Israel Gagalkan Gencatan Senjata, Netanyahu Bersikeras Menahan Pasukan IDF di Koridor Philadelphia
DIKUASAI ISRAEL - Posisi Koridor Philadelphia (alias Poros Salah Al-Din) di Jalur Gaza di sepanjang perbatasan dengan Mesir. Wilayah ini mau dikuasai Israel dengan dalih untuk sepenuhnya mengontrol pergerakan Hamas di Jalur Gaza. 
08:20
22 Agustus 2024

Israel Gagalkan Gencatan Senjata, Netanyahu Bersikeras Menahan Pasukan IDF di Koridor Philadelphia

Pembicaraan terkait Gencatan Senjata akhirnya menemui jalan buntu, setelah Perdana Menteri Israel bersikeras menahan pasukannya untuk tetap berada di Koridor Philadelphia Gaza.

PM Israel mengatakan pasukannya tidak akan meninggalkan koridor Philadelphia di Gaza

Israel belum setuju untuk menarik pasukannya dari apa yang disebut koridor Philadelphi di sepanjang perbatasan antara Mesir dan Gaza, kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pada hari Rabu, membantah laporan televisi Israel.

"Israel akan bersikeras pada pencapaian semua tujuannya dalam perang, sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Kabinet Keamanan, termasuk bahwa Gaza tidak akan pernah lagi menjadi ancaman keamanan bagi Israel. Ini memerlukan pengamanan perbatasan selatan," kata kantor Netanyahu dalam sebuah pernyataan.

Koridor Philadelphia menjadi penghalang kesepakatan Gencatan Senjata antara Israel dan Hamas.

Perundingan yang digelar di Doha, Qatar makin alot dan tak kunjung mencapai kata sepakat.

Israel ingin mempertahan koridor Philadelphia dalam proposal kesepakatan gencatan senjata di Gaza.

Israel masih ingin mempertahankan kendali atas koridor Philadelphia, berdalih agar area di selatan Jalur Gaza itu tidak dimanfaatkan Hamas untuk membangun terowongan.

Sementara Hamas, menginginkan agar Israel menarik mundur seluruh pasukannya dari wilayah Palestina tersebut.


Netanyahu Tolak Tarik Pasukan dari Perbatasan Gaza-Mesir

Sebelumnya, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mengatakan gencatan senjata 'tidak pasti', dia menolak penarikan pasukan dari perbatasan Gaza-Mesir.

Mesir membantah laporan yang mengklaim bahwa mereka menyetujui kontrol Israel atas koridor Philadelphia

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pada tanggal 20 Agustus selama pertemuan dengan keluarga tawanan di Gaza bahwa Tel Aviv “tidak akan meninggalkan” koridor Philadelphi di perbatasan Gaza–Mesir dan koridor Netzarim di tengah jalur tersebut.

“Netanyahu dalam sebuah pertemuan dengan keluarga korban dan sandera: 'Israel tidak akan meninggalkan koridor Philadelphia dan koridor Netzarim terlepas dari tekanan untuk melakukannya,” kata Barak Ravid, reporter Axios Israel di Washington dan koresponden untuk situs berbahasa Ibrani Walla , melalui X.

"Ini adalah aset militer dan politik yang strategis. Saya sampaikan ini kepada Blinken. Mungkin saya berhasil meyakinkannya," kata Ravid mengutip pernyataan perdana menteri.

"Saya tidak yakin akan ada kesepakatan, tetapi jika ada kesepakatan – itu akan menjadi kesepakatan yang menjaga kepentingan yang saya ulangi terus-menerus, yaitu pelestarian aset strategis Israel," Perdana Menteri Israel juga mengatakan pada hari Selasa, menurut Sky News Arabia .

Komentar Netanyahu muncul saat Hamas menolak proposal baru yang didukung AS yang menurut Washington telah disetujui Israel karena gagal memenuhi tuntutan kelompok itu untuk gencatan senjata permanen, penarikan pasukan Israel dari Gaza, dan beberapa masalah lainnya.

Presiden AS Joe Biden menuduh Hamas pada hari Selasa “menjauh” dari kesepakatan gencatan senjata.

Hamas menanggapi dalam pernyataan resmi pada tanggal 20 Agustus, dengan mengatakan bahwa komentar Biden, serta komentar yang dibuat oleh Menteri Luar Negeri Anthony Blinken pada hari Senin, menyebabkan “keheranan dan ketidaksetujuan yang besar,” menyebutnya “menyesatkan” dan “lampu hijau AS yang diperbarui bagi [Israel] untuk melakukan lebih banyak kejahatan.”

Juru bicara regional Departemen Luar Negeri AS Samuel Warburg mengatakan pada hari yang sama bahwa Hamas tidak akan memiliki peran apa pun di masa depan Gaza, seraya menambahkan bahwa "rakyat Palestina adalah mereka yang memilih siapa yang mewakili mereka di pemerintahan Palestina mana pun."

“Amerika Serikat mempertimbangkan kekhawatiran keamanan Mesir,” tambah Warburg.

Pemerintah Mesir membantah pada tanggal 19 Agustus sebuah laporan yang dirilis oleh Middle East Eye (MEE) pada hari Senin, dengan mengatakan bahwa Kairo dan Tel Aviv telah mencapai kesepakatan yang akan memungkinkan Israel untuk mempertahankan kendali atas koridor Philadelphia di perbatasan Gaza–Mesir – sebuah jalur kehidupan penting bagi perlawanan Palestina dan rakyat di jalur tersebut.

Pasukan Israel merebut Koridor Philadelphia pada akhir Mei, beberapa minggu setelah menguasai perbatasan Rafah dan menyerbu kota paling selatan.

Menurut sumber Hamas yang berbicara dengan surat kabar Al-Sharq pada tanggal 18 Agustus, proposal baru yang didukung AS tersebut mencakup “pengurangan” jumlah pasukan Israel di Koridor Philadelphia dan perbatasan Rafah – yang mana Hamas telah menuntut penarikan penuh pasukannya.

Pasukan Israel juga hadir di koridor Netzarim, yang didirikan oleh pasukan Israel pada bulan-bulan pertama perang di Gaza.

Koridor tersebut membelah jalur tersebut menjadi dua – dan mencegah kembalinya warga Palestina yang mengungsi ke Gaza utara.

Koridor Netzarim terkait dengan syarat Netanyahu bahwa warga sipil terlantar yang kembali ke jalur utara harus menjalani mekanisme penyaringan dan inspeksi.

Kondisi ini merupakan bagian dari proposal gencatan senjata baru yang didukung AS, menurut sumber Hamas yang berbicara dengan Al-Sharq pada hari Minggu.

SUMBER: REUTERS, THE CRADLE

Tag:  #israel #gagalkan #gencatan #senjata #netanyahu #bersikeras #menahan #pasukan #koridor #philadelphia

KOMENTAR