Bahayanya Mandi Saat Malam Hari, Salah Satunya Bisa Picu Serangan Hipotermia
Ilustrasi mandi. (Pexels/Karolina Kaboompics)
16:10
21 September 2024

Bahayanya Mandi Saat Malam Hari, Salah Satunya Bisa Picu Serangan Hipotermia

Mandi di malam hari banyak orang tidak menyarankan, kebiasaan ini karena dianggap tidak baik untuk kesehatan.

Meskipun mandi malam memberikan sensasi yang menyegarkan, namun pada kondisi tertentu mandi di malam hari dapat menyebabkan berbagai macam efek yang kurang baik untuk kesehatan.

Beberapa penyakit yang ada sering dikaitkan dengan bahaya saat mandi malam hari. Beberapa orang melakukan mandi malam hari karena adanya aktivitas seharian yang tidak bisa ditinggal begitu saja, misalnya bekerja pulang larut malam, sehingga harus dipaksakan untuk mandi di malam hari.

1. Terkena Penyakit Asam Urat

Dilansir laman alodokter.com mandi malam juga dapat menyebabkan serangan asam urat. Penyakit asam urat akan terjadi jika banyak mengkonsumsi zat purin dalam tubuh, sehingga menyebabkan asam urat dalam tubuh meningkat.

Selain banyaknya mengonsumsi zat purin, ini juga dapat menyebabkan ginjal tidak mampu menampung atau membuat zat tersebut. Asam urat juga disebabkan karena konsumsi makanan tertentu.

Apabila tidak ingin terkena asam urat, mulai sekarang kurangi kebiasaan mandi malam dengan air dingin dan meminimalisir makanan yang mengandung purin.

2. Terkena Demam

Selain menyebabkan hidung meler, mandi malam juga akan menyebabkan demam. Kondisi ini terjadi karena pori-pori tubuh dan panas dalam tubuh yang meningkat di malam sehingga rentan mengalami demam.

Kondisi tubuh yang sedang panas kemudian disiram air dingin dapat meningkatkan suhu tubuh hingga demam. Kondisi seperti ini justru akan mengganggu aktivitas ya.

3. Otot Kaku

Tidak hanya penderita rematik yang dapat merasakan risiko mandi di malam hari, namun semua orang dapat merasakan risikonya, terlebih bila mandi di malam hari dilakukan dengan air dingin.

Hal tersebut dapat menyebabkan suhu inti tubuh menurun, karena suhu udara yang cenderung dingin di malam hari ditambah dengan air dingin yang mengguyur seluruh tubuh.

Sehingga sirkulasi darah dapat menurun dan otot-otot menjadi tegang dan kaku yang tentu dapat mengganggu kenyamanan istirahat.

4. Hipotermia

Hipotermia merupakan suatu kondisi dimana suhu tubuh menurun hingga di bawah 35°C, yang biasanya disebabkan oleh situasi atau suhu yang dingin, basah dan berangin.

Gejala hipotermia yang patut diwaspadai seperti tubuh menggigil dan gemetar, bibir membiru, gigi gemetar, kulit pucat hingga detak jantung meningkat.

Untuk bayi, anak kecil dan lansia harus lebih diwaspadai, karena kondisi tersebut lebih rentan terjadi. Seseorang yang mengalami hipotermia harus segera mendapatkan pertolongan, karena jika dibiarkan hingga suhu tubuhnya semakin rendah, hipotermia bisa mengakibatkan tubuh kehilangan banyak energi, kehilangan kesadaran hingga berisiko kematian.

5. Asma Kambuh

Dilansir laman halosehat.com Ketika seseorang mandi di malam hari, suhu tubuhnya dapat berubah menjadi dingin secara tiba-tiba sehingga memicu terjadinya gangguan pada saluran pernapasan.

Itulah mengapa mandi di malam hari berisiko menyebabkan asma menjadi kambuh. Di sisi lain, seseorang yang memiliki riwayat penyakit kesehatan lainnya seperti sinusitis juga berpotensi kambuh karena mandi di malam hari.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #bahayanya #mandi #saat #malam #hari #salah #satunya #bisa #picu #serangan #hipotermia

KOMENTAR