Wajib Tau! 9 Ciri Teman yang Toxic yang Harus Kamu Hindari
Ilustrasi teman toxic (pexels)
07:55
1 Februari 2024

Wajib Tau! 9 Ciri Teman yang Toxic yang Harus Kamu Hindari

 

 

- Salah satu alasan memiliki teman adalah untuk menerima dan memberi dukungan serta kekuatan satu sama lain. 

Selain dari keluarga dan pasangan, kebahagiaan juga bisa datang melalui sebuah pertemanan. Persahabatan bisa menjadi salah satu sumber kebahagiaan terbesar dalam hidup, memberi kita jalan keluar untuk pikiran dan perasaan, serta membuat kita merasa diperhatikan dan diperhatikan.

Di sisi lain, persahabatan atau pertemanan juga bisa merusak mood kita atau bisa membuat kita semakin stre, terutama ketika kita memiliki sebuah pertemanan yang toxic. 

Hal ini berdampak negatif terhadap kesehatan kita, sama halnya dengan hubungan yang baik berdampak positif. 

Dilansir dari Very Well Health (1/2), berikut ini adalah ciri-ciri teman yang toxic yang wajib kita hindari.

1. Suka iri dan merendahkan
Teman yang toxic akan membuat Anda merasa tidak didukung. Idealnya, teman-teman yang baik harus merayakan kesuksesan Anda.

Jika teman Anda kerap berkomentar tajam saat Anda membagikan pencapaian atau kabar baik tentang Anda, maka berhati-hatilah.

Dalam pertemanan yang sehat, baik Anda maupun teman harus menjadi support system satu sama lain, bukan malah iri atau merendahkan.

2. Berperilaku egois
Teman yang toxic biasanya hanya mementingkan dirinya sendiri dan fokus pada diri mereka sendiri. Mereka tidak mau menanyakan tentang anda sebagai temannya.

Mereka hanya berfokus pada terhadap keuntungan mereka sendiri. Misalnya, dia tidak pernah menelepon anda, padahal anda selalu menelepon teman anda untuk sekedar menanyakan kabar.

3. Terlalu kompetitif
Teman yang baik ada teman yang saling mendukung satu sama lain. Teman yang toxic tidak pernah menganggap anda sebagai teman, tapi sebagai saingan. jadi anda wajib menghindari teman yang memiliki sifat seperti ini.

4. Manipulatif
Teman tidak boleh menyalahkan satu sama lain dalam suatu aktivitas, dan mereka harus memprioritaskan kebutuhan anda dibandingkan kebutuhan mereka sendiri.

Anda tidak boleh meninggalkan hangout dengan perasaan seolah-olah Anda telah melakukan hal-hal yang tidak Anda inginkan hanya untuk menyenangkan teman Anda. Saat Anda menunjukkan manipulasinya kepada mereka, jika mereka memberitahu Anda bahwa Anda salah atau gila, mereka mungkin akan membuat anda marah . Itu juga merupakan sifat toxic.

5. Tidak bisa dipercaya
Biasanya seseorang akan berbicara suatu hal yang bersifat rahasia kepada teman yang bisa dipercaya. Namun, jika rahasia anda dibeberkan olehnya, lebih baik anda menjauhi teman anda tersebut, karena mereka tidak bisa dipercaya untuk menjaga rahasia.

6. Banyak Drama
Teman yang banyak drama akan mempersulit anda. Anda juga akan merasa lelah dengan drama yang mereka buat. Selalu merasa tersakiti walaupun itu hanya masalah sepele.
Teman yang toxic akan membuat drama dimanapun mereka berada. Sikap egois seperti ini juga bisa menjadi tanda narsisme.

7. Tidak Tulus
Mereka yang toxic memiliki pertemanan yang tidak sehat. Mereka hanya menginginkan sesuatu dari anda dan memanfaatkan anda.

Jika mereka tidak mendapatkan keuntungan dari anda, mereka akan meninggalkan anda. Jadi jauhi orang yang memiliki sifat toxic seperti ini.

8. Menjaga jarak
Teman yang beracun mungkin mencoba menciptakan jarak antara Anda dan hubungan lain dalam hidup Anda. 

Hal ini bisa dilakukan dengan mengkritik pasangan, menyebarkan gosip tentang teman, atau bahkan berbicara negatif tentang rekan kerja.

Teman yang toxic akan melakukan ini agar Anda menjadi lebih bergantung padanya, sehingga semakin terjebak dalam persahabatan.

9. Tidak mau menerima apa adanya
Dapat disebut teman yang toxi jika teman Anda tidak mau menerima Anda apa adanya.

Alih-alih menerima Anda apa adanya, teman yang  toxic justru gemar mendorong Anda untuk mengubah kepribadian atau penampilan Anda.

Ingat, teman sejati harus menginspirasi Anda untuk menjadi versi terbaik dari diri Anda dan bukan berubah menjadi seseorang yang berbeda.

***

Editor: Kuswandi

Tag:  #wajib #ciri #teman #yang #toxic #yang #harus #kamu #hindari

KOMENTAR