Hujan Berkah Sewa Mobil di IKN, Alphard Rp 25 Juta Sehari!
Ilustrasi alphard. [Istimewa]
18:03
5 Agustus 2024

Hujan Berkah Sewa Mobil di IKN, Alphard Rp 25 Juta Sehari!

Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Daerah Indonesia (Asperda) bersama Kementerian Sekretariat Negara menandatangani nota kesepahaman. Nota itu berkenaan penyewaan 1000 unit mobil untuk tamu negara jelang perayaan HUT RI-79.

Ketua DPD Asperda cabang Kalimantan Timur, Damun Kiswanto menyebutkan adanya kenaikan harga sewa mobil berkat adanya nota kesepahaman tersebut. Harga lantas melambung tinggi pada awal Agustus 2024.

Permintaan sewa mobil, lanjut Dawun, sudah terbayar uang muka 50 persen dari nilai kontrak. Namun cabang wilayahnya mengalami keterbatasan unit mobil.

"Permintaan itu lebih dari 1.000 unit, sedangkan kami tidak memiliki unit sebanyak itu, jadi harus menambah unit dari luar," ungkapnya, dikutip Senin (5/8/2024).

Baca Juga: Hunian Hotel Mewah Di Kaltim Penuh Selama Bulan Juni, Kemenpar: Karena IKN

Alhasil, Dawun meminta sejumlah DPD Asperda di seluruh penjuru Indonesia mengirimkan mobilnya ke Kalimantan Timur. Ada yang berasal dari Jakarta, Surabaya, Sidoarjo, Semarang, Solo, Makassar, Bali hingga Palu.

Agar semua mobil di berbagai daerah itu bisa sampai ke Ibu Kota Negara (IKN), harus membayar biaya pengiriman. Tiap per unit mobil pengirimannya bisa tembus Rp 13 juta.

“Dengan terbatasnya unit rental mobil di Kaltim seiring dengan meningkatnya permintaan, harga sewa mobil di Kalimantan Timur melonjak hingga 100 persen dari harga pasaran sebelumnya,” tuturnya.

Menjelang HUT RI-79, harga sewa mobil naik. Seperti Fortuner yang harga normalnya Rp2,5 juta per hari menjadi Rp5 juta. Lalu Hi-Ace semula Rp3,5 juta menjadi Rp15 juta per hari.

Yang termahal adalah Alphard senilai Rp25 juta per hari, dari harga normal Rp7 juta saja.

Baca Juga: Takut Santet di IKN? Alimuddin: Zaman Now, ASN Tak Perlu Khawatir Pindah ke Kalimantan

Editor: Iwan Supriyatna

Tag:  #hujan #berkah #sewa #mobil #alphard #juta #sehari

KOMENTAR