5 Reptil yang Paling Cocok Untuk Para Pemula, Mulai dari Kadal, Kura-Kura, hingga Ular Bisa Dipelihara di Rumah
Ball python. (zillarules.com)
19:20
13 September 2024

5 Reptil yang Paling Cocok Untuk Para Pemula, Mulai dari Kadal, Kura-Kura, hingga Ular Bisa Dipelihara di Rumah

- Komunitas pencinta anak bulu (anabul) makin berkembang belakangan ini. Hewan-hewan itu mendapat perlakuan istimewa dari majikannya. Ternyata pencinta hewan tidak hanya untuk golongan anabul saja di rumah. Pencinta hewan reptil pun tidak sedikit.

Bagi yang menyukai reptil dan ingin dipelihara di rumah, bisa mencoba pilihan berikut. Dilansir dari spruce pets, reptil dapat menjadi pilihan hewan peliharaan yang bagus. Sama seperti hewan lainnya, untuk memelihara reptil diperlukan pengetahuan yang cukup sebelum memelihara.

Bagi yang ingin memelihara hewan tersebut perlu berkonsultasi terlebih dahulu ke orang-orang yang memiliki pengalaman dalam memelihara reptil.

Ada banyak jenis reptil tidak direkomendasikan, karena jenis pangannya sulit didapatkan. Ada juga dengan alasan kondisi lingkungan ukuran hewan itu berumur dewasa. Bagi pemula yang ingin memelihara reptil hewan berikut bisa dicoba.

1. Leopard Gecko

Kadal leopard gecko sering dinilai sangat beginner friendly (cocok untuk pemula) karena ukurannya yang kecil dan mudah untuk dipelihara.

Dikutip dari laman Zilla, hewan ini membutuhkan kandang kering berukuran kecil hingga sedang saja. Lalu kadal ini tidak boleh terkena panas matahari sama sekali. Walaupun tidak disarankan untuk dijemur, akan lebih baik mendapatkan penyinaran dari lampu UVB. Leopard gecko hanya memakan serangga dan lebih baik mendapatkan asupan dari berbagai jenis serangga.

Kadal ini sangat tenang dan sangat jarang bersuara. Sehingga cocok untuk yang tinggal beramai-ramai.

2. Bearded Dragon

Kadal jenis bearded dragon adalah kadal dengan pemeliharaan level selanjutnya, setelah leopard gecko. Terutama mengenai alat-alat yang mereka butuhkan. Kadal yang berasal dari Australia ini memiliki ukuran yang lebih besar dari leopard gecko maka dari itu membutuhkan kandang yang lebih besar pula.

Hewan ini membutuhkan tempat tinggal yang sangat hangat. Kadal ini cocok untuk pemelihara yang tinggal di daerah-daerah panas. Bearded dragon perlu untuk dijemur tiap hari di bawah sinar matahari langsung atau penyinaran lampu UVA atau UVB. Makanan hewan itu terdiri atas serangga ketika masih kecil, tapi boleh diberikan sayuran dan buah-buahan ketika sudah besar.

3. Corn snake

Ular asli Amerika Serikat (AS) ini merupakan jenis ular peliharaan paling jinak dan tidak berbisa. Mereka mudah dipelihara juga karena ukurannya yang relatif lebih kecil dari ular-ular jenis lainnya, serta mereka dapat mencapai umur 10 tahun apabila dipelihara dengan baik.

Hewan berdarah dingin ini memerlukan penghangat atau penyinaran dari lampu UVA atau UVB. Tapi lampu tersebut sebaiknya hanya diletakan di satu sisi kandang saja.

Sangat disarankan untuk menggunakan kandang yang dapat ditutup rapat, karena mereka sangat jago melarikan diri. Pakannyahewan-hewan kecil seperti tikus, kodok, atau telur burung puyuh dan diberikan seminggu sekali.

4. Ball python

Ular piton merupakan level selanjutnya dari corn snake karena ukurannya yang dapat bertumbuh besar. Piton juga merupakan komitmen yang besar karena mereka bisa mencapai umur 30 tahun. Piton tidak memiliki bisa dan cenderung sangat jinak. Tapi mereka terkenal sangat pilih-pilih makanan.

Karena habitat aslinya adalah sub-sahara Afrika, ular ini membutuhkan kandang yang besar yang diisi tanah. Piton cenderung akan membangun sarang di bawah tanah, sehingga kandang yang disiapkan harus kandang yang dalam.

Ular jenis ini sangat pilih-pilih makanan. Berat tubuhnya harus selalu diperhatikan agar tidak kurang dari yang seharusnya atau berlebihan.

5. Kura-kura

Tentunya kura-kura akan masuk dalam daftar ini. Tidak membutuhkan penelitian mendalam, kita semua tahu kondisi kandang seperti apa yang dibutuhkan kura-kura air dan seberapa kering yang dibutuhkan kura-kura darat. Kura-kura memiliki umur yang panjang pula, sehingga merupakan komitmen besar.

Apabila Anda menyimpan kura-kura di kandang, jangan lupa untuk menjemur mereka tiap hari di bawah sinar matahari. Tapi apabila tidak memiliki tempat untuk menjemur, sediakan lampu UVA atau UVB.

Pakan mereka juga termasuk paling mudah karena mereka omnivor, sehingga mereka bisa makan tumbuh-tumbuhan, serangga, hingga pelet khusus kura-kura.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #reptil #yang #paling #cocok #untuk #para #pemula #mulai #dari #kadal #kura #kura #hingga #ular #bisa #dipelihara #rumah

KOMENTAR