Rudal Hizbullah Makin Dalam Serang Teritori Israel, Sistem Pengawas di Peternakan Shebaa Kena Bom
Asap mengepul di desa El-Khiam di perbatasan selatan Lebanon selama pemboman Israel pada 7 Februari 2024, di tengah ketegangan lintas batas dengan Lebanon, ketika pertempuran terus berlanjut antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas di Gaza. Rabie DAHER / AFP 
16:20
10 Pebruari 2024

Rudal Hizbullah Makin Dalam Serang Teritori Israel, Sistem Pengawas di Peternakan Shebaa Kena Bom

- Kelompok Hizbullah Lebanon menyatakan mereka menyerang sistem pengawasan Israel yang berada dalam teritori negara pendudukan itu di dekat perbatasan kedua negara, Jumat (9/2/2024).

Anadolu Agency melaporkan, Hizbullah dalam sebuah pernyataan menyatakan kalau mereka menggunakan rudal untuk menargetkan peralatan pengawasan di lokasi Ar-Ramtha di Peternakan Shebaa.

Sebagai informasi, wilayah Peternakan Shebaa tadinya diklaim merupakan teritorial Lebanon sebelum akhirnya diduduki Israel saat mencaplok Dataran Tinggi Golan dari Suriah pada tahun 1981.

Tentara Israel, sejauh ini, belum mengomentari pernyataan Hizbullah tersebut.

Serangan ini menandakan kalau Hizbullah makin dalam menargetkan area pendudukan Israel dengan menyasar sistem radar dan pengawasan di perbatasan.

Serangan ini juga menjadi balasan dari serangan Israel sebelumnya pada Jumat (9/2/2024).

Kantor Berita resmi Lebanon (NNA) melaporkan kalau pesawat tempur Israel telah menargetkan sekitar Bukit Ali Al-Tahir di selatan.

Jet tempur Israel juga menargetkan daerah Haimool di kota Naqoura, Lebanon selatan, kata kantor berita itu.

Pangkalan udara Meron Israel diserang 62 roket Hizbullah. Pangkalan udara Meron Israel diserang 62 roket Hizbullah. (tangkap layar)

Artileri Israel juga menembaki sebagian kota Aytrun di Bint Jbeil di selatan, tambahnya.

Ketegangan meningkat di sepanjang perbatasan antara Lebanon dan Israel di tengah baku tembak antara pasukan Israel dan Hizbullah sejak awal Oktober, yang merupakan bentrokan paling mematikan sejak kedua belah pihak terlibat perang skala penuh pada tahun 2006.

Ketegangan perbatasan terjadi di tengah serangan militer Israel di Jalur Gaza sejak 7 Oktober yang telah menewaskan sedikitnya 27.947 orang dan melukai 67.459 lainnya.

(oln/almydn/*)

Tag:  #rudal #hizbullah #makin #dalam #serang #teritori #israel #sistem #pengawas #peternakan #shebaa #kena

KOMENTAR