Dari Lebanon ke Suriah, Kisah Pilu Warga Sipil yang Terperangkap dalam Lingkaran Setan Peperangan
Gelombang pengungsi di Lebanon usai serangan Israel (X/timesofgaza)
15:00
26 September 2024

Dari Lebanon ke Suriah, Kisah Pilu Warga Sipil yang Terperangkap dalam Lingkaran Setan Peperangan

Warga sipil yang melarikan diri dari konflik yang meningkat di Lebanon berbondong-bondong ke Suriah pada hari Rabu, menunggu berjam-jam di tengah kemacetan lalu lintas untuk mencapai tempat yang relatif aman di negara lain yang dilanda perang.

Pejabat PBB memperkirakan bahwa ribuan keluarga Lebanon dan Suriah telah melakukan perjalanan. Jumlah tersebut diperkirakan akan bertambah karena Israel menargetkan Lebanon selatan dan timur dalam pemboman udara yang menurut pejabat setempat telah menewaskan lebih dari 600 orang minggu ini, setidaknya seperempatnya adalah wanita dan anak-anak. Israel mengatakan bahwa mereka menargetkan pejuang dan senjata Hizbullah.

Antrean bus dan mobil memanjang beberapa kilometer dari perbatasan Suriah mulai hari Senin, dan beberapa keluarga terlihat melakukan perjalanan dengan berjalan kaki. Begitu sampai di Suriah, orang-orang menunggu berjam-jam lagi untuk diproses oleh pejabat perbatasan yang kewalahan, dan pekerja bantuan membagikan makanan, air, kasur, dan selimut.

Kondisi di Lebanon usai serangan Israel (X)Kondisi di Lebanon usai serangan Israel (X)

"Banyak yang harus menghabiskan malam di luar ruangan sambil menunggu giliran," kata Rula Amin, juru bicara badan pengungsi PBB, dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Konflik Memanas! Serangan Israel Tewaskan 1.247 Jiwa di Lebanon Sejak 2023

Amin mengatakan beberapa orang yang datang dari Lebanon mengalami luka-luka yang terlihat akibat serangan baru-baru ini.

Arus pengungsi lintas perbatasan ini merupakan perubahan yang mencolok mengingat Lebanon masih menampung lebih dari satu juta pengungsi Suriah yang melarikan diri dari perang di negara mereka yang dimulai pada tahun 2011. Saat itulah pemberontakan antipemerintah yang awalnya berlangsung damai disambut oleh tindakan keras pemerintah yang brutal dan berubah menjadi perang saudara yang sedang berlangsung.

Di kota perbatasan Suriah, Jdeidet Yabous, beberapa keluarga duduk dengan muram di pinggir jalan ketika wartawan Associated Press mengunjungi daerah tersebut. Beberapa menggunakan tas mereka sebagai tempat duduk, menunggu taksi, bus, atau kerabat untuk menjemput mereka. Banyak yang mengatakan mereka telah menghabiskan delapan atau sembilan jam dalam kemacetan hanya untuk masuk ke Suriah.

Sebelum melintasi perbatasan, kerumunan orang memadati kantor pemerintah untuk diproses oleh petugas imigrasi dan, dalam kasus warga negara Suriah, untuk menukar $100 (Rp1,5  juta) menjadi pound Suriah sebelum masuk, tindakan yang diberlakukan dalam upaya untuk menopang mata uang lokal dengan membawa lebih banyak dolar ke negara tersebut. Karena lonjakan permintaan yang tiba-tiba, pasokan pound Suriah di perbatasan menipis.

Sebagian dari mereka adalah pengungsi yang kembali, seperti Emad al-Salim, yang melarikan diri dari Aleppo pada tahun 2014. Ia tinggal di kota pesisir selatan Tyre ketika pengeboman hari Senin dimulai. Ia mengumpulkan istri dan enam anaknya dan melarikan diri lagi.

Baca Juga: "Kami Mengerti Penderitaannya", Warga Gaza Merasakan Kepedihan Lebanon

“Ada rumah-rumah yang hancur di depan saya saat kami keluar,” katanya. “Kami butuh waktu tiga hari untuk sampai di sini.”

Warga Lebanon menyelamatkan diri usai serangan Israel (X)Warga Lebanon menyelamatkan diri usai serangan Israel (X)

Nada Hamid al-Lajji kembali bersama keluarganya setelah tujuh tahun di Lebanon bersama suaminya. Mereka berasal dari Suriah timur, tetapi al-Lajji mengatakan ia tidak tahu apakah mereka akan kembali ke sana.

“Ke mana saya akan pergi?” katanya. “Saya bahkan tidak punya rumah lagi. Saya tidak tahu ke mana saya akan pergi.”

Banyak keluarga Lebanon juga melarikan diri. Mahmoud Ahmad Tawbeh dari desa Arnoun di selatan negara itu datang bersama keluarga besarnya yang beranggotakan 35 orang, berencana untuk tinggal di rumah sewaan di pinggiran kota Damaskus.

“Kami pergi dengan susah payah, banyak bom jatuh di atas kepala kami,” katanya. Lima atau enam rumah di desa itu hancur dan beberapa tetangga tewas, katanya.

Bagi banyak orang di Lebanon, khususnya mereka yang tinggal di Lembah Bekaa di timur, Suriah tampaknya menjadi rute tercepat menuju tempat aman. Serangan Israel di seluruh negeri minggu ini telah melukai lebih dari 2.000 orang.

Banyak warga Lebanon yang tiba di perbatasan menolak untuk berbicara dengan wartawan atau tidak mau menyebutkan nama lengkap mereka karena situasi yang sensitif. Seorang wanita dari kota Harouf di Lebanon selatan, yang menyebut nama keluarganya, Matouk, mengatakan bahwa dia datang bersama istri saudara laki-lakinya, yang merupakan warga Suriah, untuk tinggal bersama mertuanya.

Beberapa keluarga di dekat tempat tinggal mereka terbunuh, katanya, dan dia khawatir tentang ayah dan saudara kandungnya yang telah ditinggalkannya.

Sementara perang di Suriah masih berlangsung, pertempuran aktif telah lama terhenti di sebagian besar negara itu. Warga negara Lebanon, yang dapat melintasi perbatasan tanpa visa, secara teratur mengunjungi Damaskus. Dan menyewa apartemen jauh lebih murah di Suriah daripada di Lebanon. Bahkan sebelum eskalasi terakhir, beberapa warga Lebanon telah menyewa di Suriah sebagai Rencana B jika mereka perlu melarikan diri.

Selain mereka yang melarikan diri dari perang, banyak warga Suriah datang ke Lebanon untuk bekerja atau alasan keluarga, dan secara teratur melintasi perbatasan.

Namun, banyak dari mereka yang datang sebagai pengungsi enggan untuk kembali karena takut mereka dapat ditangkap karena hubungan nyata atau yang dianggap dengan oposisi terhadap Presiden Suriah Bashar Assad atau dipaksa wajib militer. Jika mereka meninggalkan Lebanon, mereka juga dapat kehilangan status pengungsi mereka.

Awal minggu ini, Assad mengeluarkan amnesti untuk kejahatan yang dilakukan sebelum 22 September, termasuk mereka yang menghindari wajib militer.

Dia telah mengeluarkan amnesti serupa selama beberapa tahun terakhir, namun amnesti tersebut sebagian besar gagal meyakinkan para pengungsi untuk kembali, seperti halnya upaya otoritas Lebanon untuk menyelenggarakan perjalanan “pulang sukarela”.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #dari #lebanon #suriah #kisah #pilu #warga #sipil #yang #terperangkap #dalam #lingkaran #setan #peperangan

KOMENTAR