Video Detik-Detik Iran Luncurkan Rudal ke Israel, 90 Persen Tepat Sasaran tapi Meledak di Udara
Detik-detik peluncuran rudal Iran ke Israel (X)
11:04
3 Oktober 2024

Video Detik-Detik Iran Luncurkan Rudal ke Israel, 90 Persen Tepat Sasaran tapi Meledak di Udara

Iran melancarkan serangan rudal berskala besar terhadap Israel, pada hari Selasa, menargetkan pangkalan militer dalam serangan yang dijuluki 'Operasi Janji Sejati II'. Garda Revolusi Iran mengatakan serangan itu, yang secara tajam meningkatkan ketegangan militer di Asia Barat, merupakan respons terhadap pembunuhan minggu lalu terhadap kepala Hizbullah Hassan Nasrallah dan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh.

Sebuah video mengerikan yang dibagikan di X oleh outlet berita Iran Press TV menunjukkan beberapa roket ditembakkan dan melengkung ke langit malam, memenuhinya dengan gemuruh yang memekakkan telinga. Saat video diputar, dan digeser untuk menunjukkan lebih banyak langit, semakin banyak bintik oranye menyala muncul di cakrawala.

25 detik terakhir klip tersebut menunjukkan lusinan yang tampak seperti bola terbakar jatuh di atas pusat kota; banyak dari mereka meledak di udara, setelah berhasil dicegat.

Namun, beberapa tampaknya menerobos dan menghantam tanah.

Baca Juga: Apa Perbedaan Hamas dan Hizbullah yang Dibenci PM Israel Netanyahu?

Video lain yang dibagikan secara daring menunjukkan kawah besar di dekat Markas Besar Mossad di Tel Aviv. Video tersebut telah dilokasikan oleh kantor berita Amerika CNN untuk memastikan bahwa video tersebut direkam dari sebuah gedung apartemen tinggi di Herzliya, kurang dari 3 km dari markas Mossad.

Rentetan 180+ proyektil tersebut, untuk pertama kalinya, menyertakan rudal hipersonik Fattah. Lintasan penerbangan rudal tersebut juga melintasi Yordania, yang mendorong Amman untuk mengumumkan penangguhan lalu lintas udara.

Namun, sistem pertahanan udara berlapis-lapis Israel yang tangguh, yang intinya adalah Iron Dome, tengah beraksi untuk mencegat rudal tersebut.

Seperti halnya serangan April lalu, Iran dan Israel telah berselisih mengenai tingkat keberhasilan serangan rudal-rudal ini, dengan Teheran mengklaim tingkat keberhasilannya mencapai 90 persen, tetapi Tel Aviv bersikeras bahwa sebagian besar rudal dilacak dan dihancurkan oleh sistem Iron Dome dan Arrow.

Tidak ada korban luka yang dilaporkan di Israel, tetapi satu orang tewas di Tepi Barat.

Baca Juga: Dapat Ancaman dari Netanyahu, Masoud Pezeshkian: Iran Tetap Berdiri Teguh

Serangan bulan April itu merupakan balasan atas apa yang Iran katakan sebagai serangan udara Israel terhadap konsulatnya di Damaskus, Suriah, yang menewaskan tujuh perwira Garda Revolusi, termasuk dua komandan.

Kemudian, untuk 'Operasi True Promise I', Teheran menembakkan hampir 200 rudal balistik dan model lama pesawat nirawak peledak, yang menurut Tel Aviv, 99 persen di antaranya berhasil dicegat.

Rudal balistik merupakan bagian penting dari persenjataan Teheran; Iran mengatakan rudal ini merupakan pencegah utama dan kekuatan balasan terhadap Amerika Serikat, Israel, dan target regional potensial lainnya. Menurut Amerika Serikat, Iran memiliki jumlah senjata semacam itu paling banyak di kawasan tersebut.

Iran juga diyakini memiliki rudal jelajah seperti Kh-55, senjata berkemampuan nuklir yang diluncurkan dari udara dengan jangkauan hingga 3.000 km, dan rudal antikapal canggih Khalid Farzh, yang memiliki jangkauan lebih pendek - sekitar 300 km. Namun, keduanya dapat membawa hulu ledak seberat 1.000 kg.

Pagi ini Iran mengatakan serangannya telah selesai dan tidak ada tindakan militer lebih lanjut yang diharapkan, kecuali provokasi lebih lanjut. Namun, Israel dan AS telah berjanji untuk membalas.

AS mengatakan akan bekerja sama dengan Israel untuk memastikan Iran menghadapi "konsekuensi yang berat". Sementara itu, Israel telah kembali mengebom Lebanon, menargetkan pinggiran selatan Beirut - benteng Hezbollah.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #video #detik #detik #iran #luncurkan #rudal #israel #persen #tepat #sasaran #tapi #meledak #udara

KOMENTAR