: Indonesia's Presidential Election Has High Stakes for US and China and Their Rivalry in the Region

    Terjemahan: Pemilihan Presiden di Indonesia mempunyai pertaruhan besar bagi AS dan Tiongkok serta persaingan mereka di kawasan

    "Negara di Asia Tenggara ini merupakan medan pertempuran penting secara ekonomi dan politik di kawasan, di mana kekuatan global telah lama berselisih mengenai Taiwan, hak asasi manusia, penempatan militer AS, dan tindakan agresif Beijing di perairan yang disengketakan, termasuk Laut China Selatan," tulis US News.

    Kebijakan luar negeri Presiden Jokowi (selama ini) menghindari kritik terhadap Beijing atau Washington, namun juga menolak keberpihakan pada kedua negara tersebut.

    "Tindakan penyeimbangan yang rumit ini telah membuka jalan bagi perdagangan dan investasi Tiongkok yang besar bagi Indonesia, termasuk pembangunan kereta api berkecepatan tinggi, yang sebagian besar didanai oleh Tiongkok, sementara Jakarta juga telah meningkatkan hubungan pertahanan dan mengintensifkan latihan militer dengan AS," urai US News.

    Amerika dan Tiongkok sama-sama melihat bagaimana munculnya pemimpin baru di kawasan dapat mengancam kepentingan mereka.

  • Associated Press

    Selanjutnya, laporan Associated Press berjudul: Indonesia’s presidential election has high stakes for the US and China and their rivalry in the region

    Terjemahan: Pemilihan presiden di Indonesia mempunyai dampak besar bagi AS dan Tiongkok serta persaingan mereka di kawasan

    AP News lebih menyoroti posisi Indonesia dalam keanggotaan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

    "Indonesia dan negara-negara anggota ASEAN lainnya tergabung dalam Gerakan Non-Blok, sebuah blok era Perang Dingin yang sebagian besar terdiri dari negara-negara berkemban, yang bercita-cita untuk tidak secara formal berhubungan dengan atau melawan kekuatan global besar mana pun," terang AP News.

    Di bawah kepemimpinan Indonesia, ASEAN tidak secara spesifik menyebut Tiongkok.

    "Indonesia hanya menyampaikan ekspresi umum keprihatinannya atas perilaku agresif di jalur perairan yang disengketakan tersebut setelah pertemuan puncak mereka," beber laporan AP News.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Editor: Facundo Chrysnha Pradipha

Tag:  #media #asing #sorot #pilpres #2024 #china #cermati #calon #pemimpin #baru #indonesia

KOMENTAR