Perang Rusia-Ukraina Hari ke-701, Pesawat Rusia Jatuh di Belgorod, Bawa 65 Tawanan yang akan Ditukar
Sebuah pesawat angkut militer Rusia jatuh di wilayah perbatasan Belgorod, menurut Kementerian Pertahanan Rusia. Kecelakaan tersebut menewaskan 74 orang di dalamnya. - Berikut ini sejumlah peristiwa yang terjadi dalam perang Rusia vs Ukraina, yang telah memasuki hari ke-701 pada Kamis (25/1/2024). 
08:40
25 Januari 2024

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-701, Pesawat Rusia Jatuh di Belgorod, Bawa 65 Tawanan yang akan Ditukar

Berikut ini sejumlah peristiwa yang terjadi dalam perang Rusia vs Ukraina, yang telah memasuki hari ke-701 pada Kamis (25/1/2024).

Sebuah pesawat angkut militer Rusia jatuh di wilayah perbatasan Belgorod, menurut Kementerian Pertahanan Rusia.

Kecelakaan tersebut menewaskan 74 orang di dalamnya

Kementerian mengatakan pesawat itu, Ilyushin Il-76, membawa 65 tawanan perang Ukraina yang akan ditukar, juga enam awak dan tiga prajurit Rusia.

Menanggapi insiden tersebut, Ukraina tidak membenarkan atau menyangkal bahwa mereka menargetkan pesawat tersebut.

Namun, Kyiv mengklaim bahwa Moskow telah menciptakan ancaman yang disengaja terhadap kehidupan dan keselamatan PoW-nya.

Pemerintah Ukraina menyalahkan Rusia yang tidak memberikan peringatan lebih dahulu untuk meredakan konflik wilayah udara sebelum pertukaran tersebut.

Pernyataan tersebut menyusul laporan Ukrainskaya Pravda, yang kini ditarik kembali, yang mengklaim bahwa militer telah menembak jatuh jet tersebut.

Sementara itu, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, menyerukan kejelasan penuh atas kecelakaan itu, dilansir The Guardian.

Zelensky mengatakan dalam siaran video malamnya: “Jelas bahwa Rusia mempermainkan kehidupan para tahanan Ukraina, perasaan orang yang mereka cintai, dan emosi masyarakat kita.”

Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-701

- Serangan pesawat tak berawak menyasar pelabuhan Odesa di Laut Hitam Ukraina.

Akibatnya, satu orang terluka.

Gubernur regional mengatakan di Telegram bahwa drone tersebut juga memicu kebakaran dan merusak perumahan di kota tersebut.

- Menteri Pertahanan Inggris, Grant Shapps, mengatakan sekutunya perlu “meningkatkan” jumlah bantuan militer yang diberikan ke Ukraina.

Menulis di Politico, Shapps berkata: “Ukraina telah melakukan pekerjaan luar biasa dalam memukul mundur penjajahnya. Mereka telah merebut kembali 50 persen wilayah yang dicuri oleh Rusia. Namun Kyiv memerlukan lebih banyak dukungan – dan bukan hanya dari Inggris.”

- Menteri Keuangan Jerman mengatakan pihaknya tidak dapat mempertahankan kemampuan pertahanan Ukraina sendirian dalam jangka panjang dan negara lain perlu meningkatkan kontribusi bilateral.

- Perdana Menteri (PM) Hungaria, Viktor Orbán, mengatakan akan mendesak parlemen untuk menandatangani tawaran Swedia untuk bergabung dalam NATO.

Swedia mengajukan permohonan untuk bergabung dengan NATO pada Mei 2022, namun aksesinya tertunda karena Turki dan Hongaria menunda proses ratifikasinya.

- Kementerian Luar Negeri Ukraina mengecam jaringan TV AS HBO karena memilih aktor Serbia yang dikatakan mendukung invasi Rusia ke Ukraina dalam serial hit The White Lotus musim depan.

Milos Bikovic diberi kewarganegaraan Rusia pada 2021 dan secara pribadi dihormati oleh Vladimir Putin atas kontribusinya pada seni Rusia.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Editor: Pravitri Retno W

Tag:  #perang #rusia #ukraina #hari #pesawat #rusia #jatuh #belgorod #bawa #tawanan #yang #akan #ditukar

KOMENTAR