Vitamin D Hadir Dalam Dua Jenis, Pahami Vitamin D2 dan Vitamin D3 yang Berbeda Fungsi
Selain jenis ikan ternyata banyak makanan yang mengandung vitamin D untuk kesehatan tulang dan gigi. (Shutterstock)
08:17
18 Februari 2024

Vitamin D Hadir Dalam Dua Jenis, Pahami Vitamin D2 dan Vitamin D3 yang Berbeda Fungsi

Vitamin D merupakan vitamin yang larut dalam lemak. Dalam prosesnya vitamin D berfungsi untuk meningkatkan penyerapan lemak.

Sehingga, peran vitamin ini sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan fungsi kekebalan tubuh.

Melalui kulit, memproduksi vitamin D akan diproses saat terkena sinar matahari. Oleh karenanya, jika seseorang menghabiskan sebagian besar waktu di dalam ruangan atau tinggal di dataran tinggi, mereka perlu mendapatkan vitamin D dari makanan.

Sumber makanan vitamin D yang baik dapat ditemukan melalui ikan berlemak, minyak ikan, kuning telur, mentega, dan hati.

Mungkin sulit untuk mendapatkan jumlah yang cukup dari vitamin ini hanya dari makanan saja, karena sumber alami yang kaya akan vitamin D jarang ditemukan. Oleh karena itu, wajar jika orang merasa tidak mendapat cukup makanan.

Untungnya, banyak produsen makanan menambahkannya ke dalam produknya, terutama susu, margarin, dan sereal sarapandan beberapa suplemen.

Untuk mencegah gejala defisiensi, pastikan untuk mengonsumsi makanan kaya vitamin D secara teratur, mendapatkan sinar matahari, atau mengonsumsi suplemen.



Karena vitamin D larut dalam lemak, lebih baik memilih suplemen berbahan dasar minyak atau mengonsumsinya bersama makanan yang mengandung sedikit lemak.

Dilansir dari lama Healthline (1/3/2023), vitamin D hadir dalam dua jenis utama yakni Vitamin D2 (ergokalsiferol) dan Vitamin D3 (kolekalsiferol).

Vitamin D3 Berasal dari Hewan, Vitamin D2 dari Tumbuhan. Kedua bentuk vitamin D ini berbeda tergantung pada sumber makanannya.

Vitamin D3 hanya ditemukan pada makanan yang bersumber dari hewani, sedangkan D2 terutama berasal dari sumber nabati dan makanan yang diperkaya.

Sumber Vitamin D3 yaitu Ikan berminyak dan minyak ikan, Hati, Kuning telur, Mentega, Suplemen diet.

Sementara Sumber Vitamin D2 yaitu Jamur (ditanam dalam sinar UV), makanan yang, suplemen diet.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #vitamin #hadir #dalam #jenis #pahami #vitamin #vitamin #yang #berbeda #fungsi

KOMENTAR