PlayStation 5 Jadi Konsol Game dengan Penjualan Tertinggi Kedua di Jepang, Ungguli Konsol Xbox Milik Microsoft
PlayStation 5, Salah Satu Konsol Game Next-Gen Buatan Sony Torehkan Catatan Penjualan Terbaik di Tahun 2023. Sumber : PlayStation / Sony Interactive Entertainment (SIE)
16:16
14 Januari 2024

PlayStation 5 Jadi Konsol Game dengan Penjualan Tertinggi Kedua di Jepang, Ungguli Konsol Xbox Milik Microsoft

Jepang, salah satu negara tempat dimana konsol Nintendo dan PlayStation berasal memiliki jumlah pemain game yang sangat besar.

Tak ayal jumlah penjualan produk konsol video game dari 3 raksasa teknologi seperti PlayStation, Xbox dan Nintendo sangat menarik untuk disimak.

Dilansir dari Famitsu, Minggu (14/1), penjualan ketiga perangkat konsol di negara itu mencapai JPY 267,49 miliar atau sekitar Rp 28 triliun dengan nilai kurs Rp 107,26.

Nilai tersebut alami peningkatan bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya mencapai JPY 209.78 miliar atau sekitar Rp 22 triliun.

Sementara itu salah satu handheld console milik Nintendo yakni Nintendo Switch masih menjadi perangkat game yang laris di Jepang.

Konsol yang diperkenalkan pada 3 maret 2017 tersebut pada 2023 lalu telah menjual lebih dari 4 juta unit produk mereka.

Berdasarkan data yang diterbitkan oleh Famitsu tersebut diketahui bahwa sejak perangkat tersebut diperkenalkan pada publik di Jepang telah terjual sebanyak lebih dari 31 juta unit.

Data tersebut dihitung berdasarkan jumlah seluruh penjualan tipe Switch, baik itu versi original maupun versi Switch Lite.

Penjualan perangkat konsol game yang dikembangkan oleh Sony yakni PlayStation 5 (PS5) menjadi yang tertinggi kedua di negara tersebut.

Konsol yang digadang-gadang sebagai penerus dari PlayStation 4 itu mencapai 2,5 juta unit pada 2023 lalu.

Sementara itu jumlah keseluruhan perangkat PS5 yang terjual sejak hari pertama telah mencapai 4,9 juta unit.

Data tersebut dihitung dari penjualan versi digital maupun versi yang masih menyediakan tempat untuk memasukkan CD game.

Sementara itu Xbox, salah satu perangkat video game yang dikembangkan oleh Microsoft tertinggal cukup jauh dari dua produk perusahaan ‘tuan rumah’

Salah satu varian produk mereka yakni Xbox Series X dan S hanya terjual sejumlah 141 ribu unit pada periode 2023.

Sejak diperkenalkan di Jepang pada November 2020 lalu, perangkat game yang dijual melalui cabang Microsoft Japan itu telah laku sebanyak 540 ribu unit.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #playstation #jadi #konsol #game #dengan #penjualan #tertinggi #kedua #jepang #ungguli #konsol #xbox #milik #microsoft

KOMENTAR