Bisa Membuat Anda Lebih Awet Muda, ini Segudang Manfaat Mengonsumsi Suplemen Kolagen bagi Tubuh
Minuman kolagen begitu banyak diminati karena manfaat yang terkandung di dalamnya. (istimewa)
14:51
18 September 2024

Bisa Membuat Anda Lebih Awet Muda, ini Segudang Manfaat Mengonsumsi Suplemen Kolagen bagi Tubuh

- Untuk Anda yang ingin terus terlihat awet muda, konsumsi kolagen menjadi salah satu pilihan yang paling sering ditempuh. Manfaat berbagai kolagen telah terbukti membuat kulit seperti anak muda.

Kolagen sendiri adalah protein yang bertanggung jawab untuk kesehatan sendi dan elastisitas atau kelenturan kulit. Saat usia terus bertambah, kolagen yang ada dalam tubuh akan rusak dan tubuh akan semakin sulit memproduksinya.

Oleh karena itu, banyak orang beralih ke bubuk kolagen atau jenis suplemen kolagen lainnya, seperti kapsul, permen karet, dan cairan. Dengan ini, konsumsi kolagen memberi tubuh Anda kekuatan, struktur, dan dukungan.

Hal ini membantu menjaga tubuh Anda tetap kuat dan sehat seiring bertambahnya usia. Untuk mengetahui lebih lanjut, inilah beberapa manfaat yang ditimbulkan saat Anda mengonsumsi kolagen, dikutip dari WebMD, Rabu (18/9).

  1. Membuat tulang lebih kuat   Dengan mengonsumsi kolagen, tulang Anda yang lebih rapuh dapat diatasi dengan ini. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi bubuk kolagen setiap hari dapat membantu membuat tulang Anda lebih padat, memperlambat proses penuaan yang membuatnya rapuh, dan membantu tubuh Anda menghasilkan tulang baru.   2. Elastisitas dan hidrasi kulit   Jika Anda mulai merasa kulit mengkerut dan kurang terhidrasi, mengonsumsi suplemen kolagen dapat mengatasinya.   3. Rambut lebih tebal   Seiring bertambahnya usia, biasanya rambut jadi lebih banyak rontok. Banyak pria lanjut usia yang bahkan mengalami kebotakan. Nah, penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi kolagen dapat membuat sekelompok perempuan dengan rambut menipis mengalami peningkatan signifikan dalam jumlah rambut, cakupan kulit kepala, dan ketebalan rambut.   4. Kuku yang lebih sehat   Kuku adalah salah satu bagian tubuh yang biasanya menjadi lebih mudah patah seiring bertambahnya usia. Satu penelitian pada sekelompok perempuan menunjukkan pertumbuhan kuku yang lebih cepat dan lebih sedikit kuku yang patah atau terkelupas setelah hanya 4 minggu mengonsumsi suplemen kolagen setiap hari.   5. Mengurangi nyeri osteoartritis   Bagi penderita osteoartritis lutut, suplemen kolagen dapat berfungsi sebagai pereda nyeri ringan dan meningkatkan fungsi sendi. Biasanya diperlukan waktu sekitar 3-5 bulan pengobatan harian sebelum Anda melihat perbaikan ini.   6. Peningkatan massa otot   Pria yang mengonsumsi suplemen kolagen peptida selama program latihan kekuatan selama 12 minggu terbukti mengalami peningkatan massa dan kekuatan otot yang lebih besar dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya.   7. Kesehatan jantung yang lebih baik    Dengan mengonsumsi kolagen, bentuk arteri dan pembuluh darah Anda dapat terjaga. Hal ini berlaku sebaliknya. Pembuluh darah yang rapuh meningkatkan risiko aterosklerosis yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Sebuah penelitian kecil yang dilakukan pada orang sehat menemukan bahwa bubuk kolagen menjaga arteri tetap sehat dan membantu mengurangi risiko aterosklerosis.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #bisa #membuat #anda #lebih #awet #muda #segudang #manfaat #mengonsumsi #suplemen #kolagen #bagi #tubuh

KOMENTAR