Ladies, Mau Haid Lancar? Konsumsi 4 Rekomendasi Makanan dan Minuman Berikut Ini, Simak!
Ilustrasi Menstruasi. (Freepik)
18:34
25 Februari 2024

Ladies, Mau Haid Lancar? Konsumsi 4 Rekomendasi Makanan dan Minuman Berikut Ini, Simak!

 




Haid atau menstruasi yang lancar pada perempuan, merupakan indikator kesehatan organ reproduksi yang penting bagi setiap kaum hawa.

Apabila siklus haid tidak teratur, mungkin saatnya untuk memperhatikan apa yang kamu konsumsi dan merubah gaya hidup tidak sehat kamu.

Bagi perempuan yang mengalami kendala saat menstruasi, yuk simak gaya hidup sehat yang bisa dimulai dari apa yang kamu konsumsi sehari-hari.

Seperti yang kita ketahui, apa yang kita konsumsi, sangat berpengaruh dengan beragam hal tak terkecuali dengan kesehatan organ reproduksi kita.

Dirangkum JawaPos.Com dari beberapa sumber seperti WHO dan Academy of Nutrition and Dietetics, berikut  4 makanan dan minuman yang dapat membantu menjaga keseimbangan hormon dan membuat haid lancar.  



1. Macam-macam buah Beri

Buah-buahan yang kaya akan serat, vitamin, dan antioksidan dapat membantu mengatur siklus haid.

Buah-buahan tersebut diantaranya seperti stroberi, blueberry, dan ceri.

Buah dari keluarga beri tersebut, mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan reproduksi.

Konsumsi buah-buahan segar sebagaimana direkomendasikan di atas untuk tambahan nutrisi dan hasil yang maksimal terkait kelancaran haid kamu ya, ladies!

2. Sayuran Hijau yang Kaya akan Zat Besi

Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan brokoli adalah sumber zat besi yang penting untuk kesehatan reproduksi.

Zat besi yang ada pada sayuran tersebut, membantu tubuh memproduksi hemoglobin, yang diperlukan untuk transportasi oksigen dalam darah.

Dengan mengonsumsi sayuran hijau, kamu dapat meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh dan mendukung siklus haid yang lancar.  



3. Minuman Herbal Hangat

Selain untuk menenangkan dan menghangatkan tubuh, minuman herbal hangat seperti teh herbal dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan sirkulasi darah.

Teh atau minuman herbal hangat lainnya juga, diketahui dapat berkontribusi pada siklus haid yang lancar.

Salah satu yang cukup direkomendasikan yakni teh herbal seperti chamomile atau peppermint.

Dua jenis teh herbal ini diketahui memiliki sifat menenangkan yang dapat membantu mengurangi gejala pra menstruasi dan mendukung kesehatan reproduksi.

4. Kacang-kacangan dan Biji-bijian untuk Keseimbangan Hormon

Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti almond, kenari, dan biji labu mengandung lemak sehat dan fitonutrien yang dapat membantu menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh.

Lemak sehat seperti asam lemak omega-3 dan omega-6 penting untuk produksi hormon yang tepat dalam tubuh, yang dapat berkontribusi pada siklus haid yang teratur.

Dengan memperhatikan pola makan dan memasukkan makanan dan minuman yang sehat dalam diet sehari-hari, kamu dapat membantu menjaga keseimbangan hormon dan menjaga siklus haid tetap lancar.

Meski demikian, wajib dan selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum membuat perubahan signifikan dalam gaya hidup sehat kamu, ya!

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #ladies #haid #lancar #konsumsi #rekomendasi #makanan #minuman #berikut #simak

KOMENTAR