Waspadai 5 Gejala Anda Kelebihan Konsumsi Gula, Bisa Bahaya untuk Kesehatan
Ilustrasi orang yang konsumsi makanan dan minuman manis. (Freepik)
09:38
28 Oktober 2024

Waspadai 5 Gejala Anda Kelebihan Konsumsi Gula, Bisa Bahaya untuk Kesehatan

Sebenarnya gula merupakan sumber energi yang penting untuk kelangsungan hidup manusia. Namun, kebanyakan makan gula dapat bisa memicu berdampak negatif pada kesehatan secara umum.

Adapun anjuran dari WHO untuk membatasi asupan gula sekitar 25-50 gram (6 sendok teh) per harinya. Kendati demikian, masih banyak orang yang mengabaikan hal tersebut di mana efek negatif makan gula berlebihan akan muncul.

Adapun tanda-tanda paling umum bahwa seseorang telah mengonsumsi terlalu banyak gula, seperti dikutip dari City Magazine, Minggu (27/10).

Kelelahan dan energi berfluktuasi

Jika tiba-tiba merasa lelah atau kehilangan energi setelah makan, hal ini mungkin disebabkan oleh naik turunnya kadar glukosa darah secara cepat.

Saat Anda mengonsumsi gula, kadar glukosa darah akan naik dan turun dengan cepat, yang menyebabkan rasa lelah. Hal ini sering kali memicu keinginan untuk mengonsumsi lebih banyak gula.

Kenaikan berat badan

Salah satu tanda paling kentara dari konsumsi gula berlebih yakni penambahan berat badan. Gula mengandung banyak energi, tetapi tidak mengandung serat untuk membuat Anda kenyang.

Alhasil, Anda mudah merasa lapar meski sudah makan, yang dapat menyebabkan makan berlebihan dan penumpukan lemak tubuh, terutama di bagian perut.

Masalah kulit

Mengonsumsi gula terlalu banyak juga dapat memengaruhi kulit. Kadar insulin yang tinggi merangsang sekresi lemak dari kelenjar minyak, sehingga pori-pori tersumbat dan timbulnya jerawat.

Jika Anda melihat jerawat atau peradangan lebih sering muncul, itu bisa jadi pertanda bahwa pola makan saat ini mengandung terlalu banyak gula.

Kekebalan tubuh yang lemah dan mudah kena infeksi

Sistem kekebalan tubuh dapat melemah akibat asupan gula yang berlebihan, memicu infeksi lebih sering terjadi dan penyembuhan luka lebih lambat. Gula merangsang proses peradangan dalam tubuh yang mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan penyakit.

Perubahan mood dan craving

Gula memiliki pengaruh besar pada suasana hati Anda. Meningkatnya dopamin yang dipicu oleh konsumsi gula dapat menyebabkan keinginan untuk makan lebih banyak asupan manis. Fluktuasi kadar gula darah sering kali menyebabkan perubahan suasana hati seperti gugup, cemas, atau bahkan depresi.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #waspadai #gejala #anda #kelebihan #konsumsi #gula #bisa #bahaya #untuk #kesehatan

KOMENTAR