Daftar Perusahaan Rosan Roeslani, Menteri Investasi Punya Kekayaan Hampir Rp1 T
Mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Rosan Roeslani di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (19/8/2024) pagi. (ANTARA)
18:15
19 Agustus 2024

Daftar Perusahaan Rosan Roeslani, Menteri Investasi Punya Kekayaan Hampir Rp1 T

Reshuffle kabinet di penghujung pemerintahan Presiden Joko Widodo dilakukan pada hari ini, 19 Agustus 2024. nama Rosan Roeslani muncul dan dilantik menjadi Menteri Investasi menggantikan Bahlil Lahadalia. Tidak sedikit yang ternyata penasaran pada daftar perusahaan milik Rosan Roeslani, lantaran dirinya dikenal sebagai salah satu pengusaha besar di tanah air.

Namanya sendiri pernah tercatat sebagai salah seorang Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat pada 2021 lalu. Kemudian dirinya juga diangkat sebagai Wakil Menteri BUMN pada 2023, namun kemudian mundur setelah tiga bulan menjabat untuk fokus menjadi Ketua Tim Pemenangan Nasional.

Menurut Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Rosan Roeslani memiliki total kekayaan sebesar Rp 860.715.364.555 (sekitar 860 miliar rupiah). Rosan sebelumnya menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat dari 2021 hingga 2023. Pada Juli 2023, ia diangkat sebagai Wakil Menteri BUMN.

Berdasarkan informasi dari situs LHKPN yang diperoleh pada Senin (8/8/2024), Rosan melaporkan kekayaannya pada 31 Juli 2023 dalam kapasitasnya sebagai Wakil Menteri BUMN.

Baca Juga: Gantikan Bahlil, Begini Kata Rosan Roeslani Jelang Dilantik Jokowi jadi Menteri Investasi

Perusahaan yang Dimiliki Rosan Roeslani

Ia memiliki beberapa bisnis yang skalanya cukup besar. Rosan, bersama Sandiaga Uno, bersama merintis perusahaan penasihat keuangan sejak tahun 1997 lalu dengan nama PT Republik Indonesia Funding atau kini dikenal dengan nama Recapital Group.

Perusahaan ini kemudian menaungi beberapa bisnis lain, seperti Recapital Sekuritas, Recapital Asset Management, Global Sarana Lintas Artha, Recapital Life Insurance, Recapital General Insurance, dan Bank Pundi. Meski tak semua bisnisnya bertahan dan berkembang, setidaknya namanya tercatat sebagai orang di balik bisnis-bisnis tersebut.

Nama Rosan juga tercatat sebagai salah satu orang dengan porsi ‘kekuasaan’ besar pada PT Berau Coal Energy Tbk., yang secara resmi harus delisting dari BEI tahun 2017 lalu dan menjadi perusahaan tertutup.

Ia juga pernah menduduki posisi Presiden Komisaris dan Komisaris Independen PT Bumi Resources Tbk pada tahun 2020 lalu.

Baca Juga: Reshuffle Kabinet Jokowi di Akhir Masa Jabatan: Bahlil Digeser, Rosan Masuk?

Melalui bisnisnya di Recapital Advisors, ia juga mengelola banyak perusahaan lintas sektoral lain, seperti Global Sarana Lintas Artha, Palapa Nusantara Berdikari, Rumah Sakit Gandaria, Siloam International Hospital, Grand Kemang Hotel, Mesastila Resort and Spa, The Edge Villa, The Hill Resort, DC United, Mahaka Media, Lativi Media Karya (kini TV One), Visi Media Asia, Alberta Media, Mitra Global Telekomunikasi Indonesia, Kencana Surya Perkasa, dan Capital Petroline.

Melihat gurita bisnis yang dimilikinya, tak heran jika Rosan dikenal sebagai pengusaha ulung dan memiliki kapabilitas besar di sektor ini. Maka mungkin hal inilah yang menjadi pertimbangan Presiden Joko Widodo dalam memberikannya jabatan penting seperti Menteri Investasi untuk menggantikan menteri sebelumnya.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: M Nurhadi

Tag:  #daftar #perusahaan #rosan #roeslani #menteri #investasi #punya #kekayaan #hampir

KOMENTAR