Manfaat Gula Jawa Untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Mencegah Munculnya Jerawat
Manfaat Gula Jawa untuk kesehatan dapat mencegah jerawat. (Pixabay)
13:29
27 September 2024

Manfaat Gula Jawa Untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Mencegah Munculnya Jerawat

 

Gula jawa, atau sering disebut gula merah merupakan salah satu bahan makanan yang telah pakai secara luas di berbagai belahan dunia, terutama di Asia Tenggara di berbagai resep tradisional.

Gula merah berasal dari penambahan molases atau tetesan tebu. Bahan tersebut mengandung potassium, kalsium, magnesium, dan vitamin B.

Selain tebu, buah kelapa juga tersedia dalam gula merah, meski jumlahnya terbatas, sebagaimana dilansir laman alodokter.com.

Sementara itu, nutrisi yang dikandung gula merah diketahui meliputi zat besi, zinc, kalsium, dan kalium.

Berkat kandungan gula merah tersebut, Anda bisa mendapatkan manfaat sehatnya bagi tubuh. Berikut ini beberapa khasiat gula merah atau gula jawa yang perlu diketahui:

1. Mencegah Asma

Siapa sangka, manfaat gula merah untuk pernapasan juga ada, lho. Gula merah memiliki sifat antialergi. Khasiat ini dapat mencegah serangan asma berulang, batuk, pilek, dan bersin-bersin. 

Dengan potensi sebagai antialergi, reaksi yang timbul ketika terpapar alergen (pemicu alergi) hingga terjadi serangan asma dapat berkurang. Oleh karena itu, konsumsi gula merah juga baik untuk sistem pernapasan.

2.Mencegah munculnya jerawat 

Selain itu juga manfaat gula merah bisa digunakan sebagai masker ataupun dikonsumsi langsung. Tips ini akan mengurangi risiko kemunculan jerawat di wajah maupun tubuh.

Jangan hanya bergantung pada gula merah. Jagalah kebersihan wajah dan tubuh dengan baik agar risiko kulit berjerawat dapat lebih rendah

3. Mengurangi Nyeri Perut Saat Haid

Potassium yang terkandung pada gula merah dapat membantu otot rahim lebih relaks. Hal ini sangat bermanfaat bagi wanita, karena mampu mengurangi kontraksi yang muncul ketika haid datang.

Anda dapat mengonsumsi gula merah dengan melarutkannya di dalam teh hangat. Minuman ini dapat membuat perut terasa lebih nyaman.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 

Dilansir laman halodoc.com. Gula aren bukan hanya sumber energi dan nutrisi mineral yang berharga, tetapi juga mengandung vitamin C, yang memainkan peran kunci dalam mendukung sistem kekebalan tubuh yang kuat. 

Vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat, adalah vitamin larut dalam air yang memiliki sejumlah manfaat luar biasa bagi kesehatan. 

Dalam konteks gula aren, manfaat vitamin C ini tetap ada meskipun kandungannya mungkin tidak sebanyak buah-buahan atau sayuran segar yang merupakan sumber utama vitamin C. 

Oleh karena itu, mengonsumsi gula aren sebagai bagian dari diet yang seimbang dapat memberikan manfaat tambahan dalam menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh.

5. Meningkatkan kesehatan tulang

Kalsium dan fosfor adalah dua mineral yang memainkan peran sentral dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi yang kuat. Keduanya merupakan mineral makro.

Yang berarti tubuh membutuhkan mereka dalam jumlah yang signifikan untuk menjalankan fungsi-fungsi yang vital.

Gula aren, yang mengandung kalsium dan fosfor, menyediakan dua komponen ini yang sangat penting untuk kesehatan tubuh kita.

Ketika kalsium dan fosfor bekerja bersama, mereka membentuk kristal hidroksiapatit, yang adalah komponen utama dalam tulang dan gigi. 

Sehingga, konsumsi keduanya melalui makanan atau sumber alamiah seperti gula aren dapat membantu memastikan kesehatan tulang dan gigi yang optimal.

    ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #manfaat #gula #jawa #untuk #kesehatan #salah #satunya #dapat #mencegah #munculnya #jerawat

KOMENTAR