Revolusi Pendidikan, Ketika Kuda Menjadi Guru Anatomi di Universitas Hungaria
Ilustrasi kuda.[Unsplash/Sarah Olive]
18:32
11 September 2024

Revolusi Pendidikan, Ketika Kuda Menjadi Guru Anatomi di Universitas Hungaria

Ruang kuliah yang penuh dengan mahasiswa kedokteran hewan tahun pertama di Hungaria dengan bersemangat mengambil tempat mereka untuk pelajaran anatomi hewan pertama dalam karier akademis mereka, ketika dua kuda dewasa masuk ke dalam dan bergabung dengan kelas.

Rektor di Universitas Kedokteran Hewan di Budapest, Dr. Péter Sótonyi, membujuk salah satu hewan ke atas anak tangga di bagian depan aula dan menggunakan sebatang kapur untuk menggambar kuda — dari kepala hingga kuku — tempat tulang, organ, dan ototnya dapat ditemukan di dalamnya.

“Ini adalah pelajaran pertama mereka, dan pertama kali seharusnya dengan hewan hidup,” kata Sótonyi tentang para mahasiswanya. ”Mereka seharusnya tidak pertama kali bertemu dengan bangkai, karena mereka ingin menyembuhkan hewan. Mereka ingin membuat hewan menjadi lebih baik.”

Sótonyi telah menggunakan metode unik ini untuk memperkenalkan anatomi hewan kepada para mahasiswa selama sekitar 25 tahun, dan yakin bahwa metode ini membantu mereka terlibat lebih langsung dengan materi pelajaran daripada hanya belajar melalui buku, bagan, dan model.

Baca Juga: Karier Rocky Gerung dari Akademisi ke Layar Kaca, Trending Usai Bersitegang dengan Silfester

Ilustrasi kuliah (Pixabay.com)Ilustrasi kuliah (Pixabay.com)

Kuda, yang konon merupakan hewan yang sangat cerdas dan terhormat, sangat cocok untuk tugas tersebut.

"Kuda adalah hewan besar dan banyak hal dapat dipertunjukkan padanya, dan orang-orang sangat kagum saat kuda itu masuk ke kelas dan naik ke podium. Hal ini langsung memberi banyak motivasi kepada para siswa," katanya.

Kuda-kuda, yang disediakan untuk universitas setiap tahun oleh Kepolisian Budapest, berdiri dengan tenang selama kuliah, didorong oleh suguhan gula batu sesekali.

Selain menandai tubuh hewan dengan kapur dan pensil minyak warna-warni, Sótonyi mengangkat potongan-potongan dari kerangka kuda model ke lokasi yang sesuai untuk memberikan representasi visual yang lebih jelas tentang anatomi kuda.

Sekitar pertengahan pelajaran selama satu jam, Sótonyi menunjukkan struktur mulut salah satu hewan, memasukkan tangannya ke dalam mulut hewan itu untuk memegang lidahnya yang panjang, dan kuda itu menggigitnya dengan lembut sebagai balasannya.

Baca Juga: Babak Baru Kasus Perundungan Mahasiswi PPDS Undip, Saksi-saksi Mulai Diperiksa

"Ada apa denganmu hari ini?" Ia meminta kuda itu ditertawakan oleh para siswa, banyak di antaranya berdiri untuk melihat lebih jelas dan mengambil gambar dengan ponsel mereka.

Setelah ceramah, tidak ada wajah-wajah muram atau orang-orang yang mencibir, tetapi ruangan itu dipenuhi calon dokter hewan yang bersemangat. Noémi Tamaska, 19 tahun, mengatakan bahwa ia menganggap ceramah dengan kuda hidup bermanfaat untuk mengingat informasi di masa mendatang.

“Sangat berarti bagi saya bahwa kita dapat melihat pada hewan hidup bagaimana sistem rangka dibangun,” katanya. “Saya pikir lebih mudah untuk membayangkannya, terutama bagi orang-orang yang berorientasi visual.”

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #revolusi #pendidikan #ketika #kuda #menjadi #guru #anatomi #universitas #hungaria

KOMENTAR