Bagus untuk Kehamilan, Berikut 6 Manfaat Konsumsi Vitamin A yang Luar Biasa bagi Kesehatan
Ilustrasi- Konsumsi Suplemen Vitamin A/ Freepik
18:53
27 April 2024

Bagus untuk Kehamilan, Berikut 6 Manfaat Konsumsi Vitamin A yang Luar Biasa bagi Kesehatan

 

 - Vitamin A adalah nutrisi penting yang sangat diperlukan untuk kesehatan manusia.

Pria sebaiknya mendapatkan asupan vitamin A mencapai 900 mcg. Sementara, wanita 700 mcg, dan anak-anak serta remaja 300–600 mcg vitamin A setiap harinya.

Nutrisi penting bagi tubuh ini terdapat dalam beberapa makanan baik hewani maupun nabati.

Melansir Healthline, vitamin A terdiri dalam dua bentuk yakni; vitamin A preformulasi dan provitamin A.

Vitamin A preformulasi, adalah bentuk aktif yang ditemukan dalam produk hewan seperti daging, ayam, ikan, dan produk susu, mencakup retinol, retinal, dan asam retinoat.

Di sisi lain, karotenoid provitamin A, alfa-karoten, beta-karoten, dan beta-kriptoxantin, merupakan senyawa yang bersifat tidak aktif dan ditemukan dalam tumbuhan.

Senyawa-senyawa ini dikonversi menjadi bentuk aktif dalam tubuh. Sebagai contoh, beta-karoten diubah menjadi retinol di usus kecil.

Berikut adalah 6 manfaat kesehatan penting dari vitamin A.

1. Melindungi Penglihatan dari Buta Warna Malam dan Penurunan Fungsi Terkait Usia

Vitamin A sangat penting untuk menjaga kesehatan penglihatan, dengan buta warna malam menjadi salah satu gejala pertama kekurangannya.

Buta warna malam terjadi karena penurunan kadar rhodopsin, pigmen dalam retina yang penting untuk penglihatan dalam kondisi cahaya rendah. Asupan beta-karoten yang cukup juga dapat memperlambat penurunan fungsi penglihatan terkait usia.

2. Mungkin Mengurangi Risiko Kanker Tertentu

Asupan vitamin A yang lebih tinggi, terutama dari beta-karoten dalam makanan nabati, telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker seperti limfoma Hodgkin, kanker leher rahim, paru-paru, dan kandung kemih. Namun, hubungan antara vitamin A dan risiko kanker masih dalam studi yang cukup kompleks.

3. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh yang Tangguh

Vitamin A sangat penting untuk menjaga pembatas lendir di berbagai organ dan produksi sel darah putih, sehingga meningkatkan pertahanan tubuh terhadap infeksi.

Memperbaiki kekurangan vitamin A pada anak-anak telah terbukti dapat mengurangi risiko kematian akibat infeksi seperti campak dan malaria.

4. Mengurangi Risiko Jerawat

Meskipun peran tepat vitamin A dalam mencegah dan mengobati jerawat belum sepenuhnya dipahami, kekurangan nutrisi ini dapat meningkatkan risiko tumbuhnya jerawat.

Beberapa obat jerawat berbasis vitamin A digunakan untuk mengobati jerawat parah, meskipun mereka memiliki potensi efek samping dibalik penggunaannya.

5. Mendorong Kesehatan Tulang

Asupan vitamin A yang cukup dapat membantu melindungi kesehatan tulang dan mengurangi risiko patah tulang, meskipun studi hubungan yang tepat belum sepenuhnya jelas.

Kekurangan maupun kelebihan asupan vitamin A sudah dipastikan berkaitan dengan kesehatan tulang yang buruk.

6. Mendukung Pertumbuhan dan Reproduksi

Vitamin A penting untuk menjaga kesehatan reproduksi baik pada pria maupun wanita. Selama kehamilan, vitamin A berperan penting dalam perkembangan organ dan struktur utama janin.

Namun, perlu dicatat juga bahwa asupan vitamin A berlebihan selama kehamilan dapat berbahaya dan dapat menyebabkan cacat lahir.

Mengonsumsi jumlah vitamin A yang berlebihan, terutama dalam bentuk aktif yang ditemukan dalam makanan hewan, obat-obatan, atau suplemen, dapat menyebabkan toksisitas.

Penting untuk menjaga asupan vitamin A yang seimbang melalui diet dan menghindari suplementasi yang berlebihan.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #bagus #untuk #kehamilan #berikut #manfaat #konsumsi #vitamin #yang #luar #biasa #bagi #kesehatan

KOMENTAR