Hizbullah Mengganas, Bombardir Galilea Pakai Rudal, Tentara Israel Tewas, Pemukim Yahudi Luka Parah
Radio Israel melaporkan 5 warga Israel terluka akibat pemboman di kota Tel Hai, sebelah barat Kiryat Shmona di Galilea Atas, Israel utara. Hizbullah melancarkan serangan balasan atas peledakan pager dan walkie talkie di Lebanon. 
18:10
19 September 2024

Hizbullah Mengganas, Bombardir Galilea Pakai Rudal, Tentara Israel Tewas, Pemukim Yahudi Luka Parah

Kelompok perlawanan Lebanon, Hizbullah dilaporkan kembali melancarkan serangan balasan ke wilayah pendudukan Utara Israel pasca-ledakan massal perangkat komunikasi di Lebanon.

Dalam serangan balasan Hizbullah, Kamis (14/9/2024), media Israel melaporkan bahwa seorang tentara Israel (IDF) tewas dan sejumlah lainnya terluka di dekat Tel Hai di Galilea Atas, akibat dua proyektil roket yang ditembakkan dari Lebanon selatan.

Dua rudal terpantau menghantam situs Israel di Galilea Atas tanpa bisa dicegat, tulis laporan Khaberni, Kamis.

Galilea adalah wilayah geografis yang terletak di ujung utara Palestina yang diduduki.

"Galilea mempunyai kepentingan geopolitik dan keamanan sebagai wilayah perbatasan yang terletak di garis permanen keterlibatan pasukan pendudukan Israel dengan gerakan perlawanan Palestina dan Hizbullah Lebanon," tulis laporan itu.

 Baca juga: Hizbullah Mengamuk, Kiryat Shmona Dikurung Api, Sirene Meraung di Kota-Kota Utara Israel

Dalam laporan lain, Radio Tentara Israel melaporkan serangan dari Lebanon juga menyasar kawasan pemukim Yahudi Israel di sejumlah kota di wilayah Utara negara pendudukan tersebut.

Laporan itu menyatakan kalau 5 warga Israel terluka akibat pemboman di kota Tel Hai, sebelah barat Kiryat Shmona di Galilea Atas, Israel utara.

Sementara itu, Channel 12 Israel mengatakan, tentara Israel menembakkan serangan balasan ke arah sumber peluncuran rudal yang menargetkan kota Tel Hai di Galilea.

pemboman di kota Tel Hai Galilea Hizbullah Israel Radio Israel melaporkan 5 warga Israel terluka akibat pemboman di kota Tel Hai, sebelah barat Kiryat Shmona di Galilea Atas, Israel utara. Hizbullah melancarkan serangan balasan atas peledakan pager dan walkie talkie di Lebanon.

Kiryat Shmona Dikurang Api

Hizbullah dilaporkan mulai melakukan aksi pembalasan terhadap Israel atas serangan ledakan massal pager yang menyasar ribuan anggota gerakan perlawanan tersebut, pada Rabu (18/9/2024).

Anews melaporkan, sejumlah kebakaran terjadi pada Rabu di pemukiman Israel utara Kiryat Shmona setelah roket diluncurkan dari Lebanon.

Hizbullah juga menyerang posisi artileri Israel dengan roket dalam serangan Rabu sore.

Surat kabar Yedioth Ahronoth mengatakan beberapa roket mendarat di wilayah Israel di daerah Kiryat Shmona, yang terletak di Galilee Panhandle.

Dilaporkan, beberapa kebakaran terjadi di daerah itu sebagai akibat dari guyuran serangan Hizbullah tersebut. 

Sesaat sebelum serangan, sirene meraung-raung tidak hanya di Kiryat Shmona, tetapi juga di pemukiman sekitarnya, termasuk Beit Hillel, HaGoshrim, Tel Hai, Misgav Am, dan Kfar Giladi.

Bunyi sirene disebutkan untuk memperingatkan pemukim Yahudi Israel kalau ada bahaya serangan roket yang masuk.

Israel telah menetapkan status siaga maksimum untuk mengantisipasi tanggapan dari Hizbullah setelah ledakan perangkat pager nirkabel pada hari Selasa, yang mengakibatkan 12 kematian dan lebih dari 2.700 cedera.

Tentara Israel (IDF) mengambil posisi tempur di wilayah Galilea Atas, Israel utara dekat perbatasan dengan Lebanon pada 1 November 2023 [ Tentara Israel (IDF) mengambil posisi tempur di wilayah Galilea Atas, Israel utara dekat perbatasan dengan Lebanon pada 1 November 2023 [ (JALAA MAREY/AFP via Getty Images)

Hizbullah, Kelompok perlawanan Lebanon menyalahkan Israel karena berada di balik serangan itu, tetapi Tel Aviv belum mengaku bertanggung jawab.

Anadolu melaporkan pada Rabu malam kalau ada gelombang serangan kedua dan lebih banyak perangkat komunikasi meledak di Beirut selatan dan kota-kota selatan lainnya, yang menyebabkan cedera tambahan dan membakar mobil serta apartemen hunian. 

Tiga orang tewas dalam ledakan tersebut, menurut Kantor Berita Lebanon.

Mossad Tanam Peledak

Sebelumnya, dalam insiden Selasa kemarin, sumber keamanan Lebanon mengatakan kepada Reuters bahwa Badan mata-mata Israel Mossad, menanam bahan peledak di dalam pager yang diimpor oleh Hizbullah beberapa bulan sebelum ledakan.

Jumlah korban tewas meningkat menjadi 12, termasuk dua anak-anak, Menteri Kesehatan Lebanon Firass Abiad mengatakan pada hari Rabu. 

Serangan hari Selasa melukai hampir 3.000 orang, termasuk banyak pejuang kelompok militan dan utusan Iran di Beirut.

Seorang pembuat pager Taiwan membantah telah memproduksi perangkat pager yang meledak dalam serangan berani yang meningkatkan prospek perang skala penuh antara Hizbullah yang didukung Iran dan Israel.

Gold Apollo mengatakan perangkat tersebut dibuat di bawah lisensi oleh sebuah perusahaan bernama BAC, yang berpusat di ibu kota Hongaria, Budapest.

Reuters tidak mengetahui detail serangan balasan Hizbullah dengan meluncurkan serangan roket terbarunya, tetapi biasanya kelompok tersebut mengumumkan serangan tersebut segera setelah melakukannya.

Hizbullah telah bersumpah untuk membalas terhadap Israel, yang militernya menolak mengomentari ledakan tersebut. 

Kedua belah pihak telah terlibat dalam perang lintas perbatasan sejak konflik Gaza meletus Oktober lalu, yang memicu kekhawatiran akan konflik Timur Tengah yang lebih luas yang dapat menyeret Amerika Serikat dan Iran.

Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi menuduh Israel mendorong Timur Tengah ke ambang perang regional dengan mengatur eskalasi berbahaya di banyak bidang.

"Hizbullah ingin menghindari perang habis-habisan. Ia masih ingin menghindarinya. Namun mengingat skalanya, dampaknya terhadap keluarga, warga sipil, akan ada tekanan untuk respons yang lebih kuat," kata Mohanad Hage Ali dari Carnegie Middle East Center.

Hizbullah, proksi Iran yang paling kuat di Timur Tengah, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka akan terus mendukung Hamas di Gaza dan Israel harus menunggu respons atas "pembantaian" pager yang menyebabkan para pejuang dan lainnya berlumuran darah, dirawat di rumah sakit, atau tewas.

Seorang pejabat Hezbollah mengatakan ledakan itu adalah "pelanggaran keamanan terbesar" kelompok itu dalam sejarahnya.

Cuplikan dari rumah sakit yang ditinjau oleh Reuters menunjukkan orang-orang dengan berbagai luka, beberapa di wajah, beberapa dengan jari yang hilang dan luka menganga di pinggul tempat pager kemungkinan dikenakan.

Rencana itu tampaknya telah dibuat selama berbulan-bulan, beberapa sumber mengatakan kepada Reuters. Hal ini terjadi setelah serangkaian pembunuhan komandan dan pemimpin Hizbullah dan Hamas yang dituduhkan kepada Israel sejak dimulainya perang Gaza.

Sumber keamanan senior Lebanon mengatakan kelompok itu telah memesan 5.000 pager dari Gold Apollo, yang menurut beberapa sumber dibawa ke negara itu awal tahun ini. 

Pendiri Gold Apollo, Hsu Ching-Kuang, mengatakan pager yang digunakan dalam ledakan itu dibuat oleh sebuah perusahaan di Eropa yang dalam pernyataannya disebut Gold Apollo sebagai BAC.

"Produk itu bukan milik kami. Hanya saja ada merek kami di atasnya," kata Hsu kepada wartawan di kantor perusahaan di kota New Taipei, Taiwan utara, pada hari Rabu.

Alamat yang tertera untuk BAC Consulting di ibu kota Hongaria, Budapest, adalah sebuah gedung berwarna persik di jalan yang sebagian besar merupakan jalan perumahan di pinggiran kota. Nama perusahaan itu tertera di pintu kaca pada selembar kertas A4.

Seseorang di gedung itu yang meminta untuk tidak disebutkan namanya mengatakan BAC Consulting terdaftar di sana tetapi tidak memiliki kantor perwakilan secara fisik. 

CEO BAC Consulting, Cristiana Barsony-Arcidiacono, mengatakan di profil LinkedIn-nya bahwa dia telah bekerja sebagai penasihat untuk berbagai organisasi termasuk UNESCO. Dia tidak menanggapi email dari Reuters.

Aktivitas terdaftar BAC sangat luas, mulai dari penerbitan permainan komputer hingga konsultasi TI hingga ekstraksi minyak mentah. 

Sumber keamanan senior Lebanon mengidentifikasi foto model pager, AR-924. Pejuang Hizbullah telah menggunakan pager sebagai alat komunikasi berteknologi rendah dalam upaya untuk menghindari pelacakan lokasi Israel.

Sumber senior Lebanon mengatakan bahwa perangkat tersebut telah dimodifikasi oleh dinas mata-mata Israel "pada tingkat produksi." Pejabat Israel tidak segera menanggapi permintaan Reuters untuk berkomentar.

"Mossad menyuntikkan perangkat tertentu ke dalam perangkat yang berisi bahan peledak yang menerima kode. Sangat sulit untuk mendeteksinya dengan cara apa pun," kata sumber tersebut.

Sumber tersebut mengatakan sekitar 3.000 pager meledak ketika pesan berkode dikirimkan kepada mereka, yang secara bersamaan mengaktifkan bahan peledak.

Sumber keamanan lainnya mengatakan kepada Reuters bahwa hingga tiga gram bahan peledak disembunyikan di pager baru tersebut dan telah "tidak terdeteksi" oleh Hizbullah selama berbulan-bulan.

Dalam pidato yang disiarkan di televisi pada tanggal 13 Februari, Sekretaris Jenderal kelompok tersebut Hassan Nasrallah dengan tegas memperingatkan para pendukungnya bahwa ponsel mereka lebih berbahaya daripada mata-mata Israel, dengan mengatakan bahwa mereka harus merusaknya, menguburnya, atau menguncinya di dalam kotak besi.

Sebaliknya, Hizbullah memilih untuk mendistribusikan pager kepada para anggotanya di berbagai cabang kelompok tersebut - mulai dari pejuang hingga petugas medis yang bekerja di layanan bantuannya. 

 

(oln/khbrn/*)


 

Tag:  #hizbullah #mengganas #bombardir #galilea #pakai #rudal #tentara #israel #tewas #pemukim #yahudi #luka #parah

KOMENTAR