Ketahui Dosis Mengonsumsi Vitamin B Kompleks yang Tepat, Berikut Penjelasannya
Ilustrasi vitamin B Kompleks. (Shutterstock)
18:30
24 Pebruari 2024

Ketahui Dosis Mengonsumsi Vitamin B Kompleks yang Tepat, Berikut Penjelasannya

- Vitamin B kompleks amat dibutuhkan di dalam tubuh manusia. Jenis-jenis vitamin B kompleks ini diantara B1, B2, B3, B5, B6, Biotin, Asam Folat, dan B12. Masing-masing dari vitamin B kompleks tersebut memiliki fungsinya masing-masing.

Sebelum mengonsumsi vitamin B kompleks alangkah baiknya jika memahami terlebih dulu dosis mengonsumsi vitamin B kompleks yang tepat. Agar mereka yang mengkonsumsi tidak kekurangan ataupun kelebihan.

Jumlah harian yang direkomendasikan untuk setiap vitamin B kompleks bervariasi. Dosis harian untuk perempuan dan laki-laki pun berbeda. Menurut National Institute of Health (NIH) yang dikutip dalam laman Healthline, asupan harian yang dianjurkan untuk perempuan yaitu:

B1: 1,1 miligram (mg)
B2: 1,1mg
B3: 14 mg NE
B5: 5mg
B6: 1,3mg
Biotin: 30 mikrogram (mcg)
Asam folat: 400 mcg DFE
B12: 2,4 mcg

Sementara untuk pria, NIH merekomendasikan asupan harian sebagai berikut:

B1: 1,2mg
B2: 1,3 mg
B3: 16 mg NE
B5: 5mg
B6: 1,3mg
Biotin: 30 mcg
Asam folat: 400 mcg DFE
B12: 2,4 mcg

Orang tua dan mereka yang sedang hamil mungkin memerlukan jumlah vitamin B yang lebih tinggi. Dokter mereka dapat memberikan informasi dosis yang disesuaikan dengan kebutuhan pribadi mereka.

Kondisi kesehatan tertentu yang mendasari dapat menghalangi tubuh Anda menyerap vitamin B dengan baik. Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter tentang asupan vitamin B kompleks jika Anda memiliki penyakit.

Di antaranya penyakit celiac, HIV, Penyakit Crohn, gangguan penggunaan alkohol, kondisi ginjal, artritis reumatoid, kolitis ulseratif, penyakit radang usus.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #ketahui #dosis #mengonsumsi #vitamin #kompleks #yang #tepat #berikut #penjelasannya

KOMENTAR