Ajak Gamers Ikut Aktif Mencegah Perubahan Iklim, PUBG Mobile Luncurkan Tema dan Event Game Baru
PUBG Mobile Play for Green ajak gamers untuk aware terhadap isu perubahan iklim. (Istimewa)
14:24
13 September 2024

Ajak Gamers Ikut Aktif Mencegah Perubahan Iklim, PUBG Mobile Luncurkan Tema dan Event Game Baru

– Isu perubahan iklim bukan isapan jempol belaka. Dampak dan perubahannya mulai bisa kita rasakan. Maka, perlu kerja sama dari banyak pihak, masyarakat dan pemangku kepentingan untuk mencegah perubahan iklim dan dampaknya.

Termasuk juga para gamers, yang sehari-hari lekat dengan gadget, mereka bisa jplay for greenuga ikut ambil bagian dalam upaya pencegahan perubahan iklim.

Hal tersebut menjadi concern PUBG Mobile, salah satu game First Person Shooter (FPS) populer yang meluncurkan Campaign Play for Green.

"Campaign ini diluncurkan sebagai bagian dari Green Game Jam, yang dirancang oleh Playing For The Planet. Sebuah inisiasi yang didukung oleh Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNEP) untuk mendukung planet, melalui aksi nyata dalam permainan dan meningkatkan kesadaran mengenai perlindungan lingkungan," jelas perwakilan game PUBG Mobile di Indonesia lewat keterangan resmi.

Untuk mengajak para gamers peduli akan isu perubahan iklim, Play For Green mempunyai target untuk memberdayakan dan mengerakkan komunitas global.

Khususnya untuk memfasilitasi dukungan terhadap proyek konservasi lingkungan yang penting di dunia nyata, dan memperlihatkan bagaimana kita dapat bersatu untuk menciptakan masa depan yang lebih hijau. 

Campaign ini mengikuti survey global pemain PUBG MOBILE. Di mana 88 persen pemain mengaku bahwa mereka khawatir terhadap isu perubahan iklim dan efek yang akan terjadi di masa depan. Dan 91 persen mengaku sudah merasakan efek dari perubahan iklim di negaranya masing-masing.

Salah satu caranya adalah lewat The Ruins of Erangel. Berkolaborasi dengan Profesor UCL Mark Maslin, PUBG MOBILE membawa tema perubahan iklim ke dalam game. Membuat sebuah seri map baru yang dinamakan The Ruins of Erangel di World of Wonder

The Ruins of Erangel adalah sebuah perandaian bagian map Erangel yang ikonik, setelah mengalami 100 tahun perubahan iklim.

The Ruins of Erangel mempertimbangkan tingkat perubahan iklim saat ini, berdasarkan data geografis yang relevan, dan membayangkan area terkenal ‘Ruins’ di Erangel. 

Penelitian menemukan bahwa dalam 100 tahun ke depan, tanpa adanya intervensi apa pun, planet kita bisa mengalami nasib yang sama dengan The Ruins of Erangel.

Bakal dilanda badai pasir yang merajalela, kekeringan, dan penurunan yang menghancurkan dalam kehidupan pohon dan tanaman di bumi Erangel.

Kemudian ada juga The Ruins of Erangel: Sandstorm, Badai pasir menjadi tantangan berat para pemain. Pemain harus mengumpulkan peralatan medis yang penting dan menghadapi musuh di dalam medan tantangan yang sama sekali tak tenang. 

Di kala badai pasir datang, pemain harus super hati-hati untuk mengatur timing dalam melakukan healing, mengetahui damage yang dihantarkan oleh badai tersebut.

Ada lagi Map kedua, The Ruins of Erangel: Exploration. Eksplorasi menawarkan pengalaman yang unik dan berbasis naratif, sehingga pemain dapat merasakan kekuatan cerita di balik dampak perubahan iklim.

Map ini akan membawa perjalanan yang bisa dinikmati pemain, dengan menggunakan checkpoint, yang mana tiap checkpoint mempunyai bagian yang menceritakan kisah perubahan bumi Erangel. 

Saat PUBG Mobile melakukan penjalajahan di dalam map, akan ada teks yang muncul di tiap checkpoint, yang akan membimbing mereka di lansekap map, dan membuat pemahaman lebih dalam mengenai tantangan lingkungan yang dihadirkan.

Melalui event special dalam game Run for Green yang berlangsung dari 11–24 September, pemain dapat membantu proyek lingkungan nyata. Untuk melindungi total lahan yang setara dengan lebih dari 350.000 meter persegi di Indonesia, Pakistan, dan Brasil. 

Selama acara ini, setiap jarak lari yang ditempuh pemain di mode Classic PUBG Mobile akan berkontribusi pada pencapaian target server global.

Target ini akan mendukung berbagai proyek di seluruh dunia untuk melindungi habitat penting dan menjaga ekosistem bumi.

Melalui challenge di dalam game Run for Green, pemain juga akan membuka serangkaian item dan pengalaman dalam game, termasuk yang spesial, Preservation Garden, di mode home yang menampilkan berbagai tanaman dan pohon yang saat ini terancam punah. 

Preservation Garden bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya flora dunia yang terancam punah dan memberikan mereka rumah digital di PUBG Mobile.

Agar pemain dapat mempelajari lebih lanjut tentang mereka melalui papan informasi interaktif dan menikmati keajaiban alam mereka.

Selain itu, PUBG Mobile juga berusaha membuat pemain membayangkan masa depan yang lebih cerah dan terlibat dalam aktivitas yang ramah iklim.

Untuk itu, beberapa item tambahan bertemakan pohon California Redwood yang megah namun terancam punah dan pohon Baobab raksasa, juga akan ditambahkan ke mode World of Wonder.

PUBG Mobile juga mengundang para kreator untuk semakin menghidupkan isu perubahan iklim. Dengan menggunakan template ‘Ruins of Erangel’ yang baru dirilis di mode World of Wonder bersama dengan item-item baru ini.

Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah iklim yang terjadi pada saat ini atau masa depan, serta membayangkan masa depan yang lebih cerah.

Editor: Bayu Putra

Tag:  #ajak #gamers #ikut #aktif #mencegah #perubahan #iklim #pubg #mobile #luncurkan #tema #event #game #baru

KOMENTAR